Buka blog berikut dan nikmati sensasi the real writer!!!!!!
Anda seakan menjadi saksi mata disetiap peristiwa.
http://priyatmaja.blogspot.com/2011/07/sejarah-perkereta-apian-di-rembang.html
Sabtu, 30 Juli 2011
Fitness Saat Bulan Puasa
Pada kali ini saya akan mencoba untuk membagikan artikel yang saya baca dan menurut saya ini sangat penting dan bermanfaat terutama bagi para penggemar fitness. Artikel ini saya membaca di http://duniafitnes.com/training-program/fitnes-dan-puasa/fitness-dan-puasa.html. Disana disajikan secara lengkap mengenai hal-hal yang berhubungan dengan fitness. Coba anda buka web tersebut dan temukan kelengkapan dunia fitness. Saat ini tepat sekali jika kita membicarakan Puasa, karena tinggal hitungan jari kita para umat Muslim akan melaksanakan kewajiban. Hal ini tentunya akan mempengaruhi segala aktivitas kita sehari-hari. Jika pada bulan-bulan sebelumnya kita bebas untuk makan dan minum (yang notabene makanan adalah sumber tenaga bagi kita) maka pada bulan Puasa ini kita harus stop makan untuk beribadah. Tentunya asupan tenaga yang anda miliki akan secara otomatis terbatas pada makan sahur dan berbuka Puasa. Anda harus pintar-pintar mensiasati agar semua kegiatan yang anda rencanakan dapat berjalan dengan lancar. Mungkin bagi anda penggemar fitness, anda akan merencanakan ulang jadwal latihan anda pada bulan Puasa. Bulan Puasa apakah kita harus stop olah raga??? Oh tentu tidak……..anda dapat berolah raga yang anda sukai (jogging, sepeda, senam, sepak bola, dan fitness tentunya) namun dengan sedikit kemasan yang berbeda. Anda dapat melakukan olah raga pada bulan Puasa namun dengan gerakan yang sederhana dan tidak terlalu memaksa. Sekali-lagi hal ini disebabkan karena asupan tenaga anda hanya pada makan sahur dan berbuka. So jangan memaksakan berlatih terlalu keras seperti pada bulan biasanya, karena hal itu tidak baik untuk kekuatan tubuh anda dan tentunya akan menggangu ibadah Puasa anda. Berikut ini artikel yang membahas olah raga Fitness pada masa bulan Puasa….
________________
Bagi fitness mania dan binaragawan yang beragama Islam, wajib hukumnya untuk menjalankan ibadah puasa. Ibadah puasa mewajibkan untuk menahan segala hawa nafsu termasuk nafsu makan dan minum mulai dari sebelum terbit matahari sampai terbenam matahari selama sebulan penuh. Akibatnya, selama bulan berpuasa tersebut, banyak fitness mania menghindari fitnes dan pola makan yang sudah dijalankan sebelumnya dengan berbagai alasan yang berkaitan dengan asupan nutrisi dan tenaga yang berkurang. Padahal tidak seharusnya demikian, karena semua itu bisa diatasi dengan pola makan dan latihan yang benar saat berpuasa.
Bagaimana program fitness saat berpuasa?
Berpuasa dapat membantu program diet Anda untuk membuang lemak yang berlebih sekaligus tetap mempertahankan massa otot, asalkan mengikuti pola makan dan latihan yang benar. Selain itu, fitnes saat berpuasa justru dapat menjadikan tubuh tetap bugar dan fit ketika beraktifitas sehari-hari. Anda dapat terus berlatih beberapa saat sebelum berbuka puasa dan pada malam hari. Berlatih sebelum berbuka justru akan membakar lebih banyak lemak tubuh. Namun beri waktu off latihan bagi tubuh untuk beristirahat 1-3 hari dalam seminggu.
Dalam program pembentukan badan, Anda perlu memperhatikan 4 poin:
1. Pola Makan yang disiplin, artinya makan 5-6x sehari, tinggi protein, rendah karbohidrat dan rendah lemak. Tujuannya untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan menajamkan massa otot kita.
2. Pola Latihan yang rutin, artinya menu latihan dalam seminggu rata untuk semua bagian otot kita. Contohnya kita ingin membentuk otot perut tapi tetap perlu memperhatikan latihan kaki. Selain itu, usahakan selalu mendahulukan otot besar (dada, punggung, bahu, kaki) baru otot kecil (lengan, perut dan betis) saat melatih dalam 1 sesi.
3. Pola Istirahat yang cukup, artinya kita merusak otot dalam sesi latihan dan istirahat memperbaiki otot kita menjadi lebih besar dan kuat. Sehingga kualitas dan kuantitas istirahat yang tinggi akan sangat membantu kita mencapai tujuan.
4. Pola Suplemen yang jitu, artinya kita mesti jeli memilih jenis suplemen yang akan membantu program kita. Contoh suplemen yang penting dalam pembentukan badan adalah Protein (amino atau whey protein).
Pola Makan
Menjaga massa otot agar tetap tebal pada bulan puasa adalah hal yang sulit. Pola makan 3-6 kali yang biasa dijalankan sehari-hari tidak akan bisa diterapkan. Lantas bagaimana mencegah penyusutan otot (katabolisme) pada saat berpuasa? Anda bisa mengakalinya dengan mengkonsumsi berbagai makanan berserat yang lebih lamban dicerna seperti berbagai macam sayur-sayuran dan buah-buahan. Ingat, hindari makanan manis dengan Glycemic Index (GI) yang sangat tinggi saat berbuka puasa. Konsumsi makanan manis saat kondisi perut yang kosong dapat memicu respon insulin yang tinggi sehingga bereaksi menyimpan makanan sebagai lemak tubuh. Lebih baik mengawali buka puasa dengan minum air putih. Pilihlah konsumsi karbohidrat kompleks dan konsumsi sayur sehingga Anda merasa kenyang lebih lama.
Ikuti contoh pengaturan pola makan, suplementasi, dan latihan di bawah ini yang dirancang khusus saat Anda sedang menjalankan ibadah puasa.
Contoh Pola Makan Menu Buka Puasa
• 50-80 gram beras merah
• 100 gram dada ayam / ikan / sapi
• 100 gram sayuran
• 2 butir Daily Complete Formula
Sebelum Latihan (malam hari setelah buka puasa)
• 1 buah pisang
(Latihan maksimal 1 jam) Sesudah Latihan
• 1 scoop Prostar Whey Protein
• 3 butir BCAA
Snack Malam
• 2 potong roti gandum + selai kacang
• 1-2 buah apel / pir / jeruk
Sebelum Tidur
• 1 scoop Protein Sensation 81
Menu Sahur
• 50-80 gram beras merah
• 100 gram dada ayam / ikan / sapi
• 100 gram sayuran
• 1 scoop Protein Sensation 81
• 2 butir Daily Complete Formula
Catatan:
• Makanan yang ideal adalah rendah lemak, rendah karbohidrat dan tinggi protein. Jenis makanan berlemak adalah yang digoreng, jenis makanan yang memiliki sifat karbohidrat simple adalah nasi putih, roti putih, gula, kue, es krim dan biscuit; sedangkan karbohidrat yang bisa dikonsumsi adalah karbohidrat complex seperti nasi merah, oatmeal, ubi, roti gandum. Makanan berprotein adalah ayam, ikan, sapi, putih telur, tahu tempe.
• Pengolahan daging boleh dimasak dengan direbus, dibakar, atau dipanggang asal tidak digoreng dengan minyak, menggunakan bumbu sarat lemak atau menggunakan gula. Garam diperbolehkan, tetapi dalam jumlah yang sangat kecil (garam diet lebih disarankan).
• Porsi menu diatas dapat disesuaikan dengan ukuran tubuh Anda.
• Waktu untuk mengkonsumsi menu diatas tidak mengikat, dapat disesuaikan bagi yang latihan di pagi hari. Yang penting usahakan makan 5-6x sehari dalam porsi yang kecil.
• Saat sahur sebaiknya jangan konsumsi makanan/minuman yang manis karena malah akan membuat Anda lapar / haus di siang harinya.
SUPLEMENTASI
Suplemen utama dalam masa puasa adalah protein yang berjenis time release protein; artinya adalah protein yang penyerapannya secara berkala. Contohnya adalah Protein Sensation 81, Isomass Extreme Gainer, Muscle Juice. Dibutuhkan yang penyerapan berkala mengingat pada masa puasa, jarak antara buka dengan sahur cukup panjang sehingga otot membutuhkan asupan yang berkala agar tidak deplete.
Protein Sensation 81 / Isomass Extreme Gainer / Muscle Juice
Merupakan jenis whey protein dan weight gainer yang time release protein. Proteinnya terdiri dari bermacam-macam jenis yang memungkinkan diserap otot dalam kurun waktu yang berbeda. Ada yang penyerapannya cepat, sedang dan lambat; rata-rata waktu penyerapan totalnya sekitar 6-8 jam, sehingga memungkinkan dalam waktu tersebut otot kita masih anabolic. Cukup membantu dalam masa puasa agar otot tidak deplete.
BCAA
Merupakan asam amino yang diproduksi oleh tubuh kita namun paling cepat habis saat latihan. BCAA ini berperan menjaga otot agar tetap anabolic. Otot bisa menjadi katabolic (lawannya anabolic) atau menyusut saat mendapatkan stress berkepanjangan baik dari latihan yang berat atau asupan yang tidak teratur waktunya (masa puasa). Oleh karena itu, asupan BCAA dari luar dibutuhkan untuk membantu tubuh agar tercipta suasana anabolic dan otot tidak menyusut.
Daily Complete Formula
Merupakan suplemen multivitamin & multimineral berbentuk tablet.
Fungsi utamanya adalah memenuhi asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh kita sehari-hari yang pasti tidak tercukupi dari makanan. Asupan protein yang kita konsumsi sehari-hari tidak akan semuanya diserap apabila organ kita tidak optimal, kebutuhan vitamin dan mineral yang tercukupi akan membantu kerja organ tubuh kita lebih optimal. Suplemen ini sering diabaikan namun tubuh sangat membutuhkan terutama dalam program diet dan latihan yang keras. Jadi pertimbangkan untuk menambahkan suplemen ini dalam menu Anda.
POLA LATIHAN
Pola latihan pada masa puasa agak sedikit berbeda dengan program lainnya. Di sini mengutamakan recovery otot yang bagus, dengan demikian diaturkan 3x seminggu latihan agar kondisi otot tidak capek dan deplete. Pola latihannya merupakan gabungan 2 otot besar sekaligus dengan masing-masing 2 alat 2 set; di sini cenderung digabung otot yang latihannya berlawanan, seperti dada – punggung, bisep – trisep dengan harapan agar waktu yang tersedia cukup untuk melatih otot secara optimal.
Inti dari berpuasa adalah pengendalian diri dari segala godaan nafsu termasuk nafsu makan yang berlebihan. Menjaga kebugaran tubuh dengan aktifitas fitnes saat berpuasa akan menjadikan bulan puasa Anda memiliki nilai lebih karena Anda akan menjalani ujian ganda yaitu berlomba untuk mendapatkan pahala dari ibadah puasa itu sendiri dan berlomba untuk tetap menjaga tubuh fit dan bugar. Plus itung-itung menunggu waktu berbuka puasa juga bukan? Jadi, selamat berfitnes dan selamat berpuasa!
________________
Bagi fitness mania dan binaragawan yang beragama Islam, wajib hukumnya untuk menjalankan ibadah puasa. Ibadah puasa mewajibkan untuk menahan segala hawa nafsu termasuk nafsu makan dan minum mulai dari sebelum terbit matahari sampai terbenam matahari selama sebulan penuh. Akibatnya, selama bulan berpuasa tersebut, banyak fitness mania menghindari fitnes dan pola makan yang sudah dijalankan sebelumnya dengan berbagai alasan yang berkaitan dengan asupan nutrisi dan tenaga yang berkurang. Padahal tidak seharusnya demikian, karena semua itu bisa diatasi dengan pola makan dan latihan yang benar saat berpuasa.
Bagaimana program fitness saat berpuasa?
Berpuasa dapat membantu program diet Anda untuk membuang lemak yang berlebih sekaligus tetap mempertahankan massa otot, asalkan mengikuti pola makan dan latihan yang benar. Selain itu, fitnes saat berpuasa justru dapat menjadikan tubuh tetap bugar dan fit ketika beraktifitas sehari-hari. Anda dapat terus berlatih beberapa saat sebelum berbuka puasa dan pada malam hari. Berlatih sebelum berbuka justru akan membakar lebih banyak lemak tubuh. Namun beri waktu off latihan bagi tubuh untuk beristirahat 1-3 hari dalam seminggu.
Dalam program pembentukan badan, Anda perlu memperhatikan 4 poin:
1. Pola Makan yang disiplin, artinya makan 5-6x sehari, tinggi protein, rendah karbohidrat dan rendah lemak. Tujuannya untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan menajamkan massa otot kita.
2. Pola Latihan yang rutin, artinya menu latihan dalam seminggu rata untuk semua bagian otot kita. Contohnya kita ingin membentuk otot perut tapi tetap perlu memperhatikan latihan kaki. Selain itu, usahakan selalu mendahulukan otot besar (dada, punggung, bahu, kaki) baru otot kecil (lengan, perut dan betis) saat melatih dalam 1 sesi.
3. Pola Istirahat yang cukup, artinya kita merusak otot dalam sesi latihan dan istirahat memperbaiki otot kita menjadi lebih besar dan kuat. Sehingga kualitas dan kuantitas istirahat yang tinggi akan sangat membantu kita mencapai tujuan.
4. Pola Suplemen yang jitu, artinya kita mesti jeli memilih jenis suplemen yang akan membantu program kita. Contoh suplemen yang penting dalam pembentukan badan adalah Protein (amino atau whey protein).
Pola Makan
Menjaga massa otot agar tetap tebal pada bulan puasa adalah hal yang sulit. Pola makan 3-6 kali yang biasa dijalankan sehari-hari tidak akan bisa diterapkan. Lantas bagaimana mencegah penyusutan otot (katabolisme) pada saat berpuasa? Anda bisa mengakalinya dengan mengkonsumsi berbagai makanan berserat yang lebih lamban dicerna seperti berbagai macam sayur-sayuran dan buah-buahan. Ingat, hindari makanan manis dengan Glycemic Index (GI) yang sangat tinggi saat berbuka puasa. Konsumsi makanan manis saat kondisi perut yang kosong dapat memicu respon insulin yang tinggi sehingga bereaksi menyimpan makanan sebagai lemak tubuh. Lebih baik mengawali buka puasa dengan minum air putih. Pilihlah konsumsi karbohidrat kompleks dan konsumsi sayur sehingga Anda merasa kenyang lebih lama.
Ikuti contoh pengaturan pola makan, suplementasi, dan latihan di bawah ini yang dirancang khusus saat Anda sedang menjalankan ibadah puasa.
Contoh Pola Makan Menu Buka Puasa
• 50-80 gram beras merah
• 100 gram dada ayam / ikan / sapi
• 100 gram sayuran
• 2 butir Daily Complete Formula
Sebelum Latihan (malam hari setelah buka puasa)
• 1 buah pisang
(Latihan maksimal 1 jam) Sesudah Latihan
• 1 scoop Prostar Whey Protein
• 3 butir BCAA
Snack Malam
• 2 potong roti gandum + selai kacang
• 1-2 buah apel / pir / jeruk
Sebelum Tidur
• 1 scoop Protein Sensation 81
Menu Sahur
• 50-80 gram beras merah
• 100 gram dada ayam / ikan / sapi
• 100 gram sayuran
• 1 scoop Protein Sensation 81
• 2 butir Daily Complete Formula
Catatan:
• Makanan yang ideal adalah rendah lemak, rendah karbohidrat dan tinggi protein. Jenis makanan berlemak adalah yang digoreng, jenis makanan yang memiliki sifat karbohidrat simple adalah nasi putih, roti putih, gula, kue, es krim dan biscuit; sedangkan karbohidrat yang bisa dikonsumsi adalah karbohidrat complex seperti nasi merah, oatmeal, ubi, roti gandum. Makanan berprotein adalah ayam, ikan, sapi, putih telur, tahu tempe.
• Pengolahan daging boleh dimasak dengan direbus, dibakar, atau dipanggang asal tidak digoreng dengan minyak, menggunakan bumbu sarat lemak atau menggunakan gula. Garam diperbolehkan, tetapi dalam jumlah yang sangat kecil (garam diet lebih disarankan).
• Porsi menu diatas dapat disesuaikan dengan ukuran tubuh Anda.
• Waktu untuk mengkonsumsi menu diatas tidak mengikat, dapat disesuaikan bagi yang latihan di pagi hari. Yang penting usahakan makan 5-6x sehari dalam porsi yang kecil.
• Saat sahur sebaiknya jangan konsumsi makanan/minuman yang manis karena malah akan membuat Anda lapar / haus di siang harinya.
SUPLEMENTASI
Suplemen utama dalam masa puasa adalah protein yang berjenis time release protein; artinya adalah protein yang penyerapannya secara berkala. Contohnya adalah Protein Sensation 81, Isomass Extreme Gainer, Muscle Juice. Dibutuhkan yang penyerapan berkala mengingat pada masa puasa, jarak antara buka dengan sahur cukup panjang sehingga otot membutuhkan asupan yang berkala agar tidak deplete.
Protein Sensation 81 / Isomass Extreme Gainer / Muscle Juice
Merupakan jenis whey protein dan weight gainer yang time release protein. Proteinnya terdiri dari bermacam-macam jenis yang memungkinkan diserap otot dalam kurun waktu yang berbeda. Ada yang penyerapannya cepat, sedang dan lambat; rata-rata waktu penyerapan totalnya sekitar 6-8 jam, sehingga memungkinkan dalam waktu tersebut otot kita masih anabolic. Cukup membantu dalam masa puasa agar otot tidak deplete.
BCAA
Merupakan asam amino yang diproduksi oleh tubuh kita namun paling cepat habis saat latihan. BCAA ini berperan menjaga otot agar tetap anabolic. Otot bisa menjadi katabolic (lawannya anabolic) atau menyusut saat mendapatkan stress berkepanjangan baik dari latihan yang berat atau asupan yang tidak teratur waktunya (masa puasa). Oleh karena itu, asupan BCAA dari luar dibutuhkan untuk membantu tubuh agar tercipta suasana anabolic dan otot tidak menyusut.
Daily Complete Formula
Merupakan suplemen multivitamin & multimineral berbentuk tablet.
Fungsi utamanya adalah memenuhi asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh kita sehari-hari yang pasti tidak tercukupi dari makanan. Asupan protein yang kita konsumsi sehari-hari tidak akan semuanya diserap apabila organ kita tidak optimal, kebutuhan vitamin dan mineral yang tercukupi akan membantu kerja organ tubuh kita lebih optimal. Suplemen ini sering diabaikan namun tubuh sangat membutuhkan terutama dalam program diet dan latihan yang keras. Jadi pertimbangkan untuk menambahkan suplemen ini dalam menu Anda.
POLA LATIHAN
Pola latihan pada masa puasa agak sedikit berbeda dengan program lainnya. Di sini mengutamakan recovery otot yang bagus, dengan demikian diaturkan 3x seminggu latihan agar kondisi otot tidak capek dan deplete. Pola latihannya merupakan gabungan 2 otot besar sekaligus dengan masing-masing 2 alat 2 set; di sini cenderung digabung otot yang latihannya berlawanan, seperti dada – punggung, bisep – trisep dengan harapan agar waktu yang tersedia cukup untuk melatih otot secara optimal.
Inti dari berpuasa adalah pengendalian diri dari segala godaan nafsu termasuk nafsu makan yang berlebihan. Menjaga kebugaran tubuh dengan aktifitas fitnes saat berpuasa akan menjadikan bulan puasa Anda memiliki nilai lebih karena Anda akan menjalani ujian ganda yaitu berlomba untuk mendapatkan pahala dari ibadah puasa itu sendiri dan berlomba untuk tetap menjaga tubuh fit dan bugar. Plus itung-itung menunggu waktu berbuka puasa juga bukan? Jadi, selamat berfitnes dan selamat berpuasa!
Harga Yang Harus Di Bayar Dari Sebungkus Rokok
Sungguh ironis ketika kita melihat anak-anak usia SMP telah memegang rokok ditangan mereka. Yup itulah realita. Sekarang ini setiap anak yang sudah mulai menginjak remaja mereka sangat rentan sekali terhadap godaan merokok. Sering kita menemukan mereka saat bersama teman-temannya yang masih lengkap mengenakan seragam sekolah merokok sambil asyik bercanda tawa.
Tidak dipungkiri godaan tersebut datang bersamaan saat mereka mulai banyak mengenal teman. Pergaulan yang semakin luas dan tentunya terdapat ajakan atau hanya sekedar meniru teman-temannya yang telah merokok. Berawal dari coba-coba dan karakter mereka yang memang masih labil mengantarkan mereka kegerbang “asap kematian”. Lingkungan mempunyai peran yang sangat kuat dalam membentuk karakter seorang anak. Pengawasan orang tua memang sangat diperlukan sekali sebagai kontrol dan pembimbing mereka kearah yang benar. Pada saat pertama kali mereka merokok memang dilakukan secara tersembunyi dan tak ada orang yang tahu kecuali teman sepermainan mereka. Remaja sangat pintar dalam merahasiakan atau memendam apa yang mereka tidak ingin ceritakan kepada orang lain. Termasuk kepada orang tua, apalagi dalam hal merokok. Mereka tahu hal itu sangat dilarang oleh orang tua mereka dan mereka tidak akan “bunuh diri” dengan menceritakan bahwa mereka telah merokok. Kebanyakan orang tua mengetahui anaknya telah merokok karena menemukan rokok didalam tas atau kamar yang disebabkan keteledoran sang anak.
Orang tua merasa kecolongan dan merasa telah dibohongi oleh anak sehingga pada kebanyakan kasus, para orang tua langsung memarahi anak dan menghukumnya. Hal ini memang wajar, namun hendaknya tindak lanjut dari sikap tersebut harus diperhatikan. Orang tua silahkan marah pada saat pertama mengetahui hal terebut, namun setelah emosi telah hilang mari anak kita ajak duduk bersama dan kita berikan pengarahan supaya tidak merokok lagi. Mari kita minta dengan kesungguhan hati agar merekapun dapat merasakan apa yang kita harapkan.
Rokok dinilai mempunyai banyak pengaruh buruk. Selain dari segi kesehatan, merokokpun tidak baik untuk keuangan keluarga (apalagi bagi seorang siswa yang masih sekolah yang belum berpendapatan dan bagi para keluarga ekonomi kelas menengah kebawah), sampai-sampai rokok dianggap sebagai pintu gerbang narkoba. Semua pendapat tersebut sangat cukup untuk menggambarkan bahwa merokok sangat merugikan.
Berikut adalah beberapa penyakit yang disebabkan rokok (tembakau merupakan faktor risiko untuk sekurang-kurangnya 25 jenis penyakit): kanker pundi kencing, kanker perut, kanker usus dan rahim, kanker mulut, kanker esofagus, kanker tekak, kanker pankreas, kanker payudara, kanker paru-paru, penyakit saluran pernafasan kronik, stroke, osteoporosis, penyakit jantung, kemandulan, putus haid awal, melahirkan bayi yang cacat, keguguran bayi, mati pucuk, bronkitis, batuk, penyakit ulser peptic, emfisima, otot lemah, penyakit gusi, kerusakan mata.
Namun tidak hanya perokok saja yang berpotensi terkena beberapa penyakit, bukan perokokpun (perokok pasif) dapat juga terkena dampaknya. Bahkan perokok pasif berdampak dua kali lebih berbahaya terserang penyakit yang diakibatkan rokok. Hal ini dapat terjadi karena perokok pasif sering berdampingan dengan para perokok aktif. Mereka ikut menghirup asap yang dikeluarkan perokok. Berikut adalah kandungan yang terdapat pada asap rokok yang telah dikeluarkan : 2 kali lebih banyak nikotin, 5 kali lebih banyak karbon monoksida, 50 kali lebih banyak kimia, 3 kali lebih banyak tar.
Berbagai jalan telah ditempuh untuk mensosialisasikan bahaya dan efek dari merokok. Mulai dari sekolah, pihak rumah sakit, iklan layanan masyarakat, kemudian untuk beberapa kota telah menerapkan area bebas rokok, sampai-sampai pada beberapa waktu lalu MUI mengeluarkan fatwa bahwa rokok adalah haram hukumnya. Semua hal tersebut dilakukan demi menekan angka ketergantungan terhadap rokok. Hal ini menjadi penting karena survey WHO menyebutkan bahwa di dunia angka kematian yang disebabkan oleh rokok sangat tinggi sekali dan semakin meningkat ditiap tahunnya.
Setelah anda membaca keseluruhan dari artikel diatas, mari :
- Jika anda adalah perokok usia sekolah, maka cermati dalam-dalam semua kemungkinan buruk diatas. Masa depan anda masih sangat panjang. Bayangkan anda mulai kecil telah merasakan rokok dan sudah pasti akan menimbulkan ketagihan karena rokok adalah candu, kemudian apakah anda akan merokok sampai anda dewasa bahkan tua? Berarti anda selama berpuluh-puluh tahun menyimpan potensi kanker.
- Jika anda adalah perokok usia dewasa, maka perhatikan orang-orang yang anda cintai (anak, istri). Mereka tak tahu apa-apa tetapi anda menjadikan mereka berpotensi terkena penyakit bahkan dua kali lebih bahaya dari pada anda. Karena usia anda pada saat ini sudah mencapai usia yang matang, maka silahkan putuskan sendiri mana pilihan anda. Anda dianggap sebagai usia yang telah dapat mempertanggung jawabkan apa yang telah anda pilih.
Saya yakin seorang yang merokokpun tahu akan berbagai risiko yang ada dan dari kebanyakan pengakuan, mereka ingin sekali berhenti karena efek buruk (sesak nafas) telah mereka rasakan. Namun efek dari candu yang selalu membuat ketagihan, menimbulkan rasa tenang, belum dapat mereka kalahkan. Bahkan orang tua yang merokokpun tidak ingin anak mereka merokok seperti orang tuanya.
Bagi anda yang telah dapat berhenti saya ucapkan selamat, bagi yang belum dapat berhenti maka berusahalah demi orang-orang yang kita cintai, dan untuk anda yang tidak merokok maka jangan pernah tergoda.
Menjadi sehat atau sakit adalah suatu pilihan, seperti halnya memutuskan untuk merokok ataupun tidak merokok juga merupakan suatu pilihan.
Kunjungi http://www.youtube.com/watch?v=bsMeFNAHDX8 dan http://www.youtube.com/watch?v=i6tsCdSuFrs&feature=related lalu berikan komentar anda dengan apa yang telah anda lihat.
Tidak dipungkiri godaan tersebut datang bersamaan saat mereka mulai banyak mengenal teman. Pergaulan yang semakin luas dan tentunya terdapat ajakan atau hanya sekedar meniru teman-temannya yang telah merokok. Berawal dari coba-coba dan karakter mereka yang memang masih labil mengantarkan mereka kegerbang “asap kematian”. Lingkungan mempunyai peran yang sangat kuat dalam membentuk karakter seorang anak. Pengawasan orang tua memang sangat diperlukan sekali sebagai kontrol dan pembimbing mereka kearah yang benar. Pada saat pertama kali mereka merokok memang dilakukan secara tersembunyi dan tak ada orang yang tahu kecuali teman sepermainan mereka. Remaja sangat pintar dalam merahasiakan atau memendam apa yang mereka tidak ingin ceritakan kepada orang lain. Termasuk kepada orang tua, apalagi dalam hal merokok. Mereka tahu hal itu sangat dilarang oleh orang tua mereka dan mereka tidak akan “bunuh diri” dengan menceritakan bahwa mereka telah merokok. Kebanyakan orang tua mengetahui anaknya telah merokok karena menemukan rokok didalam tas atau kamar yang disebabkan keteledoran sang anak.
Orang tua merasa kecolongan dan merasa telah dibohongi oleh anak sehingga pada kebanyakan kasus, para orang tua langsung memarahi anak dan menghukumnya. Hal ini memang wajar, namun hendaknya tindak lanjut dari sikap tersebut harus diperhatikan. Orang tua silahkan marah pada saat pertama mengetahui hal terebut, namun setelah emosi telah hilang mari anak kita ajak duduk bersama dan kita berikan pengarahan supaya tidak merokok lagi. Mari kita minta dengan kesungguhan hati agar merekapun dapat merasakan apa yang kita harapkan.
Rokok dinilai mempunyai banyak pengaruh buruk. Selain dari segi kesehatan, merokokpun tidak baik untuk keuangan keluarga (apalagi bagi seorang siswa yang masih sekolah yang belum berpendapatan dan bagi para keluarga ekonomi kelas menengah kebawah), sampai-sampai rokok dianggap sebagai pintu gerbang narkoba. Semua pendapat tersebut sangat cukup untuk menggambarkan bahwa merokok sangat merugikan.
Berikut adalah beberapa penyakit yang disebabkan rokok (tembakau merupakan faktor risiko untuk sekurang-kurangnya 25 jenis penyakit): kanker pundi kencing, kanker perut, kanker usus dan rahim, kanker mulut, kanker esofagus, kanker tekak, kanker pankreas, kanker payudara, kanker paru-paru, penyakit saluran pernafasan kronik, stroke, osteoporosis, penyakit jantung, kemandulan, putus haid awal, melahirkan bayi yang cacat, keguguran bayi, mati pucuk, bronkitis, batuk, penyakit ulser peptic, emfisima, otot lemah, penyakit gusi, kerusakan mata.
Namun tidak hanya perokok saja yang berpotensi terkena beberapa penyakit, bukan perokokpun (perokok pasif) dapat juga terkena dampaknya. Bahkan perokok pasif berdampak dua kali lebih berbahaya terserang penyakit yang diakibatkan rokok. Hal ini dapat terjadi karena perokok pasif sering berdampingan dengan para perokok aktif. Mereka ikut menghirup asap yang dikeluarkan perokok. Berikut adalah kandungan yang terdapat pada asap rokok yang telah dikeluarkan : 2 kali lebih banyak nikotin, 5 kali lebih banyak karbon monoksida, 50 kali lebih banyak kimia, 3 kali lebih banyak tar.
Berbagai jalan telah ditempuh untuk mensosialisasikan bahaya dan efek dari merokok. Mulai dari sekolah, pihak rumah sakit, iklan layanan masyarakat, kemudian untuk beberapa kota telah menerapkan area bebas rokok, sampai-sampai pada beberapa waktu lalu MUI mengeluarkan fatwa bahwa rokok adalah haram hukumnya. Semua hal tersebut dilakukan demi menekan angka ketergantungan terhadap rokok. Hal ini menjadi penting karena survey WHO menyebutkan bahwa di dunia angka kematian yang disebabkan oleh rokok sangat tinggi sekali dan semakin meningkat ditiap tahunnya.
Setelah anda membaca keseluruhan dari artikel diatas, mari :
- Jika anda adalah perokok usia sekolah, maka cermati dalam-dalam semua kemungkinan buruk diatas. Masa depan anda masih sangat panjang. Bayangkan anda mulai kecil telah merasakan rokok dan sudah pasti akan menimbulkan ketagihan karena rokok adalah candu, kemudian apakah anda akan merokok sampai anda dewasa bahkan tua? Berarti anda selama berpuluh-puluh tahun menyimpan potensi kanker.
- Jika anda adalah perokok usia dewasa, maka perhatikan orang-orang yang anda cintai (anak, istri). Mereka tak tahu apa-apa tetapi anda menjadikan mereka berpotensi terkena penyakit bahkan dua kali lebih bahaya dari pada anda. Karena usia anda pada saat ini sudah mencapai usia yang matang, maka silahkan putuskan sendiri mana pilihan anda. Anda dianggap sebagai usia yang telah dapat mempertanggung jawabkan apa yang telah anda pilih.
Saya yakin seorang yang merokokpun tahu akan berbagai risiko yang ada dan dari kebanyakan pengakuan, mereka ingin sekali berhenti karena efek buruk (sesak nafas) telah mereka rasakan. Namun efek dari candu yang selalu membuat ketagihan, menimbulkan rasa tenang, belum dapat mereka kalahkan. Bahkan orang tua yang merokokpun tidak ingin anak mereka merokok seperti orang tuanya.
Bagi anda yang telah dapat berhenti saya ucapkan selamat, bagi yang belum dapat berhenti maka berusahalah demi orang-orang yang kita cintai, dan untuk anda yang tidak merokok maka jangan pernah tergoda.
Menjadi sehat atau sakit adalah suatu pilihan, seperti halnya memutuskan untuk merokok ataupun tidak merokok juga merupakan suatu pilihan.
Kunjungi http://www.youtube.com/watch?v=bsMeFNAHDX8 dan http://www.youtube.com/watch?v=i6tsCdSuFrs&feature=related lalu berikan komentar anda dengan apa yang telah anda lihat.
Rabu, 01 Juni 2011
Grafologi, Ilmu Membaca Kepribadian Melalui Tulisan Tangan
Setiap orang dalam menggoreskan pena pasti akan selalu berbeda antara satu orang dengan orang yang lain. Hasil tulisan tangan yang dihasilkan mempunyai ukuran, ketebalan dan tipe yang berbeda-beda sesuai karakter penulis. Banyak misteri yang terkandung dari goresan tulisan tangan. Ilmu yang mempelajari mengenai makna dari tulisan tangan adalah Grafologi. Ilmu ini sangat unik karena kita dapat melihat karakter/kepribadian seseorang hanya melalui tulisan tangannya. Keunikan ini dapat dimanfaatkan dalam berbagai macam bidang yang memang memerlukan orang yang harus sesuai dengan karakter pekerjaan yang akan diberikan. Tulisan tangan terbentuk dari rangsangan kecil dari otak sehingga sering sekali para ahli grafologis menyebut tulisan tangan adalah “tulisan otak.” Grafologi merupakan sebuah ilmu yang empirik, karena ilmu ini dibuktikan berdasarkan fenomena dalam satu populasi dan ada kuantifikasi hasil atau ada hasil dari uji statistik yang bisa dipertanggung jawabkan.
Mari kita sejenak melihat kebelakang mengenai asal mula Grafologi. Seni membaca kepribadian melalui media tulisan tangan sudah dikenal dan digunakan sejak 6000 tahun yang lalu di peradaban Cina, Yunani dan Romawi. Buku pertama tentang tulisan tangan dibuat oleh seorang Itali, Camillo Baldi pada tahun 1622. Sedangkan penyebutan istilah ‘Grafologi’ diperkenalkan dan dipopulerkan pertama kali oleh Jean Michon, orang asal Prancis, pada abad ke-19. Grafologi sebagai ilmu modern kemudian dikembangkan oleh psikolog Amerika bernama Gordon Allport pada tahun 1930. Tidak diketahui kapan tepatnya ilmu ini masuk ke wilayah Indonesia. Namun diperkirakan ilmu ini masuk seiring masuk dan berkembangnya ilmu psikologi ke Indonesia, yakni di tahun 1950-an.
Grafologi berguna untuk menebak kepribadian seseorang. Informasi tentang kepribadian seseorang tersebut tentunya dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan. Dalam proses rekrut pegawai misalnya, grafologi dapat dijadikan sebagai salah satu perangkat seleksi. Di dunia pendidikan, grafologi bisa digunakan untuk mendeteksi problema yang sedang dialami peserta didik ataupun dalam mengukur kecerdasan si anak, kita dapat mengetahui bakat dan minat seseorang, pelaku kekerasan disekolah, dan dapat pula digunakan untuk konseling atau BK. Grafologi juga digunakan di bidang kriminalitas, forensik, dan konseling. Analisis tulisan tangan sangat penting dalam menentukan apa ada dokumen yang dipalsukan, karena masih tetap bergantung pada fakta bahwa tiap orang menulis dengan cara yang berbeda dan variasi sekecil apapun bisa diketahui. Grafologi juga bisa digunakan para ahli untuk mendiagnosis penyakit mental, dan bisa digunakan oleh polisi untuk mendapatkan gambaran tentang kesehatan mental dari tersangka. Bahkan di ranah praktek terapi psikis, grafologi dapat pula dijadikan sebagai salah satu metode terapi/rehabilitasi.
Dalam kehidupan sehari-hari Grafologi dapat kita terapkan, misalnya kita bisa menggunakannya untuk mendapatkan ide yang keren tentang karakter dan kemampuan diri kita, dan juga untuk mendapatkan pengertian yang lebih mendalam dari teman dan juga keluarga kita. Kalau anda bisa melihat tulisan tangan seorang cowok atau cewek, ini bisa memberi anda petunjuk seperti seberapa bagus dia bila menjadi teman kencan dan apakah anda berdua akan cocok atau mengalami kendala dalam menjalani hubungan. Begitu banyak hal yang dapat kita peroleh melalui Grafologi. Jika kita adalah orang tua yang mempunyai anak-anak pada usia sekolah, kita dapat memperkirakan profesi yang tepat untuk anak kita kelak saat dia dewasa.
Berikut ini terdapat beberapa jenis tulisan tangan dengan beberapa karakteristik yang dimiliki penulisnya (dari www.widyaprasetya.blogspot.com):
1. BESAR KECILNYA TULISAN
Dilihat dari sudut pandang besar kecilnya tulisan terdapat empat kriteria penting yaitu: kecil, sedang, besar, dan sangat besar.
Tulisan yang berukuran kecil menunjukkan sifat pendiam, sering menyendiri tapi punya otak yang cemerlang dan pikirannya selalu ilmiah. Orang dengan tulisan seperti ini nalarnya logis.
Tulisan tangan yang ditulis kecil-kecil tapi jelas mudah untuk dibaca menunjukkan penulisnya pandai, juga punya konsentrasi kuat, walau sayang tipe ini kadang suka sekali menonjolkan keilmuannya. Sedangkan jika tulisan tangan kecil dan susah membacanya berarti sang penulis adalah orang bertipe mandiri dalam hidupnya.
Tulisan tangan sedang, mengandung makna bahwa penulisannya adalah orang yang sangat terpaku kepada tradisi kuno, atau hal-hal yang bersifat formil modern. Tipe ini sangat jitu dalam penggunaan logika untuk dasar referensi keputusan-keputusannya.
Jenis tulisan tangan yang besar menunjukkan besarnya ambisi seseorang namun murah hati dan selalu ingin dihargai oleh orang lain, di samping suka melebihkan omong-omongan yang kurang perlu. Sedangkan untuk jenis tulisan tangan yang sangat besar menunjukkan bahwa penulisnya sangat hati-hati dalam segala hal, gemar membuat perhatian bagi sekelilingnya, banyak over aktingnya dalam mencari perhatian, ingin selalu tampil di depan, karena dia gemar berpetualang kemana-mana, mengikuti panggilan jiwanya.
2. GAYA TULISAN
Dalam spesifikasi Gaya Tulisan ini terbagi ke dalam lima sub. Masing-masing, adalah:
- Gaya sambung biasa
Orang yang punya model tulisan begini biasanya senang memberi respon pada setiap masalah, bisa menerima ide dari orang lain, mudah bergaul dan disenangi teman. Baginya berbakat untuk menjadi seorang pemimpin.
- Gaya sambung berbentuk petak
Mengandung arti penulisnya mudah dipengaruhi, selalu menilai enteng setiap persoalan, hingga tindakannya kadang terkesan sembrono, tanpa pemikiran matang.
- Gaya Sambung Berliku
Tulisan yang banyak luka-likunya, mengandung makna bahwa penulisnya sangat formil, hati-hati dan sering menonjolkan status, namun umumnya sifat mereka pendiam, gemar menyendiri dan biasanya banyak memiliki keahlian atau bakat.
- Gaya Lurus dan Lancip
Tulisan tangan model demikian menunjukkan penulisnya orang agresif, sangat tekun mengerjakan sesuatu, walau kadang enggan berkompromi dengan orang lain. Bila lancipnya pada huruf awal saja maka pertanda dirinya orang yang banyak mengalami konflik psikologis, sehingga kadang bersikap agresif.
- Gaya Campuran
Bentuk tulisan bersambung yang tak karuan menuliskan cepat, dan kadang sukar membacanya hal ini mengandung arti bahwa penulisnya adalah orang yang biasa berpikir cepat, kreatif tapi paling tersinggung kalau dikritik. Bahkan, bila tidak sesuai dengan kehendaknya jangan harap orang bisa mendapatkan bantuannya karena dia paling doyan mengelak dalam memberi pertolongan.
3. KEMIRINGAN TULISAN
Bentuk kemiringan tulisan tangan, apakah itu miring ke kiri atau ke kanan, atau tegak lurus. Mereka yang tulisannya miring ke kiri menunjukkan penulisnya bersikap tertutup (introvet). Segala sesuatu diukur menurut penilainnya sendiri atau menurut ukuran masa lampau. Disamping mempunyai sikap konservatif, orang dengan tipe tulisan ini sangat individualis.
Jenis tulisan miring ke kanan, menandakan orang yang ramah, aktif dan bersikap terbuka (extropet), berani menghadapi tantangan baru. Dalam bekerja kata hatinya merupakan power yang penting, tapi dalam hal yang kurang dikuasai dia lebih banyak untuk menanyakan kepada ahlinya.
Tulisan tangan yang bentuknya tegak, mengandung arti bahwa penulisnya adalah tipe orang yang tak suka banyak diatur. Baginya dia adalah miliknya sendiri, kebebasan menjadi hobinya dalam mengerjakan sesuatu tindakan, namun kontrol diri tidak pernah lepas dalam memilah dan memilih hal yang dianggapnya positif.
4. TEKANAN TULISAN
Bila kita memperhatikan bekas tulisan tangan seseorang akan ditemukan tampak goresan tekanan tulisan seperti tercetak di baliknya. Dengan memperhatikan bekas goresan yang tercetak di balik kertas kita akan dapat mengetahui dan menebak bagaimana kepribadian dan tingkah laku si penulisnya.
Tekanan yang halus berarti pembawaannya tenang, tapi mudah atau tidaknya dibaca itu bukan persoalan. Sedangkan tulisan yang bekas tekanannya tercetak jelas di belakangnya menandakan penulisnya punya sifat kaku dan formal. Karenanya orang ini sulit untuk bisa cepat menyesuaikan diri dalam pergaulan, namun dia menganggap bersikap demikian penting baginya agar dihargai orang lain.
5, BENTUK HURUF AWAL
Diantara orang ada yang gemar memainkan bentuk tulisannya, terutama bentuk awal tulisannya. Beberapa ciri dan kecenderungan karakter si penulis adalah sebagai berikut:
- Bentuk Jangkar
Disebut bentuk jangkar karena memang huruf awal tulisnya dalam bentuk jangkar. Tulisan ini memberi tanda bahwa yang memiliki tulisan cenderung bersikap kurang dewasa dan kurang percaya diri dalam menjalani hidup. Dia banyak bersikap pasif.
- Bentuk Busur
Disebut bentuk busur karena memang bentuk awalnya membentuk busur seperti ditarik. Pemilik tulisan ini biasanya cepat puas dengan hasil yuang dicapai, dan hidupnya sangat berpandangan kuat akan nilai-nilai religius.
- Bentuk Memanjang
Huruf awal memanjang yang dituliskan pelan-pelan, menunjukkan bahwa orangnya terlalu berhati-hati dalam merencanakan masa depan. Panjanganya huruf awal menunjukkan kelambatan kerja dan pemborosan waktu.
- Bentuk memanjang dari bawah
Bentuk memanjang dari bawah bila digoreskan secara kilat menunjukkan penulisannya orang yang agresif dan cepat menyelesaikan pekerjaan, disamping gemar melakukan berbagai eksprimen.
6. BENTUK HURUF AKHIR
Bentuk akhir kata yang dituliskan, menunjukkan sikap sosial dan kualitas penulisnya. Tentang huruf akhir ini ada tiga model. Masing-masing, adalah:
- Bila huruf akhir suatu kata ditulis memanjang, mengandung pengertian bahwa orang itu memiliki kemurahan hati, rasa sosialnya besar.
- Bila huruf akhir memanjang ke atas, berarti penulisnya menyukai kemewahan, disamping idealis dan punya semangat yang tinggi.
- Bila huruf akhir menyilang berarti tidak segan mengritik diri sendiri apabila perbuatannya memang salah atau keliru.
www.psikologizone.com
www.visimediapustaka.com
www.widyaprasetya.blogspot.com
Mari kita sejenak melihat kebelakang mengenai asal mula Grafologi. Seni membaca kepribadian melalui media tulisan tangan sudah dikenal dan digunakan sejak 6000 tahun yang lalu di peradaban Cina, Yunani dan Romawi. Buku pertama tentang tulisan tangan dibuat oleh seorang Itali, Camillo Baldi pada tahun 1622. Sedangkan penyebutan istilah ‘Grafologi’ diperkenalkan dan dipopulerkan pertama kali oleh Jean Michon, orang asal Prancis, pada abad ke-19. Grafologi sebagai ilmu modern kemudian dikembangkan oleh psikolog Amerika bernama Gordon Allport pada tahun 1930. Tidak diketahui kapan tepatnya ilmu ini masuk ke wilayah Indonesia. Namun diperkirakan ilmu ini masuk seiring masuk dan berkembangnya ilmu psikologi ke Indonesia, yakni di tahun 1950-an.
Grafologi berguna untuk menebak kepribadian seseorang. Informasi tentang kepribadian seseorang tersebut tentunya dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan. Dalam proses rekrut pegawai misalnya, grafologi dapat dijadikan sebagai salah satu perangkat seleksi. Di dunia pendidikan, grafologi bisa digunakan untuk mendeteksi problema yang sedang dialami peserta didik ataupun dalam mengukur kecerdasan si anak, kita dapat mengetahui bakat dan minat seseorang, pelaku kekerasan disekolah, dan dapat pula digunakan untuk konseling atau BK. Grafologi juga digunakan di bidang kriminalitas, forensik, dan konseling. Analisis tulisan tangan sangat penting dalam menentukan apa ada dokumen yang dipalsukan, karena masih tetap bergantung pada fakta bahwa tiap orang menulis dengan cara yang berbeda dan variasi sekecil apapun bisa diketahui. Grafologi juga bisa digunakan para ahli untuk mendiagnosis penyakit mental, dan bisa digunakan oleh polisi untuk mendapatkan gambaran tentang kesehatan mental dari tersangka. Bahkan di ranah praktek terapi psikis, grafologi dapat pula dijadikan sebagai salah satu metode terapi/rehabilitasi.
Dalam kehidupan sehari-hari Grafologi dapat kita terapkan, misalnya kita bisa menggunakannya untuk mendapatkan ide yang keren tentang karakter dan kemampuan diri kita, dan juga untuk mendapatkan pengertian yang lebih mendalam dari teman dan juga keluarga kita. Kalau anda bisa melihat tulisan tangan seorang cowok atau cewek, ini bisa memberi anda petunjuk seperti seberapa bagus dia bila menjadi teman kencan dan apakah anda berdua akan cocok atau mengalami kendala dalam menjalani hubungan. Begitu banyak hal yang dapat kita peroleh melalui Grafologi. Jika kita adalah orang tua yang mempunyai anak-anak pada usia sekolah, kita dapat memperkirakan profesi yang tepat untuk anak kita kelak saat dia dewasa.
Berikut ini terdapat beberapa jenis tulisan tangan dengan beberapa karakteristik yang dimiliki penulisnya (dari www.widyaprasetya.blogspot.com):
1. BESAR KECILNYA TULISAN
Dilihat dari sudut pandang besar kecilnya tulisan terdapat empat kriteria penting yaitu: kecil, sedang, besar, dan sangat besar.
Tulisan yang berukuran kecil menunjukkan sifat pendiam, sering menyendiri tapi punya otak yang cemerlang dan pikirannya selalu ilmiah. Orang dengan tulisan seperti ini nalarnya logis.
Tulisan tangan yang ditulis kecil-kecil tapi jelas mudah untuk dibaca menunjukkan penulisnya pandai, juga punya konsentrasi kuat, walau sayang tipe ini kadang suka sekali menonjolkan keilmuannya. Sedangkan jika tulisan tangan kecil dan susah membacanya berarti sang penulis adalah orang bertipe mandiri dalam hidupnya.
Tulisan tangan sedang, mengandung makna bahwa penulisannya adalah orang yang sangat terpaku kepada tradisi kuno, atau hal-hal yang bersifat formil modern. Tipe ini sangat jitu dalam penggunaan logika untuk dasar referensi keputusan-keputusannya.
Jenis tulisan tangan yang besar menunjukkan besarnya ambisi seseorang namun murah hati dan selalu ingin dihargai oleh orang lain, di samping suka melebihkan omong-omongan yang kurang perlu. Sedangkan untuk jenis tulisan tangan yang sangat besar menunjukkan bahwa penulisnya sangat hati-hati dalam segala hal, gemar membuat perhatian bagi sekelilingnya, banyak over aktingnya dalam mencari perhatian, ingin selalu tampil di depan, karena dia gemar berpetualang kemana-mana, mengikuti panggilan jiwanya.
2. GAYA TULISAN
Dalam spesifikasi Gaya Tulisan ini terbagi ke dalam lima sub. Masing-masing, adalah:
- Gaya sambung biasa
Orang yang punya model tulisan begini biasanya senang memberi respon pada setiap masalah, bisa menerima ide dari orang lain, mudah bergaul dan disenangi teman. Baginya berbakat untuk menjadi seorang pemimpin.
- Gaya sambung berbentuk petak
Mengandung arti penulisnya mudah dipengaruhi, selalu menilai enteng setiap persoalan, hingga tindakannya kadang terkesan sembrono, tanpa pemikiran matang.
- Gaya Sambung Berliku
Tulisan yang banyak luka-likunya, mengandung makna bahwa penulisnya sangat formil, hati-hati dan sering menonjolkan status, namun umumnya sifat mereka pendiam, gemar menyendiri dan biasanya banyak memiliki keahlian atau bakat.
- Gaya Lurus dan Lancip
Tulisan tangan model demikian menunjukkan penulisnya orang agresif, sangat tekun mengerjakan sesuatu, walau kadang enggan berkompromi dengan orang lain. Bila lancipnya pada huruf awal saja maka pertanda dirinya orang yang banyak mengalami konflik psikologis, sehingga kadang bersikap agresif.
- Gaya Campuran
Bentuk tulisan bersambung yang tak karuan menuliskan cepat, dan kadang sukar membacanya hal ini mengandung arti bahwa penulisnya adalah orang yang biasa berpikir cepat, kreatif tapi paling tersinggung kalau dikritik. Bahkan, bila tidak sesuai dengan kehendaknya jangan harap orang bisa mendapatkan bantuannya karena dia paling doyan mengelak dalam memberi pertolongan.
3. KEMIRINGAN TULISAN
Bentuk kemiringan tulisan tangan, apakah itu miring ke kiri atau ke kanan, atau tegak lurus. Mereka yang tulisannya miring ke kiri menunjukkan penulisnya bersikap tertutup (introvet). Segala sesuatu diukur menurut penilainnya sendiri atau menurut ukuran masa lampau. Disamping mempunyai sikap konservatif, orang dengan tipe tulisan ini sangat individualis.
Jenis tulisan miring ke kanan, menandakan orang yang ramah, aktif dan bersikap terbuka (extropet), berani menghadapi tantangan baru. Dalam bekerja kata hatinya merupakan power yang penting, tapi dalam hal yang kurang dikuasai dia lebih banyak untuk menanyakan kepada ahlinya.
Tulisan tangan yang bentuknya tegak, mengandung arti bahwa penulisnya adalah tipe orang yang tak suka banyak diatur. Baginya dia adalah miliknya sendiri, kebebasan menjadi hobinya dalam mengerjakan sesuatu tindakan, namun kontrol diri tidak pernah lepas dalam memilah dan memilih hal yang dianggapnya positif.
4. TEKANAN TULISAN
Bila kita memperhatikan bekas tulisan tangan seseorang akan ditemukan tampak goresan tekanan tulisan seperti tercetak di baliknya. Dengan memperhatikan bekas goresan yang tercetak di balik kertas kita akan dapat mengetahui dan menebak bagaimana kepribadian dan tingkah laku si penulisnya.
Tekanan yang halus berarti pembawaannya tenang, tapi mudah atau tidaknya dibaca itu bukan persoalan. Sedangkan tulisan yang bekas tekanannya tercetak jelas di belakangnya menandakan penulisnya punya sifat kaku dan formal. Karenanya orang ini sulit untuk bisa cepat menyesuaikan diri dalam pergaulan, namun dia menganggap bersikap demikian penting baginya agar dihargai orang lain.
5, BENTUK HURUF AWAL
Diantara orang ada yang gemar memainkan bentuk tulisannya, terutama bentuk awal tulisannya. Beberapa ciri dan kecenderungan karakter si penulis adalah sebagai berikut:
- Bentuk Jangkar
Disebut bentuk jangkar karena memang huruf awal tulisnya dalam bentuk jangkar. Tulisan ini memberi tanda bahwa yang memiliki tulisan cenderung bersikap kurang dewasa dan kurang percaya diri dalam menjalani hidup. Dia banyak bersikap pasif.
- Bentuk Busur
Disebut bentuk busur karena memang bentuk awalnya membentuk busur seperti ditarik. Pemilik tulisan ini biasanya cepat puas dengan hasil yuang dicapai, dan hidupnya sangat berpandangan kuat akan nilai-nilai religius.
- Bentuk Memanjang
Huruf awal memanjang yang dituliskan pelan-pelan, menunjukkan bahwa orangnya terlalu berhati-hati dalam merencanakan masa depan. Panjanganya huruf awal menunjukkan kelambatan kerja dan pemborosan waktu.
- Bentuk memanjang dari bawah
Bentuk memanjang dari bawah bila digoreskan secara kilat menunjukkan penulisannya orang yang agresif dan cepat menyelesaikan pekerjaan, disamping gemar melakukan berbagai eksprimen.
6. BENTUK HURUF AKHIR
Bentuk akhir kata yang dituliskan, menunjukkan sikap sosial dan kualitas penulisnya. Tentang huruf akhir ini ada tiga model. Masing-masing, adalah:
- Bila huruf akhir suatu kata ditulis memanjang, mengandung pengertian bahwa orang itu memiliki kemurahan hati, rasa sosialnya besar.
- Bila huruf akhir memanjang ke atas, berarti penulisnya menyukai kemewahan, disamping idealis dan punya semangat yang tinggi.
- Bila huruf akhir menyilang berarti tidak segan mengritik diri sendiri apabila perbuatannya memang salah atau keliru.
www.psikologizone.com
www.visimediapustaka.com
www.widyaprasetya.blogspot.com
“Wong Djowo” Kaos Khas Kota Kudus
Buat anda semua warga Kudus dan sekitarnya atau anda yang suka jalan-jalan ke kota Kudus, pasti mengenal Kudus melalui Jenangnya dan Soto Kudus yang memang sudah benar-benar melekat dan bahkan telah menjadi icon kota Kretek ini. Kudus memang kota kecil, bahkan kota terkecil di provinsi Jawa Tengah. Namun itu hanya daerahnya saja yang kecil, tetapi diluar itu Kudus kaya akan kebudayaan Jawa yang sampai sekarang masih melekat pada masyarakat. Hal ini karena dipengaruhi oleh penyebaran agama Islam oleh Sunan Muria dan Sunan Kudus yang makamnya selalu ramai dikunjungi para peziarah dari seluruh Indonesia. Selain kaya akan kebudayaan, Kudus juga kaya akan sumber daya. Baik sumber daya alam (wisata alam gunung Muria) dan sumber daya ekonomi yang dapat menunjang sumber daya manusianya. Sebutan Kota Kretek tidak melekat begitu saja, namun diawali proses yang panjang yaitu kota Kudus tercatat sebagai penghasil rokok (pada saat itu adalah rokok kretek) terbesar sejak zaman penjajahan Belanda. Kehebatan sistem produksi dan sistem promosi pada tahun 1930-an dapat anda saksikan di Museum Kretek. Sampai saat ini pendapatan daerah kota Kudus terbesar adalah berasal dari cukai rokok. Karena memang banyak sekali perusahaan rokok berskala nasional yang beroperasi di Kudus seperti PT. Djarum, PR. Sukun, PT. Nojorono, PT. Nikki, dan belum lagi beratur-ratus industri rokok rumahan. Tidak ketinggalan pula beberapa pelayanan jasa transportasi seperti PO. Nusantara dan PO. Harum yang memang asli Kudus dan beberapa pelayanan jasa transportasi lainnya yang mempunyai kantor cabang di Kudus Po. Haryanto, Po. Pahala Kencana.
Seiring berkembangnya zaman dan melihat prospect yang cerah banyak usaha-usaha yang berdiri di Kota Kudus. Mungkin para investor melihat bahwa Kudus adalah suatu kota yang masyarakatnya konsumtif. Kudus menjadi kota kecil surganya berbelanja karena terdapat Matahari, Ramayana, Ada Swalayan, HyperMart, dan ada juga pasar tradisional terbesar yang menyediakan konveksi, tekstil bordir yaitu pasar Kliwon. Bahkan kerajinan kain Bordir menjadi kerajinan unggulan beberapa desa di beberapa kecamatan. Pesatnya perputaran perekonomian di Kota Kudus tidak terlepas dari dukungan instansi pendidikan di kota Kretek. Berbagai program kelas unggulan dan sekolah unggulan telah di bentuk demi mengikuti perkembangan dunia pendidikan. Serta perguruan tinggi Universitas Muria Kudus, STAIN Kudus, STIE Cendekia Utama, Stikes Muhammadiyah, Akbid Pemda ikut pula meramaikan dan mendidik masyarakat kota Kudus dan sekitarnya.
Selain beberapa usaha yang telah berskala nasional, Kudus juga banyak sekali muncul usaha yang dapat dikatakan usaha yang kreatif. Banyak bermunculan Distro dan factory outlet yang menyediakan kebutuhan para remaja Kudus yang doyan bergaya dan melek fashion. Beberapa perbedaan yang menjadi keunggulan Distro jika dibandingkan dengan mall adalah desain nya yang benar-benar orisinil buatan kreasi sendiri sehingga desainnya tidak pasaran. Salah satu tempat berbelanja kaos di Kudus yang ingin saya perkenalkan disini adalah “Wong Djowo”. Wong Djowo ini mendapatkan kesan lain di hati saya karena ini adalah satu-satunya penjual cidera mata khas Kudus dalam bidang industri pakaian. Sebelumnya belum ada tempat khusus yang menyediakan berbagai macam kaos dengan berbagai macam tulisan, kata-kata dan gambar Menara Kudus bahkan semangkuk soto Kudus. Hmmmmmm…….. mendengar kata Menara Kudus menjadikan kita ingat akan kota Kudus. Yup…..itulah kenapa tempat ini disebut sebagai tempat cinderamata khas Kudus. Semua desain kaos-kaos nya selalu bertuliskan KUDUS!!!!!! Ketika kita memakainya benar-benar menciptakan suasana yang kangen banget dengan kota Kudus apalagi buat mahasiswa yang kuliah di luar kota. Ini juga bisa jadi alternatif cinderamata, kalo teman-teman kita datang main ke Kudus gak selamanya oleh-olehnya adalah makanan jenang Kudus atau soto Kudus. Itukan kulinernya, dan sekarang ada tawaran baru yaitu kaos.
Untuk semuanya yang tertarik dan penasaran dengan “Wong Djowo”, anda semua dapat mengunjungi www.wongdjowotoelen.blogspot.com. Disana anda akan dapat membaca secara detail tentang profil “Wong Djowo”. Serta ada beberapa contoh kaos yang dijual, liat aja semuanya buat ngiler…. Ini sedikit kutipan profil yang ada :
Didirikan pada awal 2009 oleh seorang entrepeneur muda ternama, Erlis Junaedi yang telah cukup berpengalaman menggeluti dunia bisnis, khususnya di bidang produk lokal daerah, dengan visi mempromosikan produk lokal Jawa khususnya Kudus, agar dapat berkembang pesat seperti produk lokal Kudus lainnya, seperti Jenang Kudus, Soto Kudus, dll. Menampilkan pernak-pernik dengan konsep minimalis khas Jawa yang berpusat di Jalan Sunan Muria 33 Kudus, Jawa Tengah, tepatnya di samping toko Pusat Jenang Kudus 33. Menghadirkan beberapa pernak-pernik khas Jawa, diantaranya kaos "wong djowo" dan aksesoris khas Jawa lainnya.
Tuh……mantepkan deket sama simpang 7. Lengkapnya silahkan kunjungi www.wongdjowotoelen.blogspot.com, harga yang ditawarkan sesuailah sama kantong………..tu disebutin harga kaos dewasa berkisar Rp 39.000, Rp 55.000 (bahan halus), kaos anak-anak Rp 35.000. Tersedia dalam berbagai warna dan ukuran (S,M,L,XL,XXL). Ongkos kirim tergantung pemesanan. Pesennya bisa online pula, kurang apa coba. Saya saranin ni ya, orang Kudus musti make ni kaos. Apa lagi mahasiswa yang udah pada di luar kota Kudus. Bangga banget ni kita bisa pake sesuatu yang bener-bener cerminan Kudus.
Terlebih dari itu, terdapat sisi edukasinya bagi kita para remaja. Mari kita mencoba untuk peka terhadap lingkungan dan kebutuhan masyarakat sekitar. Dengan sikap seperti itu kita dapat memulai suatu bisnis yang dapat kita geluti dan kita kembangkan. Kita dapat menjadikan Erlis Junaedi sebagai contoh untuk mengembangkan diri.
Seiring berkembangnya zaman dan melihat prospect yang cerah banyak usaha-usaha yang berdiri di Kota Kudus. Mungkin para investor melihat bahwa Kudus adalah suatu kota yang masyarakatnya konsumtif. Kudus menjadi kota kecil surganya berbelanja karena terdapat Matahari, Ramayana, Ada Swalayan, HyperMart, dan ada juga pasar tradisional terbesar yang menyediakan konveksi, tekstil bordir yaitu pasar Kliwon. Bahkan kerajinan kain Bordir menjadi kerajinan unggulan beberapa desa di beberapa kecamatan. Pesatnya perputaran perekonomian di Kota Kudus tidak terlepas dari dukungan instansi pendidikan di kota Kretek. Berbagai program kelas unggulan dan sekolah unggulan telah di bentuk demi mengikuti perkembangan dunia pendidikan. Serta perguruan tinggi Universitas Muria Kudus, STAIN Kudus, STIE Cendekia Utama, Stikes Muhammadiyah, Akbid Pemda ikut pula meramaikan dan mendidik masyarakat kota Kudus dan sekitarnya.
Selain beberapa usaha yang telah berskala nasional, Kudus juga banyak sekali muncul usaha yang dapat dikatakan usaha yang kreatif. Banyak bermunculan Distro dan factory outlet yang menyediakan kebutuhan para remaja Kudus yang doyan bergaya dan melek fashion. Beberapa perbedaan yang menjadi keunggulan Distro jika dibandingkan dengan mall adalah desain nya yang benar-benar orisinil buatan kreasi sendiri sehingga desainnya tidak pasaran. Salah satu tempat berbelanja kaos di Kudus yang ingin saya perkenalkan disini adalah “Wong Djowo”. Wong Djowo ini mendapatkan kesan lain di hati saya karena ini adalah satu-satunya penjual cidera mata khas Kudus dalam bidang industri pakaian. Sebelumnya belum ada tempat khusus yang menyediakan berbagai macam kaos dengan berbagai macam tulisan, kata-kata dan gambar Menara Kudus bahkan semangkuk soto Kudus. Hmmmmmm…….. mendengar kata Menara Kudus menjadikan kita ingat akan kota Kudus. Yup…..itulah kenapa tempat ini disebut sebagai tempat cinderamata khas Kudus. Semua desain kaos-kaos nya selalu bertuliskan KUDUS!!!!!! Ketika kita memakainya benar-benar menciptakan suasana yang kangen banget dengan kota Kudus apalagi buat mahasiswa yang kuliah di luar kota. Ini juga bisa jadi alternatif cinderamata, kalo teman-teman kita datang main ke Kudus gak selamanya oleh-olehnya adalah makanan jenang Kudus atau soto Kudus. Itukan kulinernya, dan sekarang ada tawaran baru yaitu kaos.
Untuk semuanya yang tertarik dan penasaran dengan “Wong Djowo”, anda semua dapat mengunjungi www.wongdjowotoelen.blogspot.com. Disana anda akan dapat membaca secara detail tentang profil “Wong Djowo”. Serta ada beberapa contoh kaos yang dijual, liat aja semuanya buat ngiler…. Ini sedikit kutipan profil yang ada :
Didirikan pada awal 2009 oleh seorang entrepeneur muda ternama, Erlis Junaedi yang telah cukup berpengalaman menggeluti dunia bisnis, khususnya di bidang produk lokal daerah, dengan visi mempromosikan produk lokal Jawa khususnya Kudus, agar dapat berkembang pesat seperti produk lokal Kudus lainnya, seperti Jenang Kudus, Soto Kudus, dll. Menampilkan pernak-pernik dengan konsep minimalis khas Jawa yang berpusat di Jalan Sunan Muria 33 Kudus, Jawa Tengah, tepatnya di samping toko Pusat Jenang Kudus 33. Menghadirkan beberapa pernak-pernik khas Jawa, diantaranya kaos "wong djowo" dan aksesoris khas Jawa lainnya.
Tuh……mantepkan deket sama simpang 7. Lengkapnya silahkan kunjungi www.wongdjowotoelen.blogspot.com, harga yang ditawarkan sesuailah sama kantong………..tu disebutin harga kaos dewasa berkisar Rp 39.000, Rp 55.000 (bahan halus), kaos anak-anak Rp 35.000. Tersedia dalam berbagai warna dan ukuran (S,M,L,XL,XXL). Ongkos kirim tergantung pemesanan. Pesennya bisa online pula, kurang apa coba. Saya saranin ni ya, orang Kudus musti make ni kaos. Apa lagi mahasiswa yang udah pada di luar kota Kudus. Bangga banget ni kita bisa pake sesuatu yang bener-bener cerminan Kudus.
Terlebih dari itu, terdapat sisi edukasinya bagi kita para remaja. Mari kita mencoba untuk peka terhadap lingkungan dan kebutuhan masyarakat sekitar. Dengan sikap seperti itu kita dapat memulai suatu bisnis yang dapat kita geluti dan kita kembangkan. Kita dapat menjadikan Erlis Junaedi sebagai contoh untuk mengembangkan diri.
Rabu, 25 Mei 2011
Avenged Sevenfold "Not Ready To Die"
What’s up bro………..A7X Mei kemaren punya new hits , lets we see…
Gone cast away in time
Evil yours, now evil mine
So I robbed you blind, the voices in my head could jest a less than peaceful side
The endless possibilities controlling every fight
You can't break me, crushed the fears of yesterday
You can't change me, barriers our trust will fade.
I've stood in the dark, been waiting all this time
While we damn the dead I'm trying to survive, I'm not ready to die
Damned, watch the masses fall
Burn it down, control 'em all
Make me crawl, to daddy's little girl to read the writings on the wall
While cast into the nothingness the final curtain call
You can't break me, crushed the fears of yesterday
You can't change me, barriers our trust will fade.
I've stood in the dark, been waiting all this time
While we damn the dead I'm trying to survive, I'm not ready to die
Through the madness we find loyalty is no match for power
Save your body or lie, left to rot in your darkest hour
Friends won't help you now as long as your mine
You can't break me, crushed the fears of yesterday
You can't change me, barriers our trust will fade.
I've stood in the dark, been waiting all this time
While we damn the dead I'm trying to survive
And I'll control the world one person at a time
As I damn the dead I'm trying to survive, I'm not ready to die
Oh!
I'm not ready to die
I'm not ready to die !!
I'm not ready to die !!
I'm not ready to die !!!!
Gone cast away in time
Evil yours, now evil mine
So I robbed you blind, the voices in my head could jest a less than peaceful side
The endless possibilities controlling every fight
You can't break me, crushed the fears of yesterday
You can't change me, barriers our trust will fade.
I've stood in the dark, been waiting all this time
While we damn the dead I'm trying to survive, I'm not ready to die
Damned, watch the masses fall
Burn it down, control 'em all
Make me crawl, to daddy's little girl to read the writings on the wall
While cast into the nothingness the final curtain call
You can't break me, crushed the fears of yesterday
You can't change me, barriers our trust will fade.
I've stood in the dark, been waiting all this time
While we damn the dead I'm trying to survive, I'm not ready to die
Through the madness we find loyalty is no match for power
Save your body or lie, left to rot in your darkest hour
Friends won't help you now as long as your mine
You can't break me, crushed the fears of yesterday
You can't change me, barriers our trust will fade.
I've stood in the dark, been waiting all this time
While we damn the dead I'm trying to survive
And I'll control the world one person at a time
As I damn the dead I'm trying to survive, I'm not ready to die
Oh!
I'm not ready to die
I'm not ready to die !!
I'm not ready to die !!
I'm not ready to die !!!!
Faktor-Faktor Yang Memperlancar Study
Guru maupun orang tua sering kali mengeluhkan bahwa anak didik atau anak mereka selalu mendapatkan nilai yang rendah. Banyak yang mengeluhkan murid-murid yang diajar mereka selalu malas, tidak mau mengerjakan tugas, daya pemahaman yang lemah. Banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan studi siawa. Drs. Merson U Sanggalang dalam Kartini kartono : 1985) mengatakan bahwa faktor-faktor tersebut dapat digolongkan kedalam 2 macam, faktor yang berasal dari dalam diri murid (faktor internal) dan faktor yang berasal dari luar diri murid (faktor eksternal).
Faktor internal :
1. Kecerdasan.
Kecerdasan merupakan salah satu aspek penting, dan sangat menentukan berhasil tidaknya studi seseorang. Kalau seorang murid mempunyai tingkat kecerdasan dibawah normal, maka sangatlah sukar baginya untuk bersaing dalam pencapaian prestasi tinggi seperti murid-murid yang mempunyai tingkat kecerdasan normal.
2. Bakat.
Bakat adalah potensi atau kemampuan. Setiap murid mempunyai bakat yang berbeda antara satu dengan yang lain. Ada murid yang berbakat dalam ilmu pasti, ada juga murid yang berbakat dalam ilmu sosial.
3. Minat dan perhatian.
Minat dan perhatian dalam belajar mempunyai hubungan yang sangat erat sekali. Seseorang yang menaruh minat pada mata pelajaran tertentu, biasanya cenderung untuk memperhatikan mata pelajaran tersebut. Bila seseorang menaruh perhatian secara kontinyu baik secara sadar ataupun tidak pada objek tetentu, maka dapat membangkitkan minat pada objek tersebut.
4. Motif.
Motif adalah dorongan yang mendasari dan mempengaruhi setiap usaha serta kegiatan seseorang untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dalam belajar hendaknya murid mempunyai motif belajar yang kuat. Hal ini akan memperbesar kegiatan dan usahanya untuk mencapai prestasi yang tinggi. Bila motif tersebut makin berkurang, maka berkurang pulalah usaha dan kegiatan serta kemungkinannya untuk mencapai prestasi yang tinggi.
5. Kesehatan jasmani.
Keadaan tubuh yang sehat merupakan kondisi yang memungkinkan seseorang untuk dapat belajar secara aktif. Seorang murid yang sering sakit biasanya mengalami kesulitan tetntu dalam belajar misalnya cepat lelah, tidak bisa berkonsentrasi, merasa malas dan sebagainya. Dengan demikian sehat dan tidaknya jasmani seorang murid dapat mempengaruhi prestasi belajarnya.
6. Cara belajar.
Ada cara belajar yang efisien dan adapula cara belajar yang tidak efisien. Seorang murid yang mempunyai cara belajar yang efisien memungkinkannya untuk mencapai prestasi lebih tinggi dari pada murid yang mempunyai cara belajar yang tidak efisien. Cara belajar yang efisien antara lain : a) Berkonsestrasi sebelum dan pada saat belajar. b) Segera mempelajari kembali bahan yang telah diterima. c) Membaca denga teliti dan betul bahan yang sedang dipelajari, dan berusaha menguasai dengan sebaik-baiknya. d) Mencoba menyelesaikan soal-soal.
Faktor eksternal :
1. Lingkungan.
Lingkungan ada bermacam-macam, sebab itu perlu dibedakan menjadi:
a) Lingkungan alam: keadaan alam yang tenang dengan udara yang sejuk ikut mempengaruhi kesegaran jiwa murid, sehingga memungkinkan hasil belajarnya akan lebih tinggi dari pada kalau lingkungan itu gaduh dengan udara yang panas dan kotor.
b) Lingkungan keluarga: keluarga mempunyai pengaruh baik terhadap keberhasilan belajar murid, apabila keluarga khususnya orang tua bersifat merangsang, mendorong dan membimbing terhadap aktivitas belajar anaknya. Hal ini akan mempengaruhi anak untuk mencapai prestasi belajar yang tinggi. Sebaliknya jika orang tua acuh tak acuh terhadap terhadap aktivitas anak, biasanya anak kuraang atau tidak memiliki semangat belajar, sehingga sukarlah diharapkan ia dapat mencapai prestasi maksimal. Keadaan ekonomi keluarga dapat juga mempengaruhi hasil belajar anak. Keadaan ekonomi yang serba kurang atau miskin dapat menjadikan anak mengalami kesukaran tertentu dalam belajarnya. Misalnya anak pulang sekolah harus bekerja membantu orang tua mencari nafkah sehingga waktu untuk belajar sedikit sekali atau tidak dapat belajar karena terlalu lelah.
c) Lingkungan masyarakat: cukup banyak pengaruh dari masyarakat yang dapat menimbulkan kesukaran belajar anak, terutama anak sebayanya. Apabila anak-anak yang sebaya disekitarnya merupakan anak-anak yang rajin belajar, maka anak akan terangsang untuk mengikuti jejak mereka. Sebaliknya, jika anak-anak yang sebaya disekitarnya merupakan anak-anak yang nakal maka kemungkinan dia akan dapat terpengaruh nakal apabila tidak ada pengawasan dari orang tua.
2. Sekolah.
Hubungan guru dengan murid yang kurang baik karena sesuatu pengalaman, hubungan murid dengan murid yang tidak menyenangkan, tujuan belajar yang ditetapkan ada di atas kemampuan murid, semuanya dapat mempengaruhi belajar dan hasil belajar murid. Disamping itu guru yang kurang atau tidak menyadari peranannya di dalam membantu proses belajar dan mengajar, dapat mempengaruhi hasil belajar murid-muridnya.
3. Peralatan belajar.
Lengkap dan tidaknya peralatan belajar baik yang dimiliki murid ataupun yang dimiliki sekolah, dapat menimbulkan akibat tertentu terhadap prestasi belajar murid. Kekurangan peralatan belajar dapat membawa akibat yang negatif antara lain: misalnya murid tidak dapat belajar secara baik, sehingga sulit diharapkan untuk mencapai prestasi yang tinggi.
Kartono, Kartini. 1985. Bimbingan Belajar di SMA dan Perguruan Tinggi. Jakarta: CV Rajawali
Faktor internal :
1. Kecerdasan.
Kecerdasan merupakan salah satu aspek penting, dan sangat menentukan berhasil tidaknya studi seseorang. Kalau seorang murid mempunyai tingkat kecerdasan dibawah normal, maka sangatlah sukar baginya untuk bersaing dalam pencapaian prestasi tinggi seperti murid-murid yang mempunyai tingkat kecerdasan normal.
2. Bakat.
Bakat adalah potensi atau kemampuan. Setiap murid mempunyai bakat yang berbeda antara satu dengan yang lain. Ada murid yang berbakat dalam ilmu pasti, ada juga murid yang berbakat dalam ilmu sosial.
3. Minat dan perhatian.
Minat dan perhatian dalam belajar mempunyai hubungan yang sangat erat sekali. Seseorang yang menaruh minat pada mata pelajaran tertentu, biasanya cenderung untuk memperhatikan mata pelajaran tersebut. Bila seseorang menaruh perhatian secara kontinyu baik secara sadar ataupun tidak pada objek tetentu, maka dapat membangkitkan minat pada objek tersebut.
4. Motif.
Motif adalah dorongan yang mendasari dan mempengaruhi setiap usaha serta kegiatan seseorang untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dalam belajar hendaknya murid mempunyai motif belajar yang kuat. Hal ini akan memperbesar kegiatan dan usahanya untuk mencapai prestasi yang tinggi. Bila motif tersebut makin berkurang, maka berkurang pulalah usaha dan kegiatan serta kemungkinannya untuk mencapai prestasi yang tinggi.
5. Kesehatan jasmani.
Keadaan tubuh yang sehat merupakan kondisi yang memungkinkan seseorang untuk dapat belajar secara aktif. Seorang murid yang sering sakit biasanya mengalami kesulitan tetntu dalam belajar misalnya cepat lelah, tidak bisa berkonsentrasi, merasa malas dan sebagainya. Dengan demikian sehat dan tidaknya jasmani seorang murid dapat mempengaruhi prestasi belajarnya.
6. Cara belajar.
Ada cara belajar yang efisien dan adapula cara belajar yang tidak efisien. Seorang murid yang mempunyai cara belajar yang efisien memungkinkannya untuk mencapai prestasi lebih tinggi dari pada murid yang mempunyai cara belajar yang tidak efisien. Cara belajar yang efisien antara lain : a) Berkonsestrasi sebelum dan pada saat belajar. b) Segera mempelajari kembali bahan yang telah diterima. c) Membaca denga teliti dan betul bahan yang sedang dipelajari, dan berusaha menguasai dengan sebaik-baiknya. d) Mencoba menyelesaikan soal-soal.
Faktor eksternal :
1. Lingkungan.
Lingkungan ada bermacam-macam, sebab itu perlu dibedakan menjadi:
a) Lingkungan alam: keadaan alam yang tenang dengan udara yang sejuk ikut mempengaruhi kesegaran jiwa murid, sehingga memungkinkan hasil belajarnya akan lebih tinggi dari pada kalau lingkungan itu gaduh dengan udara yang panas dan kotor.
b) Lingkungan keluarga: keluarga mempunyai pengaruh baik terhadap keberhasilan belajar murid, apabila keluarga khususnya orang tua bersifat merangsang, mendorong dan membimbing terhadap aktivitas belajar anaknya. Hal ini akan mempengaruhi anak untuk mencapai prestasi belajar yang tinggi. Sebaliknya jika orang tua acuh tak acuh terhadap terhadap aktivitas anak, biasanya anak kuraang atau tidak memiliki semangat belajar, sehingga sukarlah diharapkan ia dapat mencapai prestasi maksimal. Keadaan ekonomi keluarga dapat juga mempengaruhi hasil belajar anak. Keadaan ekonomi yang serba kurang atau miskin dapat menjadikan anak mengalami kesukaran tertentu dalam belajarnya. Misalnya anak pulang sekolah harus bekerja membantu orang tua mencari nafkah sehingga waktu untuk belajar sedikit sekali atau tidak dapat belajar karena terlalu lelah.
c) Lingkungan masyarakat: cukup banyak pengaruh dari masyarakat yang dapat menimbulkan kesukaran belajar anak, terutama anak sebayanya. Apabila anak-anak yang sebaya disekitarnya merupakan anak-anak yang rajin belajar, maka anak akan terangsang untuk mengikuti jejak mereka. Sebaliknya, jika anak-anak yang sebaya disekitarnya merupakan anak-anak yang nakal maka kemungkinan dia akan dapat terpengaruh nakal apabila tidak ada pengawasan dari orang tua.
2. Sekolah.
Hubungan guru dengan murid yang kurang baik karena sesuatu pengalaman, hubungan murid dengan murid yang tidak menyenangkan, tujuan belajar yang ditetapkan ada di atas kemampuan murid, semuanya dapat mempengaruhi belajar dan hasil belajar murid. Disamping itu guru yang kurang atau tidak menyadari peranannya di dalam membantu proses belajar dan mengajar, dapat mempengaruhi hasil belajar murid-muridnya.
3. Peralatan belajar.
Lengkap dan tidaknya peralatan belajar baik yang dimiliki murid ataupun yang dimiliki sekolah, dapat menimbulkan akibat tertentu terhadap prestasi belajar murid. Kekurangan peralatan belajar dapat membawa akibat yang negatif antara lain: misalnya murid tidak dapat belajar secara baik, sehingga sulit diharapkan untuk mencapai prestasi yang tinggi.
Kartono, Kartini. 1985. Bimbingan Belajar di SMA dan Perguruan Tinggi. Jakarta: CV Rajawali
Langganan:
Postingan (Atom)