Kali
ini Saudara akan saya bawa untuk memahami bagaimana alur prosedur tata kelola
korespondensi perkantoran. Tentunya Saudara masih mengingat praktik pertemuan
yang lalu, dimana Saudara telah belajar untuk mengisi beberapa administrasi prosedur
tata kelola korespondensi perkantoran.
Minggu lalu kita telah bertemu
dengan lembar disposisi, buku agenda masuk dan keluar sekaligus cara
pengisiannya. Kali ini kita masih sama, mengisi lembar disposisi, buku agenda
masuk dan keluar hanya saja saat ini Saudara yang bertugas sebagai sekretaris
membuat dari awal masing-masing dokumen yang dibutuhkan di atas.
Semua keperluan sudah saya
persiapkan di sini. Silakan unduh. Yang perlu Saudara perhatikan:
1. Berpasanganlah
dengan kawan sebelah.
2. Surat
yang ada, masih berupa surat rumpang. Teliti dan koreksi.
3. Yang
harus Saudara koreksi adalah kelengkapan suratnya mulai dari: kop, tanggal,
urutan penomoran, perihal, isi paragraf surat sampai pada siapa yang bertanda
tangan.
4. Setelah
surat lengkap, maka proses ke dalam lembar disposisi, buku agenda masuk dan
buku agenda keluar.
5. Saudara
membuat sendiri form lembar
disposisi, buku agenda masuk dan buku agenda keluar. Ini saya maksudkan untuk
mengasah kemampuan Saudara dalam mengelola administrasi perkantoran khususnya
korespondensi.
Selamat mengerjakan. Ingat, pentingnya identifikasi awal sebelum Anda mengerjakan.
Selamat mengerjakan. Ingat, pentingnya identifikasi awal sebelum Anda mengerjakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar