Assalamualaikum
Wr. Wb ...
Mahasiswa Administrasi Perkantoran
yang saya banggakan, berikut ini tindak lanjut dari tatap muka pelatihan tempo
lalu. Saya telah merincikan standar pelayanan dan prosedur operasional standar
Rumah Kreasi Mahasiswa (RKM) yang bidang administrasi. Silakan Anda bisa download di sini.
Silakan menjalankan tugas sesuai
dengan jadwal piket yang telah ditentukan. Saya memiliki pandangan yang justru
kompleks tentang kegiatan RKM ini. Pertama, RKM dapat kita gunakan untuk
mengasah kemampuan dalam meng-handle lika-liku
bagian administrasi; kedua, kita bisa belajar untuk wirausaha. Kata orang,
untuk menjadi entrepreneur terkadang
mereka bingung harus mulai dari mana. Tidak sedikit juga yang merasa malu untuk
memulai langkah pertama. Dengan adanya RKM ini mari kita gunakan untuk belajar
berwirausaha. Tidak perlu malu, lha wong ini rame-rame, banyak temennya. Justru
malah tidak ada kata malu, kan yang menjualkan produk kita adalah mereka yang
bidang pemasaran. Kita hanya perlu mencari barang, titipkan, lalu biarkan
mereka melakukan keahliannya.
Pesan saya:
1. Amatilah
ruang kerja. Buka-buka saja rak arsip yang ada di belakang meja kasir supaya
tahu detail masing-masing formulir letaknya dimana.
2. Pak
David telah menyiapkan beberapa instruksi yang terjilid rapi di meja dan
tertempel di dinding, amati, pahami agar mengetahui alur dengan jelas.
3. Beberapa
peralatan mungkin akan sedikit bergeser pemanfaatannya dari SOP yang telah saya
susun, tapi tidak masalah. Misalnya: ordner untuk sementara menggunakan snelhecter, formulir yang rencana akan
ditulis secara soft file ada beberapa
yang menulis secara manual.
4. Bagian
administrasi nanti juga akan menginput data di MYOB. Tidak perlu khawatir, kita
hanya menginput bagian administrasi awalnya saja, tidak sampai proses
penghitungannya (itu bagian akuntansi). Nanti akan dipandu oleh bidang
akuntansi. Ini sekaligus bisa kita gunakan untuk menambah ilmu tentang software MYOB, walaupun hanya perkenalan
ringan.
5. Masing-masing
bagian memiliki target kerja. Untuk bagian administrasi target kerjanya adalah,
minimal 90% mahasiswa Pendidikan Ekonomi menjadi anggota RKM. Ini moment kita untuk melakukan kegiatan
kehumasan.
Selamat
menjalankan tugas, selamat berkreasi, semoga kegiatan ini memberikan manfaat
untuk menempa diri kita bersiap menjadi manusia yang banyak akal.
Wassalamualaikum
Wr Wb ....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar