Watch this...

Loading...

Selasa, 23 Februari 2010

Tentang SPSS

Untuk seorang mahasiswa pastilah sudah sangat kenal dan dekat dengan SPSS. Selain mahasiswa, para peneliti, dosen, perusahaan, sampai dengan seorang ahli bisnis. Begitu pentingnya program tersebut tidak lepas dengan sejarah panjangnya. Tidak banyak yang tahu mengenai asal muasal program ini. Kebanyakan dari mereka lebih sering menggunakannya dari pada menemukan sejarahnya. Berikut ini adalah sekilas tentang penciptaan SPSS.
SPSS pertama kali diciptakan oleh Norman Nie pada tahun 1968. Norman Nie adalah seorang mahasiswa lulusan fakultas ilmu politik Standford University. Pada awalnya SPSS bernama Statistical Package for the Social Sciences, yaitu suatu program yang ditujukan bagi pengolahan data statistic untuk ilmu social. Namun pada perkembangannya SPSS tidak hanya dipergunakan pada ilmu social saja. Perlahan-lahan SPSS mulai menyentuh bidang ilmu eksak. Oleh karena itu berkembanglah menjadi Statistical Product and Service Solutions.
Dalam pengembangan SPSS Norman Nie juga dibantu oleh temannya, Hadlai Hull master bidang bisnis administrasi Stanford. Dan Dale H Bent doctor bidang komputer Standford. SPSS semakin mendapat tempat bagi para pemakainya karena SPSS ini dianggap lebih mudah, praktis dan lengkap. Kelengkapan SPSS tersebut terdapat pada adanya fasilitas yang dapat menangani berbagai persoalan statistika, dan merupakan terobosan baru berkaitan dengan perkembangan teknologi informasi.
Beberapa istilah dapat kita temukan dalam SPSS, seperti populasi, sampel, random, non random, ststistik deskriptif, ststistik induktif statistic parametric, statistic non parametric, nominal, ordinal, interval, rasio, data view, variabel view.
Dalam sejarahnya, dikatakan bahwa pada tahun 1971 Norman Nie membangun sebuah perusahaan kecil yang bergerak di bidang SPSS dan perusahaan tersebut tumbuh dengan pesat. SPSS juga tidak terlepas dari program-program pesaingnya, namun SPSS dapat menunjukkan keistimewaannya. Dan pada tahun 1992 diciptakanlah sebuah program SPSS untuk perusahaan Microsoft Window. Dan sejak itulah SPSS meluas dan semakin banyak manfaatnya dibidang ekonomi.
Daftar pustaka :
http://annos-domino.blogspot.com/2008/05/sejarah-spss.html
http://anthonylim.wordpress.com/sejarah-perkembangan-spss/#comment-23
http://rianprestasi.blogspot.com/2009/07/bedah-salah-satu-sofware-statistik-spss.html
Eko, Agus. 2009. Aplikasi Statistik dengn SPSS 16.0 .Jakarta : Prestasi Pustaka

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar