Rabu, 24 Agustus 2011

Hilang Arah

Pada sebuah perjalanan rutin mingguan saya tak sengaja melihat baliho iklan sebuah merk rokok yang bertuliskan “Hilang arah, go a head”. Sepintas kata-kata tersebut terasa menggelitik dan memaksa kita untuk tersenyum kecil. Yup….itulah bahasa periklanan. Tak semuanya harus tercetak gamblang maknanya. Iklan adalah permainan kata. Menarik konsumen tentu adalah tujuan utamanya. Terutama bagi merk rokok tersebut yang memang ditujukan untuk selera anak muda.

Dunia periklanan bagi saya sangat menarik. Iklan direncanakan dengan matang bahkan dilakukan survey dalam pembuatannya. Iklan harus sesuai dengan karakter produk. Namun saya disini sedang tidak membahas proses penciptaan sebuah iklan. Saya tertarik untuk melihat kata-kata dari iklan rokok tersebut. Life is not a fairy tale man. Bahkan dalam kehidupan nyata seorang pahlawan dapat tewas. Itulah kenyataannya. Terkadang kita merasa semua orang yang kita cintai ada di samping kita, namun dilain waktu dengan tiba-tiba mereka dapat saja hilang tanpa kabar. Terkadang kita sedang berada dititik puncak kehidupan, namun dalam waktu yang singkat pula kita dapat merasakan kita berada di titik terbawah dari kemampuan kita. Kemarin kita tertawa, namun sekarang kita bersedih. Hidup seakan kejam dan mempermainkan kita. Saya yakin semua orang pasti pernah merasakan itu. Serasa kita adalah orang bodoh sedunia dan terasa rapuh tak punya gairah hidup.

Ada pepatah bijak mengatakan keraslah terhadap diri maka kehidupan akan lembut terhadap diri kita, namun jika kita lembek pada diri maka kehidupan akan keras kepada kita. Seakan terdengar seperti pilihan. Buat saya kehidupan memang sebuah pilihan, menyesal telah hidup atau bahkan menyesal untuk mati. Tuhan memiliki pemikiran yang berbeda dengan makhluknya. Apa yang terbaik menurut kita, belum tentu terbaik menurut Nya. Terkadang kita tak pernah mengerti kenapa semua selalu gagal. Ya…….jawabannya sangat sederhana, karena Tuhan tak menginginkan hal itu terjadi pada kita. Memang kita pelan-pelan dapat menerima kenyataan, walaupun susah dan walaupun pada awalnya kita harus belajar untuk menerima kenyataan. Belajar menerima kenyataan itu sangat sangat sangat sulit dan menyakitkan. Kesedihan seakan menjadi jalan terbaik untuk menerima kegagalan. Larut dalam kesedihan terasa lebih enak dari pada harus bangkit melawan keterpurukan.

Hanya sekedar bicara memang gampang dibandingkan dengan praktek. Saya yakin, seterpuruk apapun seseorang pasti dalam hatinya dia ingin sekali untuk bangkit melupakan rasa sakitnya. Jika penderitaan itu masih fresh ya silahkan nikmati saja dulu. Itu hak anda, hati manusia tak terbuat dari batu. Tapi ketika anda telah mendapatkan kerinduan untuk bangkit maka cobalah. I know…..it’s really hard. Tapi hal itu lebih baik dari pada anda sama sekali tak pernah menemukan kerinduan untuk bangkit. Setidaknya anda tahu hidup itu up and down. Hidup dalam keterpurukan akan membuat kita “mati” selama-lamanya. Belajarlah menerima kenyataan. Semua yang kita inginkan tak akan selamanya dapat kita miliki. Ada saatnya kita harus menyimpan semua itu dalam memory kita sebagai mimpi, kecuali Tuhan berbaik hati dan dengan segera memberikan apa keinginan anda.

“Hilang arah, go a head” itulah yang sedang ku coba !!!! Seterpuruk apapun kita, jangan lupa ucapkan syukur kepada Tuhan.

Sabtu, 30 Juli 2011

Cepat Di Buka !!!!!

Buka blog berikut dan nikmati sensasi the real writer!!!!!!
Anda seakan menjadi saksi mata disetiap peristiwa.
http://priyatmaja.blogspot.com/2011/07/sejarah-perkereta-apian-di-rembang.html

Fitness Saat Bulan Puasa

Pada kali ini saya akan mencoba untuk membagikan artikel yang saya baca dan menurut saya ini sangat penting dan bermanfaat terutama bagi para penggemar fitness. Artikel ini saya membaca di http://duniafitnes.com/training-program/fitnes-dan-puasa/fitness-dan-puasa.html. Disana disajikan secara lengkap mengenai hal-hal yang berhubungan dengan fitness. Coba anda buka web tersebut dan temukan kelengkapan dunia fitness. Saat ini tepat sekali jika kita membicarakan Puasa, karena tinggal hitungan jari kita para umat Muslim akan melaksanakan kewajiban. Hal ini tentunya akan mempengaruhi segala aktivitas kita sehari-hari. Jika pada bulan-bulan sebelumnya kita bebas untuk makan dan minum (yang notabene makanan adalah sumber tenaga bagi kita) maka pada bulan Puasa ini kita harus stop makan untuk beribadah. Tentunya asupan tenaga yang anda miliki akan secara otomatis terbatas pada makan sahur dan berbuka Puasa. Anda harus pintar-pintar mensiasati agar semua kegiatan yang anda rencanakan dapat berjalan dengan lancar. Mungkin bagi anda penggemar fitness, anda akan merencanakan ulang jadwal latihan anda pada bulan Puasa. Bulan Puasa apakah kita harus stop olah raga??? Oh tentu tidak……..anda dapat berolah raga yang anda sukai (jogging, sepeda, senam, sepak bola, dan fitness tentunya) namun dengan sedikit kemasan yang berbeda. Anda dapat melakukan olah raga pada bulan Puasa namun dengan gerakan yang sederhana dan tidak terlalu memaksa. Sekali-lagi hal ini disebabkan karena asupan tenaga anda hanya pada makan sahur dan berbuka. So jangan memaksakan berlatih terlalu keras seperti pada bulan biasanya, karena hal itu tidak baik untuk kekuatan tubuh anda dan tentunya akan menggangu ibadah Puasa anda. Berikut ini artikel yang membahas olah raga Fitness pada masa bulan Puasa….
________________
Bagi fitness mania dan binaragawan yang beragama Islam, wajib hukumnya untuk menjalankan ibadah puasa. Ibadah puasa mewajibkan untuk menahan segala hawa nafsu termasuk nafsu makan dan minum mulai dari sebelum terbit matahari sampai terbenam matahari selama sebulan penuh. Akibatnya, selama bulan berpuasa tersebut, banyak fitness mania menghindari fitnes dan pola makan yang sudah dijalankan sebelumnya dengan berbagai alasan yang berkaitan dengan asupan nutrisi dan tenaga yang berkurang. Padahal tidak seharusnya demikian, karena semua itu bisa diatasi dengan pola makan dan latihan yang benar saat berpuasa.
Bagaimana program fitness saat berpuasa?
Berpuasa dapat membantu program diet Anda untuk membuang lemak yang berlebih sekaligus tetap mempertahankan massa otot, asalkan mengikuti pola makan dan latihan yang benar. Selain itu, fitnes saat berpuasa justru dapat menjadikan tubuh tetap bugar dan fit ketika beraktifitas sehari-hari. Anda dapat terus berlatih beberapa saat sebelum berbuka puasa dan pada malam hari. Berlatih sebelum berbuka justru akan membakar lebih banyak lemak tubuh. Namun beri waktu off latihan bagi tubuh untuk beristirahat 1-3 hari dalam seminggu.
