Senin, 25 April 2011

Cara Fitness Yang Benar


Buat semua orang yang hoby fitness, saya mempunyai info mengenai hoby yang satu ini. Saya mendapatkan alamat web dari Denny Santoso seorang pakar Dunia Fitness ( www.duniafitnes.com ). Setelah saya baca dan saya pelajari, beliau menitipkan pesan untuk menginformasikan good news ini kesemua orang yang cinta dengan fitness.

Berikut ini adalah pesan Denny Santosa dari Dunia Fitnes untuk anda semua !!!
____________
Nama saya Denny Santoso dan saya ingin mengucapkan selamat datang kepada anda di DuniaFitnes.com, website yang memiliki informasi mengenai fitness terlengkap di Indonesia.

Sebagai panduan singkat, saya akan memperkenalkan beberapa fasilitas dari DuniaFitnes.com:
1. Artikel yang berisi artikel-artikel seputar fitness: http://www.duniafitnes.com/category/articles

2. Training program ditujukan apabila anda memiliki goal tertentu dalam mengikuti fitness, misalnya untuk membentuk otot yang lebih ideal, menurunkan berat badan, atau ingin membentuk six pack: http://www.duniafitnes.com/category/training-program

3. Workout Guide ini yang paling dicari-cari oleh setiap orang. Banyak orang membaca program latihan di majalah, di website, atau dimanapun dan masih bingung misalnya: side lateral raise itu seperti apa ya? Maka DuniaFitnes.com menyediakan semuanya itu, beserta foto gerakan dan videonya (coming soon): http://www.duniafitnes.com/category/workout-guide

Masih banyak sekali fasilitas-fasilitas di dalam Dunia Fitnes yang akan Denny Santoso tambahkan dalam beberapa waktu mendatang, termasuk di antaranya adalah bagaimana latihan di rumah, bagaimana memilih dan membeli alat fitness pribadi, termasuk treadmill, etc. Bagaimana memilih Personal Trainer untuk membantu anda mencapai goal.

Semoga website ini berguna bagi anda pecinta fitness :)
___________


*Tuh kan……semuanya lengkap ada disana, mulai hal yang dasar sampai otot-otot mana saja yang menjadi perhatian kita saat fitness. Fitness itu menyenangkan, tapi kita perlu tahu segala aturan-aturan mainnya supaya fitnessnya kagak sia-sia. Udah deh…..buruan di kunjungi mas Denny Santoso diatas, semua lengkap dibahas disana. Ada gambar-gambarnya juga, jadi kita kagak bingung setelah mbaca cara-cara fitness yang benar. Eittt……bukan cuma itu, kalo udah buka webnya coba deh ikutan gabung sama mas Denny. Caranya masukin aja alamat emailmu, nanti kamu akan dapet update-an informasi dari mas Denny Santoso yang pasti akan dapat membantu kamu dalam latihan. Trus yang paling seru lagi…….nanti kamu bisa dapet buku Training Log Book #7 Triceps Training. GRATIS !!!!!!!!!! keren banget dah bukunya. Tunggu apalagi, buruan …..

Senin, 04 April 2011

Forty Five Band Pendatang Baru Penuh Hembusan Cinta

Sebuah Band asal Semarang yang masih berusia belia yang menawarkan alunan musik dengan penuh love story. Band ini telah mengikuti berbagai audisi band di kota Semarang dan berhasil mendapatkan predikat jawara. Forty five telah menelurkan beberapa hasil karyanya yang tak asing lagi ditelingaku. Temukan Forty Five Band di http://fortyfive-band.blogspot.com/ kenali mereka lebih dekat dan download lagunya. Rasakan sensasi cinta yang dialunkan. Aku lama kenal mereka dan mereka adalah teman-teman yang low profile dan penuh semangat. Undang mereka saat kalian punya acara. Cekidot……………………

Kelola Stress Anda

Hidup nyaman tanpa stess dan depresi adalah harapan setiap orang. Namun ketika hidup tak ada naik dan turun bukanlah hidup namanya. Permasalahan yang kita hadapi secara tidak langsung akan membawa pelajaran hidup yang sangat berarti dan bermakna untuk kita. Semua tergantung kita, kita mau mengambil hikmah dari permasalahan tersebut atau hanya meratapi kesedihan yang membuat hati kita pedih setiap waktu.

Belajarlah mengambil hikmah dari setiap permasalahan yang datang. Masalah datang karena kita tidak imbang dalam menjalani hidup ini. Ada asap pasti ada api, cari akar permasalahan dan kemudian refleksi diri kita.

Stres dan depresi dapat dipicu oleh banyak hal, mungkin ekonomi, pekerjaan, hubungan personal, asmara, atau kematian seseoarng yang berarti untuk kita. Dalam sebuah riset di sebuah daerah kabupaten misalnya, sebuah media menemukan betapa individu yang mengalami stres meningkat fantastis hingga 15.075 orang dengan tingkat kecemasan luar biasa akibat tekanan masalah ekonomi. Bahkan 6.433 orang diantaranya sudah dalam tahap mengalami gangguan psikotik atau gila.

Stres merupakan reaksi yang tidak diharapkan yang muncul akibat tingginya tuntutan lingkungan pada seseorang. Di mana harmoni keseimbangan antara kekuatan dan kemampuan terganggu. Jangan mempermasalahkan hal-hal yang sepele. Cobalah untuk memprioritaskan beberapa hal yang benar-benar penting dan biarkan yang lain mengikuti. Jangan membebani diri anda terlalu berlebihan dengan mengeluh mengenai keseluruhan beban kerja anda. Tangani setiap tugas sebagaimana mestinya, atau tangani secara selektif dengan memperhatikan beberapa prioritas.

Stres dipercaya menjadi pemicu utama penampilan yang tidak sempurna. Stres menimbulkan berbagai macam problema fisik yang berujung pada tampilan keceriaan wajah. Hidup yang tenang tanpa dibayang-bayangi stress atau tekanan adalah salah satu kunci utama menuju kesehatan dan kebahagiaan. Sebaliknya, hidup yang selalu dibayang-bayangi kecemasan atau depresi maka gerbang menuju ketentraman dan kesehatan semakin tertutup.

Naila atmaningtyas dalam bukunya “Kiat Hidup Bahagia Tanpa Stress dan Depresi” menyebutkan cara meredakan stress :
1. Ambil jeda
Saat anda menyadari mulai terasa tertekan, hentikan apapun yang tengah anda kerjakan dan katakana dalam hati pada diri anda sendiri “tenang”.
2. Atur tarikan nafas
Tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan dengan perlahan, konsentrasikan pada gerakan diafragma anda. Lakukan 2 atau 3 kali sampai anda merasa tenang.
3. Redakan ketegangan
Jika anda sedang duduk, berdirilah dan lakukan peregangan yang lembut selebar yang yang anda mampu. Gerakkan tangan dan lengan anda bergantian, lalu angkat bahu dan buat tubuh anda merasa rileks.
4. Bergeraklah
Meskipun hanya jalan-jalan diseputar ruangan, hal ini berguna untuk melancarkan aliran darah. Bergerak secara teratur ini dapat membantu membakar efek negatif dari hormon stress.
5. Berteriak dan menjerit
Pergilah ketempat yang pribadi dan menjerit atau berteriak sekeras yang anda bisa. Hal ini akan membantu anda mengeluarkan kepenatan dan emosi yang ada dalam diria anda.
6. Terapi esencial Bunga
Aroma therapy akan membantu anda relaks.
7. Berpikirlah positif
Setiap anda mendapatkan tekanan, jangan langsung anda tanggapi dengan pemikiran negatif. Berpikir negatif akan semakin memperkeruh suasana dan bahkan akan menimbulkan kecemasan yang berlebihan yang sebenarnya tidak terjadi.
8. Santap makanan sehat.
Jalani diet makanan sehat dan jangan tergoda untuk makan berlebihan. Santap makanan kecil yang sehat, seperti buah, biscuit gandum untuk memperbaiki kadar gula anda. Untuk sebagian orang stress mungkin dapat menyebabkan nafsu makan yang turun, atau bahkan stress dapat mengakibatkan meningkatnya nafsu makan.
9. Dengarkan musik
Pilih jenis musik yang anda sukai dan putar selama anda mau. Dengarkan dan rilaks, ketegangan yang anda rasakan akan berkurang seiring anda ikut bernyanyi bersama sang vokalis.
10. Pertegas diri anda
Belajarlah bersikap lebih tegas. Berkata “Tidak”untuk permintaan yang tidak masuk akalakan membantu anda mengurangi tekanan.
11. Terorganisir
Mulai atur kehidupan waktu anda secara efektif. Buat prioritas sehingga anda dapat mengatasi tekanan dalam satu waktu. Anda harus tahu kapan untuk memulai dan kapan saatnya untuk berhenti. Beberapa orang stress dapat membuat susah tidur. Terganggunya waktu istirahat anda akan berpengaruh terhadap daya tahan tubuh anda terhadap penyakit dan stress. Tenangkan pikiran anda dan berusaha untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Penelitian membuktikan meminum susu sebelum tidur dapat membantu menenangkan syaraf. Disarankan minumlah susu yang rendah kalori.
12. Beri pujian kepada orang lain
Buat sebuah poin dengan memberikan pujian secara tulus pada orang lain disekitar anda. Jika anda mampu membuat mereka merasa nyaman dengan diri sendiri menberi efek positif pada anda juga.
13. Tertawa
Tonton komedi, tertawalah bersama teman anda. Tertawa merupakan penawar luar biasa bagi stress.
14. Temukan ketenangan dari dalam
Visualisasi atau mediasi dapat membantu anda menemukan sebuah ketenangan dari dalam pada saat disekeliling anda dipenuhi tekanan dan kegaduhan.
15. Konsumsi vitamin dan suplemen
Mungkin anda butuh grup vitamin B dan antioksidan semacam vitamin C dan E pada saat penuh tekanan. Suplemen probiotik dapat juga membantu anda mengatasi stress. Disarankan lebih baik vitamin yang anda peroleh adalah dari buah-buahan.

Kebahagiaan adalah kunci penangkal stress. Jangan membesar-besarkan hal-hal kecil. Anda harus merasa bahwa hanya Tuhanlah Yang Maha Besar dan hal-hal yang kita pusingkan setiap hari sebenarnya adalah masalah-masalah kecil. Masalah-masalah ini bahkan tidak akan pernah kita ingat lagi satu tahun dari sekarang.

E. A. Priyatno, S. Pd 30-01-2011 (08:57:36AM):
Jalan yang mulus dan lurus tidak akan pernah menghasilkan pengemudi yang hebat… Laut yang tenang tidak akan menghasilkan pelaut yang tangguh … Langit yang cerah tidak akan menghasilkan pilot yang handal … Hidup yang tidak ada masalah tidak akan membuat orang menjadi kuat … Karena itu, jadilah orang yang handal dan tahan uji dalam menerima berbagai cobaan hidup, Tuhan memberikan jalan hidup kita berbolok dan tidak mulus, gelombang-geelombang persoalan yang menyapa! semua itu supaya kita menjadi pribadi yang tangguh, handal dan tahan uji dalam menjalani hidup ini! Yang penting terus belajar dan belajar dari kesalahan dan terus berusaha serta berdoa. Tetap semangat..!

Senin, 28 Maret 2011

Guru yang Hebat Akan Membawa Siswa Kearah Tujuannya . . .


Sebagai seorang siswa terkadang mereka akan menyeleksi mana guru yang tepat untuk saya dan mana guru yang tidak saya sukai. Penilaian tersebut mereka lakukan berdasarkan cara pengajaran guru, jadi mereka selalu menilai metode yang kita pakai dalam mengajar. Guru harus selalu ingat bahwa prestasi yang mereka raih bukan hanya semata-mata kecerdasan yang dimiliki oleh siswa, namun juga dipengaruhi oleh kecerdasan guru.

Kecerdasan guru dilihat bukan hanya dari kemampuan memberikan materi pengajaran. Prof. DR. Oemar Hamalik mengemukakan beberapa kemampuan dasar guru antara lain :
1. Kemampuan menguasai bahan.
2. Kemampuan mengelola program belajar mengajar.
3. Kemampuan mengelola kelas dengan pengalaman belajar.
4. Kemampuan menggunakan media / sumber dengan pengalaman belajar.
5. Kemampuan menguasai landasan-landasan kependidikan dengan pengalaman belajar.
6. Kemampuan mengelola interaksi belajar mengajar dengan pengalaman belajar.
7. Kemampuan menilai prestasi siswa dengan pengalaman belajar.
8. Kemampuan mengenal fungsi dan program pelayanan bimbingan dan penyuluhan dengan pengalaman belajar.
9. Kemampuan mengenal dan menyelenggarakan administrasi sekolah dengan pengalaman belajar.
10. Kemampuan memahami prinsip-prinsip dan menafsirkan hasil-hasil penelitian pendidikan guna keperluan pengajaran.

Usahakan agar siswa mengetahui tujuan pengajaran dari seorang guru. Jika mereka tahu semua usaha yang guru lakukan adalah untuk kemajuan siswa, maka mereka akan sepakat dan membantu kita untuk mewujudkan hal itu. Maka akan tercipta alur yang sistematis antara siswa sebagai pihak yang ingin mencapai kesuksesan dan guru sebagai pembimbing sekaligus motivator. Ketika kita saling mengetahui peran masing-masing maka tidak akan ada yang namanya GURU vs SISWA.

Bagi guru, pengajaran adalah seni. Rangkullah siswa, bukan menekannya. Siswa adalah mitra bagi pendidik. Buat siswa merasa nyaman saat ia belajar dengan guru. Anita Moultrie Turner dalam bukunya “Resep Pengajaran Hebat” mengatakan :
“ … mengajar merupakan panggilan jiwa. Untuk membuat dampak yang luar biasa, saya berpegang bahwa ini menyangkut isi materi pengajaran, tetapi lebih menyangkut sentuhan kehidupan orang lain… “


Calon guru harus sadar bahwa guru bukan hanya sekedar profesi. Guru adalah lebih dari sekedar profesi. Guru adalah pekerjaan yang mulia. Guru harus 100 % berorientasi pada kepentingan pendidikan. Sudah bukan jamannya lagi menjadi guru hanya untuk sebatas mencari Rupiah. GURU SEBAGAI SEORANG PROFESIONAL YANG BERTANGGUNG JAWAB ATAS MUTU PROFESINYA.

Minggu, 13 Maret 2011

Pembelajaran Karya Wisata



Kegiatan belajar mengajar sangat erat kaitannya dengan siswa. Siswa dalam hal ini diposisikan sebagai objek sekaligus subjek belajar. Pembelajaran pada era sekarang sangat berbeda jika dibandingkan dengan pembelajaran pada zaman orangtua atau nenek kita. Pembelajaran pada zaman sekarang lebih bersifat sangat memperhatikan siswa. Setiap guru selalu berlomba-lomba untuk menerapkan metode yang tepat demi keberhasilan belajar siswanya.


Tidak selamanya hubungan antara pembelajaran dan hasil belajar berbentuk hubungan lurus. Banyak hal yang dapat mempengaruhi prestasi siswa. Arikunto 2004:2 menyebutkan bahwa pembelajaran bukanlah satu-satunya penentu keberhasilan dalam mencapai prestasi belajar. Ada hal lain yang juga mempengaruhi prestasi belajar siswa, hal lain ini adalah merupakan faktor eksternal siswa :


a.Keadaan fisik dan psikis siswa, yang ditunjukkan oleh IQ (kecerdasan intelektual), EQ (kecerdasan emosional), kesehatan, motivasi, ketekunan, ketelitian, dan minat.
b.Guru yang mengajar
Seperti latar belakang guru, penguasaan ilmu, kemampuan mengajar, perlakuan guru terhadap siswa.
c.Sarana pendidikan
Meliputi ruang tempat belajar, alat-alat belajar, media yang digunakan guru, dan buku sumber belajar.


Hampir semua perilaku manusia adalah hasil dari proses belajarnya, sehingga dapat dikatakan bahwa proses belajar adalah proses pematangan atau pendewasaan seseorang. Belajar juga didorong oleh kebutuhan atau keinginan yang dimiliki dan dirasakan oleh orang yang bersangkutan.


Sadirman (2004: 95) ”belajar adalah berbuat, berbuat untuk mengubah tingkah laku, jadi melakukan kegiatan.  Tidak ada belajar kalau tidak ada ak-tivitas”.



Gie (1985: 6) “Keberhasilan siswa dalam belajar tergantung pada aktivitas yang dilakukannya selama proses pembelajaran. Aktivitas belajar adalah segenap rangkaian kegiatan atau aktivitas secara sadar yang dilakukan seseorang yang mengakibatkan perubahan dalam dirinya, berupa perubahan pengetahuan atau kemahiran yang sifatnya tergantung pada sedikit banyaknya perubahan.”



Begitu pentingnya aktivitas siswa dalam kegiatan, sehingga banyak sekali metode pengajaran yang diciptakan lebih ditekankan kearah peningkatan aktivitas belajar siswa yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan hasil belajar.


Metode pengajaran yang telah ditemukan sangat banyak sekali. Semua dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan yang telah dirancang oleh guru. Beberapa metode pengajaran yang sudah ada antara lain adalah Metode ceramah (metode ceramah juga dapat dipadukan dengan metode yang lain), Metode diskusi, Metode resitasi, Metode percobaan, Metode latihan keterampilan, Metode mengajar beregu, Metode mengajar sesama teman, Metode pemecahan masalah, Metode perancangan, Metode Bagian, Metode Global, Metode Discovery, Metode Inquiry, dan salah satunya adalah metode Karya wisata.


Metode karya wisata adalah metode mengajar yang dirancang terlebih dahulu oleh pendidik dan diharapkan siswa membuat laporan dan didiskusikan bersama dengan peserta didik yang lain serta didampingi oleh pendidik, yang kemudian dibukukan. Metode ini lebih kita kenal dengan field trip. Siswa diajak untuk berwisata yang didalamnya termuat unsur pembelajaran. Siswa dapat melakukan pengamatan secara langsung dan dapat berinteraksi langsung dengan sumber belajar dilokasi. Metode karya wisata menawarkan pembelajaran yang menyenangkan karena siswa memperoleh pengetahuan baru langsung dari sumbernya, berbeda ketika mereka hanya membaca melalui buku. Siswa dapat melihat dan membayangkan contoh langsung yang ada didepan mata mereka.


Kelebihan metode karyawisata sebagai berikut :
a. Karyawisata menerapkan prinsip pengajaran modern yang memanfaatkan lingkungan nyata dalam pengajaran.
b. Membuat bahan yang dipelajari di sekolah menjadi lebih relevan dengan kenyataan dan kebutuhan yang ada di masyarakat.
c. Pengajaran dapat lebih merangsang kreativitas anak.


Kekurangan metode karyawisata sebagai berikut :
a. Memerlukan persiapan yang melibatkan banyak pihak.
b. Memerlukan perencanaan dengan persiapan yang matang.
c. Dalam karyawisata sering unsur rekreasi menjadi prioritas daripada tujuan utama, sedangkan unsur studinya terabaikan.
d. Memerlukan pengawasan yang lebih ketat terhadap setiap gerak-gerik anak didik di lapangan.
e. Biayanya cukup mahal.
f. Memerlukan tanggung jawab guru dan sekolah atas kelancaran karyawisata dan keselamatan anak didik, terutama karyawisata jangka panjang dan jauh.


Roestiyah (2001:85) , karya wisata bukan sekedar rekreasi, tetapi untuk belajar atau memperdalam pelajarannya dengan melihat kenyataannya. Karena itu dikatakan teknik karya wisata, ialah cara mengajar yang dilaksanakan dengan mengajak siswa ke suatu tempat atau obyek tertentu di luar sekolah untuk mempelajari atau menyelidiki sesuatu seperti meninjau pabrik sepatu, suatu bengkel mobil, toko serba ada, dan sebagainya.



Roestiyah (2001:85) ,teknik karya wisata ini digunakan karena memiliki tujuan sebagai berikut: Dengan melaksanakan karya wisata diharapkan siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dari obyek yang dilihatnya, dapat turut menghayati tugas pekerjaan milik seseorang serta dapat bertanya jawab mungkin dengan jalan demikian mereka mampu memecahkan persoalan yang dihadapinya dalam pelajaran, ataupun pengetahuan umum. Juga mereka bisa melihat, mendengar, meneliti dan mencoba apa yang dihadapinya, agar nantinya dapat mengambil kesimpulan, dan sekaligus dalam waktu yang sama ia bisa mempelajari beberapa mata pelajaran.


Agar penggunaan teknik karya wisata dapat efektif, maka pelaksanaannya perlu memperhatikan langkah-langkah sebagai berikut:
a.Persiapan, dimana guru perlu menetapkan tujuan pembelajaran dengan jelas, mempertimbangkan pemilihan teknik, menghubungi pemimpin obyek yang akan dikunjungi untuk merundingkan segala sesuatunya, penyusunan rencana yang masak, membagi tugas-tugas, mempersiapkan sarana, pembagian siswa dalam kelompok, serta mengirim utusan.
b.Pelaksanaan karya wisata, dimana pemimpin rombongan mengatur segalanya dibantu petugas-petugas lainnya, memenuhi tata tertib yang telah ditentukan bersama, mengawasi petugas-petugas pada setiap seksi, demikian pula tugas-tugas kelompok sesuai dengan tanggungjawabnya, serta memberi petunjuk bila perlu.
c.Akhir karya wisata, pada waktu itu siswa mengadakan diskusi mengenai segala hal hasil karya wisata, menyusun laporan atau paper yang memuat kesimpulan yang diperoleh, menindaklanjuti hasil kegiatan karya wisata seperti membuat grafik, gambar, model-model, diagram, serta alat-alat lain dan sebagainya.



Karya wisata dapat mengatasi kebosanan siswa belajar dalam ruang kelas. Karya wisata juga mampu memberi penguatan memory yang lebih dibandingkan dengan hanya membaca buku. Namun sebagai guru harus ingat bahwa kekurangan yang ada dalam metode karya wisata harus diminimalkan. Selama ini karya wisata lebih condong kearah wisatanya saja, maka guru harus pintar-pintar dalam perencanaan sebelum penerapan metode ini. Diperlukan adanya tujuan yang jelas. Hasil pengamatan atau observasi yang telah dilakukan siswa harus ditagih dan perlu adanya evaluasi dan penilaian dari kegiatan karya wisata. Hal ini akan meminimalisir anggapan bahwa karya wisata lebih condong kearah wisata tanpa belajar.


Setiap metode terdapat keunggulan dan kelemahan. Pemanfaatan metode yang akan digunakan harus sesuai dengan karakteristik materi yang akan diajarkan. Jadi tidak boleh asal dalam menentukan metode mengajar.


Jadilah guru yang kreatif. Selalu tingkatkan minat belajar siswa.

Kamis, 24 Februari 2011

Ide gila

Ide gila muncul ketika saya suka nonton acara uya emang kuya. Menurut saya acara tersebut lebih dari sekedar acara hiburan semata. Buat saya acara tersebut dapat saya anggap sebagai acara motivasi. Ya motivasi !!! Terdengar aneh memang, motivator seharusnya seseorang seperti Mario Teguh dengan acaranya “Golden Ways”. Ya tiap orang mempunyai pandangan yang berbeda dan menarik tentunya. Melalui acara Uya ini mari coba kita lihat nilai yang lebih dalam lagi. Sebuah kejujuran yang sangat layak untuk di junjung tinggi. Terlepas dari polemik asli atau tidaknya acara tersebut bagi saya terdapat pelajaran yang begitu berarti, bagaimana kita harus jujur terhadap orang tua kita, teman, orang yang sangat kita cintai, bahkan jujur terhadap diri kita sendiri. Lakukan yang menurut kata hati kita benar, jangan tergoda dengan bujukan setan yang selalu berbisik di telinga kita agar kita menyakiti dan mengecewakan orang –orang disekeliling kita.

Budaya sopan santun sangat lekat dengan jatidiri bangsa Indonesia. Dari kecil para orang tua selalu mengajarkan anak-anaknya untuk selalu berkata jujur dan jangan pernah berbohong. Namun seiring dengan bertambah dewasa seseorang, ternyata ajaran tersebut kadang terlupakan. Yang saya sebut sebagai ide gila diawal tadi adalah sepertinya seru ya kalau para pejabat kita yang terlibat kasus korupsi ditemuin aja sama si Uya. Cukup dengan perintah “jika anda melihat api maka anda akan tertidur”.Sekali Tanya maka semua akan terbeberkan secara jelas dan gamblang. Sang pejabat yang nakal akan dengan senang hati menceritakan segala kebusukannya yang dilakukan tidak jujur kepada rakyatnya sendiri yang telah mempercayainya dengan sepenuh hati untuk memperjuangkan hak mereka di panggung pemerintahan. Tanpa harus melalui persidangan dan perdebatan yang panjang yang terkadang membuat masyarakat luas semakin bingung dengan alur permasalahan yang sebenarnya.

Ya anda benar, itulah kenapa hal tersebut saya sebut dengan ide gila. Negara kita adalah Negara hukum, tentunya semua perkara akan di adili sesuai dengan hukum yang ada. Hanya saja seperti yang saya katakan semakin dewasa negeri ini, semakin banyak yang harus diingatkan kembali. Hal yang sangat dasar adalah kejujuran dalam diri sendiri. Dengan terkuaknya kasus Gayus Tambunan membuat masyarakat semakin tidak percaya dengan penegak hukum yang ada. Ini menjadi tugas yang sangat berat bagi pemegang pimpinan, karena untuk mengembalikan kepercayaan rakyat sangat sulit. Bukannya tidak mungkin, tetapi kepercayaan yang sudah hilang bagaikan kapas yang tertiup angin. Dia akan dengan cepat terbang dan tidak mudah untuk kembali ketitik semula.

Yang salah bukan hukum, namun oknum yang tidak bertanggung jawab. Lihatlah kerusuhan di Mesir, sesama rakyat saling perang hanya karena mereka terbatasi oleh garis pro dan kontra pemerintahan. Hal yang sama juga pernah terjadi di Negara kita tahun 1998. Saya percaya para penyambung lidah rakyat kita masih ada yang berpihak pada rakyat. Tidak semua pejabat berbuat korup, yang tega menusuk rakyat dari belakang hanyalah segelintir oknum.

Saya hanya ingin mengatakan mari sudahi permainan korupsi ini yang membuat langit Indonesia selalu mendung. Mari para politikus bergandeng tangan tanpa harus melihat dari warna bendera parpol apa dia berasal. Berpikirlah seperti para pemimpin di era Bung Karno, pemikiran mereka hanya satu yaitu mencita-citakan agar Indonesia mendapat tempat di mata Internasional.

Jika anda mempunyai pikiran akan berkata / bertindak tidak jujur maka anda harus berpikir berpuluh-puluh kali sebelum anda benar-benar melakukannya !!!

Gemarlah membaca, Coz . . .

Menulis dan membaca adalah dua hal yang berkaitan. Setiap orang dapat membaca setiap artikel, namun belum tentu dia dapat menulis atau menuangkan tanggapannya kedalam bentuk tulisan yang runtut dan bagus. Suatu ketika saya ngobrol dengan adik saya dan dia mengatakan suka membaca novel. Dia mulai menceritakan satu persatu pengarang yang ia kenal. Dia ingin menjadi pengarang novel rupanya. Yupp… itulah mimpi. “Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia” paling tidak itulah yang dikatakan Giring nidji, atau sebuah iklan yang mengatakan “ ada obsesi, ada jalan”.



Saya ingin mengatakan bahwa membaca adalah hal yang sangat penting. Terutama bagi kita yang masih duduk sebagai seorang akademisi. Membacalah tapi bukan hanya sekedar membaca menghabiskan kata-kata. Pahami setiap apa yang kita baca, berusaha memahami apa yang ingin disampaikan oleh penulisnya. Setiap artikel pasti mempunyai pesan yang ingin disampaikan, cari pesan tersebut!



Setelah anda membaca saya yakin anda menyimpan sebuah komentar di kepala. Coba untuk ungkapkan dalam bentuk tulisan. Untuk orang yang belum terbiasa menulis, memulai menuangkan kata atau kalimat pertama sungguh sulit. Latih dan kembangkan, maka anda akan terbiasa.



Saya cukup senang ketika tahu bahwa adik-adik ku di spema mempunyai Blog. Menurut saya mempunyai Blog bukanlah sesuatu yang dianggap kurang menarik karena mungkin tidak seseru memiliki jejaring sosial yang lain seperti fb, twitter, dll. Tetapi ada satu hal yang ingin saya soroti dari Blog. Ketika kita mempunyai Blog maka otomatis kita akan mengisinya atau posting. Blog bersifat pembagi informasi. Menurut pandangan saya Blog sangat bagus untuk mengasah kemampuan kita dalam menulis. Melalui hal kecil ini kita dapat membuka pengetahuan baru yang kita miliki. Mem-posting mau tidak mau kita harus banyak membaca terlebih dahulu, kita harus memperluas wawasan untuk menyajikan informasi. Atau melalui hal kecil yaitu menulis tanggapan /komentar tentang informasi yang diangkat oleh teman kita di Blog lain. Membuat Blog merupakan salah satu hal kreatif yang bermanfaat. Tuangkan pemikiran kita akan tetapi bukan sebagai suatu jiplakan/plagiat.



Berikut ini saya mempunyai artikel yang di tulis oleh Bapak Marjohan, M. Pd salah satu guru SMA 3 Batusangkar. Artikel ini dituliskan oleh beliau yang kemudian dimuatnya dalam sebuah situs. Dari artikel tersebut kita akan sama-sama belajar pengembangan diri melalui membaca dan menulis. Hal ini akan memperkuat keyakinan kita akan pentingnya membaca. Data statistik menunjukkan minat membaca rakyat Indonesia masih sangat rendah dan jauh jika dibandingkan dengan Negara di kawasan Asia tenggara. Negara-negara tetangga menganggap koran sebagai makanan utama yang harus ada setiap harinya. Indonesia ??????? ya…..tahu sendirilah, mungkin kita juga adalah salah satunya.



Jadilah orang yang produktif, jangan bangga jadi orang pasif. Mari bergerak untuk negri ini. Jangan mau kita dicerca oleh Negara tetangga. Buat Ir. Soekarno tersenyum di alam sana, jangan buat ia menangis karena menitipkan Negara ini kepada generasi yang salah. Mari bergerak mulai dari diri kita sendiri. Inspirasi dapat datang dari mana saja, internet dapat kita jadikan buku yang tak terbatas halamannya. Selamat membaca, semoga dapat mendatangkan inspirasi baru untuk anda. Jika anda seorang guru yang membaca artikel Pak Marjohan, M. Pd, jadilah guru yang kreatif, ajak siswa anda berprestasi sesuai dengan bakat dan minat yang dimilikinya, jadilah motivator untuk mereka, ajarkan mereka untuk membuka pikiran. Jika anda adalah seorang siswa yang membaca artikel ini, temukan bakat dan minatmu, mulailah belajar membudidayakan membaca dalam diri kita. Baca dan rasakan luapan semangat baru yang muncul ……

-----------------

Langkah-Langkah Menjadi Penulis
Dan Manfaatnya Dalam Pengembangan Diri

Oleh: Marjohan M.Pd
Guru SMAN 3 Batusangkar
marjohanusman@yahoo.com

Menulis adalah aktifitas yang sulit bagi sebagian orang. Banyak orang mengatakan bahwa menulis itu sungguh sulit. Ada yang mengatakan tidak punya waktu untuk menulis, kalau menulis mata menjadi berair. Ada pula yang senang berlindung berlindung dibalik alasan dan kata “tapi”. Saya ingin menulis tapi sibuk, saya ingin menulis tapi anak sering mengganggu, saya ingin …”tapi”, dan masih ada belasan alasan dibalik kata “tapi”.

Bagi saya sendiri pada mulanya juga beranggapan bahwa menulis itu juga sulit. Beruntung saya berlangganan majalah Kawanku saat belajar di SMP Negeri 1 Payakumbuh di tahun 1980an. Ada profil Leila Chudori Budiman (yang kemudian sering menulis dalam Koran Kompas) pada majalah tersebut dan bercerita bagaimana ia bisa menjadi penulis. Saat itu saya berfikir “wah enak sekali ya menjadi penulis, bisa menjadi orang ngetop, punya banyak teman dan mendapat bonus”.

Rasa ingin tahu saya tentang bagaimana menjadi penulis terobati saat saya berkenalan dengan berbagai buku biografi para penulis. Ada tetangga saya, Bapak Maran mantap Camat di kota Payakumbuh yang bisa bermain biola dan memiliki koleksi buku-buku. Maka saya sangat suka membaca biografi Ernest Hemingway, Zakiah Daradjat, Buya Hamka dan beberapa biografi penulis novel dan saya menjadi tahu bahwa untuk.

Saat saya remaja, tidak banyak godaan untuk tumbuh dan berkembang. Tidak banyak stasium televisi dan program yang mengganggu kosentrasi belajar, kecuali hanya tayangan televisi. Tidak ada HP kamera untuk diotak atik dan juga tidak ada VCD player untuk home theatre, apalagi computer, laptop dan internet seperti zaman sekarang. Oleh karena itu saya bisa berlatih banyak dan saya mempunyai lusinan buku diari yang penuh dengan coretan-coretan mimpi dan pengalaman.

Pulang sekolah saya terbiasa menulis. Saya merasa sebagai siswa yang paling jago dalam segala hal. Saya jago dalam bidang olah raga, jago matematik dan beberapa mata pelajaran lain, jago dengan bahasa Inggris dan semua teman kagum pada saya. Saya juga jatuh cinta dengan teman sekelas. Mimpi dan ilusi saya sebagai orang yang paling jago saya paparkan dalam buku tulis. Apabila selesai menulis, maka saya serahkan pada teman yang gemar membaca namun tidak bisa menulis. Kadang-kadang saya juga mengundang adik-adik dan anak tetangga untuk mendengar kisah kisha cinta yang saya tulis.

Bertambah umur tentu bertambah pula pengalaman hidup. Saat kuliah di UNP (saat itu IKIP Padang) saya bekerja paruh waktu sebagai pemandu wisata. Ada pengalaman suka duka selama menjadi guide; dibentak oleh bule-bule, karena mereka tidak memakai bahasa Inggris, atau memperoleh uang tip dari perusahaaan. Pengalaman tersebut juga saya tulis pada buku diari.

Membaca banyak buku, artikel dan fikiran-fikiran orang lain tentu bisa membuat tulisan lebih berkualitas. Tahun 1997, saya memutuskan untuk menjadi pembaca yang baik. Saya berlatih, membuat target untuk membaca 100 halaman setiap hari. Banyak membaca tentu akan membuat tulisan lebih menarik, saya bisa memaparkan banyak ilustrasi dan contoh-contoh dalam kehidupan.

Tahun 1990-an, saya menajdi guru di SMAN 1 Lintau. Saya tidak ingin menjadi guru kebanyakan yang aktifitasnya sangat monoton dan tidak bervariasi- pulang ke sekolah, masuk kelas dan mengajar dengan metode konvensional. Saya ingin menjadi guru dengan kepintaran berganda- guru, menguasai bidang studi, menguasai seni berkomunikasi, menguasai bahasa asing yang lain dan trampil dalam menulis. Untuk itu saya membaca banyak buku seputar paedagogy, psikologi, filsafat, biografi dan kisah kisah pencerahan dari orang lain. Akhirnya kemampuan dan energi menulis saya makin meningkat.

Setiap minggu saya mampu menulis satu atau dua artikel per-minggu. Saya memutuskan untuk mempublikasikanya pada Koran-koran di Sumbar. Saat itu ada tiga Koran yaitu Canang, Haluan dan Singgalang. Tahun 1992 tulisan saya pertama terbit di Koran Singgalang engan judul “Melacak pergaulan remaja dan tidak perlu frustasi bila gagal masuk perguruan tinggi”. Saya sangat bahagia dan energi menulis semakin bertambah, saya terus mengirim artikel ke Koran-koran. Bila dipublikasi saya tentu senang dan kalau ditolak saya berusaha untuk tidak kecewa apalagi sampai menjadi frustasi. Frustasi tentu bisa membunuh kreatifitas menulis dan energi untuk melakukan aktifitas lain.

Di awal tahun 1990-an ada beberapa orang asing dari Perancis- Francoise Brouquisse, Anne Bedos dan Louis Deharveng. Mereka bertugas di LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) Jakarta dan melakukan penelitian tentang hutan tradisionil di Lintau. Orang- orang Perancis tersebut kemudian menjadi teman baik saya dan mereka datang ke Sumatra dan berkunjung ke Rumah saya. Mereka membatu saya dalam mempelajari bahas Perancis dan meminta saya menulis untuk dipublikasi dalam. Dengan demikian tulisan saya tentang parawisata juga dipublikasi pada journal mereka, speleologie,di kota Tarbes, Perancis.

Ternyata ada manfaat menulis dalam pengembangan karir saya sebagai guru. Tahun 1998 ada seleksi guru teladan (sekarang guru berprestasi). Porto folio penuh dengan klipping artikel-artikel dan tulisan saya dalam bentuk lain, seperti resensi buku. Kemampuan menguasai dua bahasa asing, Inggris dan Perancis, dan skor ujin tulis membuat saya bisa mewakili kecamatan Lintau Buo dan selanjutnya untuk tingkat Kabupaten Tanah Datar untuk seleksi guru Teladan. Di tingkat Provinsi, saya masuk nominasi dan akhirnya tahun 1998 saya tercatat sebagai guru teladan Sumatera Barat dalam usia tiga puluh tahun.

Tahun 2005, saya mutasi ke kota Batusangkar dan bertugas di sekolah baru pada sekolah “Pelayan Unggul” satu atap SMP-SMA unggul, yang mana kemudian berubah nama menjadi SMP Negeri 5 Batusangkar dan SMA Negeri 3 Batusangkar. Berdomisili di kota batusangkar membuat saya mudah bersentuhan dengan tekhnologi- computer dan internet. Saya terus menulis dan menyalurkan tulisan lewat internet, mengirim artikel ke berbagai Koran lewat e-mail. Kemudian saya juga membuat situs gratisan lewat blogspot. Sebetulnya ada beberapa bentuk blog gratisan lain seperti wordpress dan multiply. Namun saya suka fitur blogspot. . Situs saya bernama http://penulisbatusangkar.blogspot.com/

Tahun 2006, saya memperoleh beasiswa untuk mengikuti program pascasarjana di Universitas Negeri Padang. Kemampuan menulis membuat kuliah lancar dan saya bisa selesai pendidikan pada Pascasarjana. Kemampuan menulis membuat tesis saya bisa selesai lebih cepat, saya wisuda pada pertengahan tahun 2008.

Issue sertifikasi untuk guru professional pun bergulir dan segera menjadi realita. Bagi yang mampu memenuhi angka atau skor porto folio bisa lulus dan memperoleh sertifikasi sebagai guru professional. Saya mengetik ulang semua artikel yang pernah diterbitkan pada Koran-koran. Artikel yang telah diketik ulang saya kirim lagi ke Koran, tentu saja diedit lagi. Semuanya terbit lagi dan saya memperoleh honorarium lagi. Saya juga mempostingkan tulisan tadi dalam blogspot saya dan kumpulan artikel yang pernah dipublikasikan membuat saya bisa lulus sertifikasi lewat portofolio. Betul-betul dana sertifikasi yang telah saya terima membuat saya dan keluarga menjadi lebih sejahtera, bisa membeli laptop dan memperbaiki bangunan rumah.

Saya ingin menjadi penulis buku dan tidak harus menulis buku tebal dari awal sampai akhir sebanyak 250 halaman. Saya menseleksi beberapa tulisan yang sama temanya menjadi satu buku. Temanya tentang pendidikan dan saya beri judul: SCHOOL HEALING MENYEMBUHKAN PROBLEM PENDIDIKAN. Bulan Februari 2009 ini saya punya rencana untuk menyerahkan pada teman untuk diterbitkan di Provinsi Riau, namun lebih dahulu ada telepon dari Jogjakarta- penerbit Pustaka Insan Madani- ingin mencetak dan meberbit naskah buku atau tulisan saya. Saya menyetujui. Insyaallah, menurut pihak penerbit bahwa dalam bulan Agustus 2009 ini buku saya sudah siap cetak dan siap untuk diluncurkan untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Moga-moga bermanfaat oleh masyarakat.

Kemampuan menulis ternyata adalah sebuah keterampilan. Semua orang bisa menjadi penulis asal dia banyak berlatih dan menyenangi aktifitas menulis. Menulis bisa mendatangkan manfaat. Penulis bisa berbagi ide dan opini dengan pembaca, bisa memperoleh honor dan sangat membantu bagi guru untuk memperoleh skor portofolio untuk sertifikasi guru. Penulis artikel bisa mengembangkan diri menjadi penulis buku dan memperoleh royalty pada akhir tahun.