Rabu, 25 Mei 2011

Avenged Sevenfold "Not Ready To Die"

What’s up bro………..A7X Mei kemaren punya new hits , lets we see…


Gone cast away in time
Evil yours, now evil mine
So I robbed you blind, the voices in my head could jest a less than peaceful side

The endless possibilities controlling every fight

You can't break me, crushed the fears of yesterday
You can't change me, barriers our trust will fade.

I've stood in the dark, been waiting all this time
While we damn the dead I'm trying to survive, I'm not ready to die

Damned, watch the masses fall
Burn it down, control 'em all
Make me crawl, to daddy's little girl to read the writings on the wall

While cast into the nothingness the final curtain call

You can't break me, crushed the fears of yesterday
You can't change me, barriers our trust will fade.
I've stood in the dark, been waiting all this time
While we damn the dead I'm trying to survive, I'm not ready to die

Through the madness we find loyalty is no match for power
Save your body or lie, left to rot in your darkest hour
Friends won't help you now as long as your mine

You can't break me, crushed the fears of yesterday
You can't change me, barriers our trust will fade.

I've stood in the dark, been waiting all this time
While we damn the dead I'm trying to survive

And I'll control the world one person at a time
As I damn the dead I'm trying to survive, I'm not ready to die

Oh!

I'm not ready to die
I'm not ready to die !!
I'm not ready to die !!
I'm not ready to die !!!!

Faktor-Faktor Yang Memperlancar Study

Guru maupun orang tua sering kali mengeluhkan bahwa anak didik atau anak mereka selalu mendapatkan nilai yang rendah. Banyak yang mengeluhkan murid-murid yang diajar mereka selalu malas, tidak mau mengerjakan tugas, daya pemahaman yang lemah. Banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan studi siawa. Drs. Merson U Sanggalang dalam Kartini kartono : 1985) mengatakan bahwa faktor-faktor tersebut dapat digolongkan kedalam 2 macam, faktor yang berasal dari dalam diri murid (faktor internal) dan faktor yang berasal dari luar diri murid (faktor eksternal).

Faktor internal :
1. Kecerdasan.
Kecerdasan merupakan salah satu aspek penting, dan sangat menentukan berhasil tidaknya studi seseorang. Kalau seorang murid mempunyai tingkat kecerdasan dibawah normal, maka sangatlah sukar baginya untuk bersaing dalam pencapaian prestasi tinggi seperti murid-murid yang mempunyai tingkat kecerdasan normal.
2. Bakat.
Bakat adalah potensi atau kemampuan. Setiap murid mempunyai bakat yang berbeda antara satu dengan yang lain. Ada murid yang berbakat dalam ilmu pasti, ada juga murid yang berbakat dalam ilmu sosial.
3. Minat dan perhatian.
Minat dan perhatian dalam belajar mempunyai hubungan yang sangat erat sekali. Seseorang yang menaruh minat pada mata pelajaran tertentu, biasanya cenderung untuk memperhatikan mata pelajaran tersebut. Bila seseorang menaruh perhatian secara kontinyu baik secara sadar ataupun tidak pada objek tetentu, maka dapat membangkitkan minat pada objek tersebut.
4. Motif.
Motif adalah dorongan yang mendasari dan mempengaruhi setiap usaha serta kegiatan seseorang untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dalam belajar hendaknya murid mempunyai motif belajar yang kuat. Hal ini akan memperbesar kegiatan dan usahanya untuk mencapai prestasi yang tinggi. Bila motif tersebut makin berkurang, maka berkurang pulalah usaha dan kegiatan serta kemungkinannya untuk mencapai prestasi yang tinggi.
5. Kesehatan jasmani.
Keadaan tubuh yang sehat merupakan kondisi yang memungkinkan seseorang untuk dapat belajar secara aktif. Seorang murid yang sering sakit biasanya mengalami kesulitan tetntu dalam belajar misalnya cepat lelah, tidak bisa berkonsentrasi, merasa malas dan sebagainya. Dengan demikian sehat dan tidaknya jasmani seorang murid dapat mempengaruhi prestasi belajarnya.
6. Cara belajar.
Ada cara belajar yang efisien dan adapula cara belajar yang tidak efisien. Seorang murid yang mempunyai cara belajar yang efisien memungkinkannya untuk mencapai prestasi lebih tinggi dari pada murid yang mempunyai cara belajar yang tidak efisien. Cara belajar yang efisien antara lain : a) Berkonsestrasi sebelum dan pada saat belajar. b) Segera mempelajari kembali bahan yang telah diterima. c) Membaca denga teliti dan betul bahan yang sedang dipelajari, dan berusaha menguasai dengan sebaik-baiknya. d) Mencoba menyelesaikan soal-soal.


Faktor eksternal :
1. Lingkungan.
Lingkungan ada bermacam-macam, sebab itu perlu dibedakan menjadi:
a) Lingkungan alam: keadaan alam yang tenang dengan udara yang sejuk ikut mempengaruhi kesegaran jiwa murid, sehingga memungkinkan hasil belajarnya akan lebih tinggi dari pada kalau lingkungan itu gaduh dengan udara yang panas dan kotor.
b) Lingkungan keluarga: keluarga mempunyai pengaruh baik terhadap keberhasilan belajar murid, apabila keluarga khususnya orang tua bersifat merangsang, mendorong dan membimbing terhadap aktivitas belajar anaknya. Hal ini akan mempengaruhi anak untuk mencapai prestasi belajar yang tinggi. Sebaliknya jika orang tua acuh tak acuh terhadap terhadap aktivitas anak, biasanya anak kuraang atau tidak memiliki semangat belajar, sehingga sukarlah diharapkan ia dapat mencapai prestasi maksimal. Keadaan ekonomi keluarga dapat juga mempengaruhi hasil belajar anak. Keadaan ekonomi yang serba kurang atau miskin dapat menjadikan anak mengalami kesukaran tertentu dalam belajarnya. Misalnya anak pulang sekolah harus bekerja membantu orang tua mencari nafkah sehingga waktu untuk belajar sedikit sekali atau tidak dapat belajar karena terlalu lelah.
c) Lingkungan masyarakat: cukup banyak pengaruh dari masyarakat yang dapat menimbulkan kesukaran belajar anak, terutama anak sebayanya. Apabila anak-anak yang sebaya disekitarnya merupakan anak-anak yang rajin belajar, maka anak akan terangsang untuk mengikuti jejak mereka. Sebaliknya, jika anak-anak yang sebaya disekitarnya merupakan anak-anak yang nakal maka kemungkinan dia akan dapat terpengaruh nakal apabila tidak ada pengawasan dari orang tua.
2. Sekolah.
Hubungan guru dengan murid yang kurang baik karena sesuatu pengalaman, hubungan murid dengan murid yang tidak menyenangkan, tujuan belajar yang ditetapkan ada di atas kemampuan murid, semuanya dapat mempengaruhi belajar dan hasil belajar murid. Disamping itu guru yang kurang atau tidak menyadari peranannya di dalam membantu proses belajar dan mengajar, dapat mempengaruhi hasil belajar murid-muridnya.
3. Peralatan belajar.
Lengkap dan tidaknya peralatan belajar baik yang dimiliki murid ataupun yang dimiliki sekolah, dapat menimbulkan akibat tertentu terhadap prestasi belajar murid. Kekurangan peralatan belajar dapat membawa akibat yang negatif antara lain: misalnya murid tidak dapat belajar secara baik, sehingga sulit diharapkan untuk mencapai prestasi yang tinggi.

Kartono, Kartini. 1985. Bimbingan Belajar di SMA dan Perguruan Tinggi. Jakarta: CV Rajawali

Senin, 25 April 2011

Cara Fitness Yang Benar


Buat semua orang yang hoby fitness, saya mempunyai info mengenai hoby yang satu ini. Saya mendapatkan alamat web dari Denny Santoso seorang pakar Dunia Fitness ( www.duniafitnes.com ). Setelah saya baca dan saya pelajari, beliau menitipkan pesan untuk menginformasikan good news ini kesemua orang yang cinta dengan fitness.

Berikut ini adalah pesan Denny Santosa dari Dunia Fitnes untuk anda semua !!!
____________
Nama saya Denny Santoso dan saya ingin mengucapkan selamat datang kepada anda di DuniaFitnes.com, website yang memiliki informasi mengenai fitness terlengkap di Indonesia.

Sebagai panduan singkat, saya akan memperkenalkan beberapa fasilitas dari DuniaFitnes.com:
1. Artikel yang berisi artikel-artikel seputar fitness: http://www.duniafitnes.com/category/articles

2. Training program ditujukan apabila anda memiliki goal tertentu dalam mengikuti fitness, misalnya untuk membentuk otot yang lebih ideal, menurunkan berat badan, atau ingin membentuk six pack: http://www.duniafitnes.com/category/training-program

3. Workout Guide ini yang paling dicari-cari oleh setiap orang. Banyak orang membaca program latihan di majalah, di website, atau dimanapun dan masih bingung misalnya: side lateral raise itu seperti apa ya? Maka DuniaFitnes.com menyediakan semuanya itu, beserta foto gerakan dan videonya (coming soon): http://www.duniafitnes.com/category/workout-guide

Masih banyak sekali fasilitas-fasilitas di dalam Dunia Fitnes yang akan Denny Santoso tambahkan dalam beberapa waktu mendatang, termasuk di antaranya adalah bagaimana latihan di rumah, bagaimana memilih dan membeli alat fitness pribadi, termasuk treadmill, etc. Bagaimana memilih Personal Trainer untuk membantu anda mencapai goal.

Semoga website ini berguna bagi anda pecinta fitness :)
___________


*Tuh kan……semuanya lengkap ada disana, mulai hal yang dasar sampai otot-otot mana saja yang menjadi perhatian kita saat fitness. Fitness itu menyenangkan, tapi kita perlu tahu segala aturan-aturan mainnya supaya fitnessnya kagak sia-sia. Udah deh…..buruan di kunjungi mas Denny Santoso diatas, semua lengkap dibahas disana. Ada gambar-gambarnya juga, jadi kita kagak bingung setelah mbaca cara-cara fitness yang benar. Eittt……bukan cuma itu, kalo udah buka webnya coba deh ikutan gabung sama mas Denny. Caranya masukin aja alamat emailmu, nanti kamu akan dapet update-an informasi dari mas Denny Santoso yang pasti akan dapat membantu kamu dalam latihan. Trus yang paling seru lagi…….nanti kamu bisa dapet buku Training Log Book #7 Triceps Training. GRATIS !!!!!!!!!! keren banget dah bukunya. Tunggu apalagi, buruan …..

Senin, 04 April 2011

Forty Five Band Pendatang Baru Penuh Hembusan Cinta

Sebuah Band asal Semarang yang masih berusia belia yang menawarkan alunan musik dengan penuh love story. Band ini telah mengikuti berbagai audisi band di kota Semarang dan berhasil mendapatkan predikat jawara. Forty five telah menelurkan beberapa hasil karyanya yang tak asing lagi ditelingaku. Temukan Forty Five Band di http://fortyfive-band.blogspot.com/ kenali mereka lebih dekat dan download lagunya. Rasakan sensasi cinta yang dialunkan. Aku lama kenal mereka dan mereka adalah teman-teman yang low profile dan penuh semangat. Undang mereka saat kalian punya acara. Cekidot……………………

Kelola Stress Anda

Hidup nyaman tanpa stess dan depresi adalah harapan setiap orang. Namun ketika hidup tak ada naik dan turun bukanlah hidup namanya. Permasalahan yang kita hadapi secara tidak langsung akan membawa pelajaran hidup yang sangat berarti dan bermakna untuk kita. Semua tergantung kita, kita mau mengambil hikmah dari permasalahan tersebut atau hanya meratapi kesedihan yang membuat hati kita pedih setiap waktu.

Belajarlah mengambil hikmah dari setiap permasalahan yang datang. Masalah datang karena kita tidak imbang dalam menjalani hidup ini. Ada asap pasti ada api, cari akar permasalahan dan kemudian refleksi diri kita.

Stres dan depresi dapat dipicu oleh banyak hal, mungkin ekonomi, pekerjaan, hubungan personal, asmara, atau kematian seseoarng yang berarti untuk kita. Dalam sebuah riset di sebuah daerah kabupaten misalnya, sebuah media menemukan betapa individu yang mengalami stres meningkat fantastis hingga 15.075 orang dengan tingkat kecemasan luar biasa akibat tekanan masalah ekonomi. Bahkan 6.433 orang diantaranya sudah dalam tahap mengalami gangguan psikotik atau gila.

Stres merupakan reaksi yang tidak diharapkan yang muncul akibat tingginya tuntutan lingkungan pada seseorang. Di mana harmoni keseimbangan antara kekuatan dan kemampuan terganggu. Jangan mempermasalahkan hal-hal yang sepele. Cobalah untuk memprioritaskan beberapa hal yang benar-benar penting dan biarkan yang lain mengikuti. Jangan membebani diri anda terlalu berlebihan dengan mengeluh mengenai keseluruhan beban kerja anda. Tangani setiap tugas sebagaimana mestinya, atau tangani secara selektif dengan memperhatikan beberapa prioritas.

Stres dipercaya menjadi pemicu utama penampilan yang tidak sempurna. Stres menimbulkan berbagai macam problema fisik yang berujung pada tampilan keceriaan wajah. Hidup yang tenang tanpa dibayang-bayangi stress atau tekanan adalah salah satu kunci utama menuju kesehatan dan kebahagiaan. Sebaliknya, hidup yang selalu dibayang-bayangi kecemasan atau depresi maka gerbang menuju ketentraman dan kesehatan semakin tertutup.

Naila atmaningtyas dalam bukunya “Kiat Hidup Bahagia Tanpa Stress dan Depresi” menyebutkan cara meredakan stress :
1. Ambil jeda
Saat anda menyadari mulai terasa tertekan, hentikan apapun yang tengah anda kerjakan dan katakana dalam hati pada diri anda sendiri “tenang”.
2. Atur tarikan nafas
Tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan dengan perlahan, konsentrasikan pada gerakan diafragma anda. Lakukan 2 atau 3 kali sampai anda merasa tenang.
3. Redakan ketegangan
Jika anda sedang duduk, berdirilah dan lakukan peregangan yang lembut selebar yang yang anda mampu. Gerakkan tangan dan lengan anda bergantian, lalu angkat bahu dan buat tubuh anda merasa rileks.
4. Bergeraklah
Meskipun hanya jalan-jalan diseputar ruangan, hal ini berguna untuk melancarkan aliran darah. Bergerak secara teratur ini dapat membantu membakar efek negatif dari hormon stress.
5. Berteriak dan menjerit
Pergilah ketempat yang pribadi dan menjerit atau berteriak sekeras yang anda bisa. Hal ini akan membantu anda mengeluarkan kepenatan dan emosi yang ada dalam diria anda.
6. Terapi esencial Bunga
Aroma therapy akan membantu anda relaks.
7. Berpikirlah positif
Setiap anda mendapatkan tekanan, jangan langsung anda tanggapi dengan pemikiran negatif. Berpikir negatif akan semakin memperkeruh suasana dan bahkan akan menimbulkan kecemasan yang berlebihan yang sebenarnya tidak terjadi.
8. Santap makanan sehat.
Jalani diet makanan sehat dan jangan tergoda untuk makan berlebihan. Santap makanan kecil yang sehat, seperti buah, biscuit gandum untuk memperbaiki kadar gula anda. Untuk sebagian orang stress mungkin dapat menyebabkan nafsu makan yang turun, atau bahkan stress dapat mengakibatkan meningkatnya nafsu makan.
9. Dengarkan musik
Pilih jenis musik yang anda sukai dan putar selama anda mau. Dengarkan dan rilaks, ketegangan yang anda rasakan akan berkurang seiring anda ikut bernyanyi bersama sang vokalis.
10. Pertegas diri anda
Belajarlah bersikap lebih tegas. Berkata “Tidak”untuk permintaan yang tidak masuk akalakan membantu anda mengurangi tekanan.
11. Terorganisir
Mulai atur kehidupan waktu anda secara efektif. Buat prioritas sehingga anda dapat mengatasi tekanan dalam satu waktu. Anda harus tahu kapan untuk memulai dan kapan saatnya untuk berhenti. Beberapa orang stress dapat membuat susah tidur. Terganggunya waktu istirahat anda akan berpengaruh terhadap daya tahan tubuh anda terhadap penyakit dan stress. Tenangkan pikiran anda dan berusaha untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Penelitian membuktikan meminum susu sebelum tidur dapat membantu menenangkan syaraf. Disarankan minumlah susu yang rendah kalori.
12. Beri pujian kepada orang lain
Buat sebuah poin dengan memberikan pujian secara tulus pada orang lain disekitar anda. Jika anda mampu membuat mereka merasa nyaman dengan diri sendiri menberi efek positif pada anda juga.
13. Tertawa
Tonton komedi, tertawalah bersama teman anda. Tertawa merupakan penawar luar biasa bagi stress.
14. Temukan ketenangan dari dalam
Visualisasi atau mediasi dapat membantu anda menemukan sebuah ketenangan dari dalam pada saat disekeliling anda dipenuhi tekanan dan kegaduhan.
15. Konsumsi vitamin dan suplemen
Mungkin anda butuh grup vitamin B dan antioksidan semacam vitamin C dan E pada saat penuh tekanan. Suplemen probiotik dapat juga membantu anda mengatasi stress. Disarankan lebih baik vitamin yang anda peroleh adalah dari buah-buahan.

Kebahagiaan adalah kunci penangkal stress. Jangan membesar-besarkan hal-hal kecil. Anda harus merasa bahwa hanya Tuhanlah Yang Maha Besar dan hal-hal yang kita pusingkan setiap hari sebenarnya adalah masalah-masalah kecil. Masalah-masalah ini bahkan tidak akan pernah kita ingat lagi satu tahun dari sekarang.

E. A. Priyatno, S. Pd 30-01-2011 (08:57:36AM):
Jalan yang mulus dan lurus tidak akan pernah menghasilkan pengemudi yang hebat… Laut yang tenang tidak akan menghasilkan pelaut yang tangguh … Langit yang cerah tidak akan menghasilkan pilot yang handal … Hidup yang tidak ada masalah tidak akan membuat orang menjadi kuat … Karena itu, jadilah orang yang handal dan tahan uji dalam menerima berbagai cobaan hidup, Tuhan memberikan jalan hidup kita berbolok dan tidak mulus, gelombang-geelombang persoalan yang menyapa! semua itu supaya kita menjadi pribadi yang tangguh, handal dan tahan uji dalam menjalani hidup ini! Yang penting terus belajar dan belajar dari kesalahan dan terus berusaha serta berdoa. Tetap semangat..!

Senin, 28 Maret 2011

Guru yang Hebat Akan Membawa Siswa Kearah Tujuannya . . .


Sebagai seorang siswa terkadang mereka akan menyeleksi mana guru yang tepat untuk saya dan mana guru yang tidak saya sukai. Penilaian tersebut mereka lakukan berdasarkan cara pengajaran guru, jadi mereka selalu menilai metode yang kita pakai dalam mengajar. Guru harus selalu ingat bahwa prestasi yang mereka raih bukan hanya semata-mata kecerdasan yang dimiliki oleh siswa, namun juga dipengaruhi oleh kecerdasan guru.

Kecerdasan guru dilihat bukan hanya dari kemampuan memberikan materi pengajaran. Prof. DR. Oemar Hamalik mengemukakan beberapa kemampuan dasar guru antara lain :
1. Kemampuan menguasai bahan.
2. Kemampuan mengelola program belajar mengajar.
3. Kemampuan mengelola kelas dengan pengalaman belajar.
4. Kemampuan menggunakan media / sumber dengan pengalaman belajar.
5. Kemampuan menguasai landasan-landasan kependidikan dengan pengalaman belajar.
6. Kemampuan mengelola interaksi belajar mengajar dengan pengalaman belajar.
7. Kemampuan menilai prestasi siswa dengan pengalaman belajar.
8. Kemampuan mengenal fungsi dan program pelayanan bimbingan dan penyuluhan dengan pengalaman belajar.
9. Kemampuan mengenal dan menyelenggarakan administrasi sekolah dengan pengalaman belajar.
10. Kemampuan memahami prinsip-prinsip dan menafsirkan hasil-hasil penelitian pendidikan guna keperluan pengajaran.

Usahakan agar siswa mengetahui tujuan pengajaran dari seorang guru. Jika mereka tahu semua usaha yang guru lakukan adalah untuk kemajuan siswa, maka mereka akan sepakat dan membantu kita untuk mewujudkan hal itu. Maka akan tercipta alur yang sistematis antara siswa sebagai pihak yang ingin mencapai kesuksesan dan guru sebagai pembimbing sekaligus motivator. Ketika kita saling mengetahui peran masing-masing maka tidak akan ada yang namanya GURU vs SISWA.

Bagi guru, pengajaran adalah seni. Rangkullah siswa, bukan menekannya. Siswa adalah mitra bagi pendidik. Buat siswa merasa nyaman saat ia belajar dengan guru. Anita Moultrie Turner dalam bukunya “Resep Pengajaran Hebat” mengatakan :
“ … mengajar merupakan panggilan jiwa. Untuk membuat dampak yang luar biasa, saya berpegang bahwa ini menyangkut isi materi pengajaran, tetapi lebih menyangkut sentuhan kehidupan orang lain… “


Calon guru harus sadar bahwa guru bukan hanya sekedar profesi. Guru adalah lebih dari sekedar profesi. Guru adalah pekerjaan yang mulia. Guru harus 100 % berorientasi pada kepentingan pendidikan. Sudah bukan jamannya lagi menjadi guru hanya untuk sebatas mencari Rupiah. GURU SEBAGAI SEORANG PROFESIONAL YANG BERTANGGUNG JAWAB ATAS MUTU PROFESINYA.

Minggu, 13 Maret 2011

Pembelajaran Karya Wisata



Kegiatan belajar mengajar sangat erat kaitannya dengan siswa. Siswa dalam hal ini diposisikan sebagai objek sekaligus subjek belajar. Pembelajaran pada era sekarang sangat berbeda jika dibandingkan dengan pembelajaran pada zaman orangtua atau nenek kita. Pembelajaran pada zaman sekarang lebih bersifat sangat memperhatikan siswa. Setiap guru selalu berlomba-lomba untuk menerapkan metode yang tepat demi keberhasilan belajar siswanya.


Tidak selamanya hubungan antara pembelajaran dan hasil belajar berbentuk hubungan lurus. Banyak hal yang dapat mempengaruhi prestasi siswa. Arikunto 2004:2 menyebutkan bahwa pembelajaran bukanlah satu-satunya penentu keberhasilan dalam mencapai prestasi belajar. Ada hal lain yang juga mempengaruhi prestasi belajar siswa, hal lain ini adalah merupakan faktor eksternal siswa :


a.Keadaan fisik dan psikis siswa, yang ditunjukkan oleh IQ (kecerdasan intelektual), EQ (kecerdasan emosional), kesehatan, motivasi, ketekunan, ketelitian, dan minat.
b.Guru yang mengajar
Seperti latar belakang guru, penguasaan ilmu, kemampuan mengajar, perlakuan guru terhadap siswa.
c.Sarana pendidikan
Meliputi ruang tempat belajar, alat-alat belajar, media yang digunakan guru, dan buku sumber belajar.


Hampir semua perilaku manusia adalah hasil dari proses belajarnya, sehingga dapat dikatakan bahwa proses belajar adalah proses pematangan atau pendewasaan seseorang. Belajar juga didorong oleh kebutuhan atau keinginan yang dimiliki dan dirasakan oleh orang yang bersangkutan.


Sadirman (2004: 95) ”belajar adalah berbuat, berbuat untuk mengubah tingkah laku, jadi melakukan kegiatan.  Tidak ada belajar kalau tidak ada ak-tivitas”.



Gie (1985: 6) “Keberhasilan siswa dalam belajar tergantung pada aktivitas yang dilakukannya selama proses pembelajaran. Aktivitas belajar adalah segenap rangkaian kegiatan atau aktivitas secara sadar yang dilakukan seseorang yang mengakibatkan perubahan dalam dirinya, berupa perubahan pengetahuan atau kemahiran yang sifatnya tergantung pada sedikit banyaknya perubahan.”



Begitu pentingnya aktivitas siswa dalam kegiatan, sehingga banyak sekali metode pengajaran yang diciptakan lebih ditekankan kearah peningkatan aktivitas belajar siswa yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan hasil belajar.


Metode pengajaran yang telah ditemukan sangat banyak sekali. Semua dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan yang telah dirancang oleh guru. Beberapa metode pengajaran yang sudah ada antara lain adalah Metode ceramah (metode ceramah juga dapat dipadukan dengan metode yang lain), Metode diskusi, Metode resitasi, Metode percobaan, Metode latihan keterampilan, Metode mengajar beregu, Metode mengajar sesama teman, Metode pemecahan masalah, Metode perancangan, Metode Bagian, Metode Global, Metode Discovery, Metode Inquiry, dan salah satunya adalah metode Karya wisata.


Metode karya wisata adalah metode mengajar yang dirancang terlebih dahulu oleh pendidik dan diharapkan siswa membuat laporan dan didiskusikan bersama dengan peserta didik yang lain serta didampingi oleh pendidik, yang kemudian dibukukan. Metode ini lebih kita kenal dengan field trip. Siswa diajak untuk berwisata yang didalamnya termuat unsur pembelajaran. Siswa dapat melakukan pengamatan secara langsung dan dapat berinteraksi langsung dengan sumber belajar dilokasi. Metode karya wisata menawarkan pembelajaran yang menyenangkan karena siswa memperoleh pengetahuan baru langsung dari sumbernya, berbeda ketika mereka hanya membaca melalui buku. Siswa dapat melihat dan membayangkan contoh langsung yang ada didepan mata mereka.


Kelebihan metode karyawisata sebagai berikut :
a. Karyawisata menerapkan prinsip pengajaran modern yang memanfaatkan lingkungan nyata dalam pengajaran.
b. Membuat bahan yang dipelajari di sekolah menjadi lebih relevan dengan kenyataan dan kebutuhan yang ada di masyarakat.
c. Pengajaran dapat lebih merangsang kreativitas anak.


Kekurangan metode karyawisata sebagai berikut :
a. Memerlukan persiapan yang melibatkan banyak pihak.
b. Memerlukan perencanaan dengan persiapan yang matang.
c. Dalam karyawisata sering unsur rekreasi menjadi prioritas daripada tujuan utama, sedangkan unsur studinya terabaikan.
d. Memerlukan pengawasan yang lebih ketat terhadap setiap gerak-gerik anak didik di lapangan.
e. Biayanya cukup mahal.
f. Memerlukan tanggung jawab guru dan sekolah atas kelancaran karyawisata dan keselamatan anak didik, terutama karyawisata jangka panjang dan jauh.


Roestiyah (2001:85) , karya wisata bukan sekedar rekreasi, tetapi untuk belajar atau memperdalam pelajarannya dengan melihat kenyataannya. Karena itu dikatakan teknik karya wisata, ialah cara mengajar yang dilaksanakan dengan mengajak siswa ke suatu tempat atau obyek tertentu di luar sekolah untuk mempelajari atau menyelidiki sesuatu seperti meninjau pabrik sepatu, suatu bengkel mobil, toko serba ada, dan sebagainya.



Roestiyah (2001:85) ,teknik karya wisata ini digunakan karena memiliki tujuan sebagai berikut: Dengan melaksanakan karya wisata diharapkan siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dari obyek yang dilihatnya, dapat turut menghayati tugas pekerjaan milik seseorang serta dapat bertanya jawab mungkin dengan jalan demikian mereka mampu memecahkan persoalan yang dihadapinya dalam pelajaran, ataupun pengetahuan umum. Juga mereka bisa melihat, mendengar, meneliti dan mencoba apa yang dihadapinya, agar nantinya dapat mengambil kesimpulan, dan sekaligus dalam waktu yang sama ia bisa mempelajari beberapa mata pelajaran.


Agar penggunaan teknik karya wisata dapat efektif, maka pelaksanaannya perlu memperhatikan langkah-langkah sebagai berikut:
a.Persiapan, dimana guru perlu menetapkan tujuan pembelajaran dengan jelas, mempertimbangkan pemilihan teknik, menghubungi pemimpin obyek yang akan dikunjungi untuk merundingkan segala sesuatunya, penyusunan rencana yang masak, membagi tugas-tugas, mempersiapkan sarana, pembagian siswa dalam kelompok, serta mengirim utusan.
b.Pelaksanaan karya wisata, dimana pemimpin rombongan mengatur segalanya dibantu petugas-petugas lainnya, memenuhi tata tertib yang telah ditentukan bersama, mengawasi petugas-petugas pada setiap seksi, demikian pula tugas-tugas kelompok sesuai dengan tanggungjawabnya, serta memberi petunjuk bila perlu.
c.Akhir karya wisata, pada waktu itu siswa mengadakan diskusi mengenai segala hal hasil karya wisata, menyusun laporan atau paper yang memuat kesimpulan yang diperoleh, menindaklanjuti hasil kegiatan karya wisata seperti membuat grafik, gambar, model-model, diagram, serta alat-alat lain dan sebagainya.



Karya wisata dapat mengatasi kebosanan siswa belajar dalam ruang kelas. Karya wisata juga mampu memberi penguatan memory yang lebih dibandingkan dengan hanya membaca buku. Namun sebagai guru harus ingat bahwa kekurangan yang ada dalam metode karya wisata harus diminimalkan. Selama ini karya wisata lebih condong kearah wisatanya saja, maka guru harus pintar-pintar dalam perencanaan sebelum penerapan metode ini. Diperlukan adanya tujuan yang jelas. Hasil pengamatan atau observasi yang telah dilakukan siswa harus ditagih dan perlu adanya evaluasi dan penilaian dari kegiatan karya wisata. Hal ini akan meminimalisir anggapan bahwa karya wisata lebih condong kearah wisata tanpa belajar.


Setiap metode terdapat keunggulan dan kelemahan. Pemanfaatan metode yang akan digunakan harus sesuai dengan karakteristik materi yang akan diajarkan. Jadi tidak boleh asal dalam menentukan metode mengajar.


Jadilah guru yang kreatif. Selalu tingkatkan minat belajar siswa.