Dalam program pembentukan badan, Anda perlu memperhatikan 4 poin:
1. Pola Makan yang disiplin, artinya makan 5-6x sehari, tinggi protein, rendah karbohidrat dan rendah lemak. Tujuannya untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan menajamkan massa otot kita.
2. Pola Latihan yang rutin, artinya menu latihan dalam seminggu rata untuk semua bagian otot kita. Contohnya kita ingin membentuk otot perut tapi tetap perlu memperhatikan latihan kaki. Selain itu, usahakan selalu mendahulukan otot besar (dada, punggung, bahu, kaki) baru otot kecil (lengan, perut dan betis) saat melatih dalam 1 sesi.
3. Pola Istirahat yang cukup, artinya kita merusak otot dalam sesi latihan dan istirahat memperbaiki otot kita menjadi lebih besar dan kuat. Sehingga kualitas dan kuantitas istirahat yang tinggi akan sangat membantu kita mencapai tujuan.
4. Pola Suplemen yang jitu, artinya kita mesti jeli memilih jenis suplemen yang akan membantu program kita. Contoh suplemen yang penting dalam pembentukan badan adalah Protein (amino atau whey protein).
Pola Makan
Menjaga massa otot agar tetap tebal pada bulan puasa adalah hal yang sulit. Pola makan 3-6 kali yang biasa dijalankan sehari-hari tidak akan bisa diterapkan. Lantas bagaimana mencegah penyusutan otot (katabolisme) pada saat berpuasa? Anda bisa mengakalinya dengan mengkonsumsi berbagai makanan berserat yang lebih lamban dicerna seperti berbagai macam sayur-sayuran dan buah-buahan. Ingat, hindari makanan manis dengan Glycemic Index (GI) yang sangat tinggi saat berbuka puasa. Konsumsi makanan manis saat kondisi perut yang kosong dapat memicu respon insulin yang tinggi sehingga bereaksi menyimpan makanan sebagai lemak tubuh. Lebih baik mengawali buka puasa dengan minum air putih. Pilihlah konsumsi karbohidrat kompleks dan konsumsi sayur sehingga Anda merasa kenyang lebih lama.
Ikuti contoh pengaturan pola makan, suplementasi, dan latihan di bawah ini yang dirancang khusus saat Anda sedang menjalankan ibadah puasa.
Contoh Pola Makan Menu Buka Puasa
• 50-80 gram beras merah
• 100 gram dada ayam / ikan / sapi
• 100 gram sayuran
• 2 butir Daily Complete Formula
Sebelum Latihan (malam hari setelah buka puasa)
• 1 buah pisang
(Latihan maksimal 1 jam) Sesudah Latihan
• 1 scoop Prostar Whey Protein
• 3 butir BCAA
Snack Malam
• 2 potong roti gandum + selai kacang
• 1-2 buah apel / pir / jeruk
Sebelum Tidur
• 1 scoop Protein Sensation 81
Menu Sahur
• 50-80 gram beras merah
• 100 gram dada ayam / ikan / sapi
• 100 gram sayuran
• 1 scoop Protein Sensation 81
• 2 butir Daily Complete Formula
Catatan:
• Makanan yang ideal adalah rendah lemak, rendah karbohidrat dan tinggi protein. Jenis makanan berlemak adalah yang digoreng, jenis makanan yang memiliki sifat karbohidrat simple adalah nasi putih, roti putih, gula, kue, es krim dan biscuit; sedangkan karbohidrat yang bisa dikonsumsi adalah karbohidrat complex seperti nasi merah, oatmeal, ubi, roti gandum. Makanan berprotein adalah ayam, ikan, sapi, putih telur, tahu tempe.
• Pengolahan daging boleh dimasak dengan direbus, dibakar, atau dipanggang asal tidak digoreng dengan minyak, menggunakan bumbu sarat lemak atau menggunakan gula. Garam diperbolehkan, tetapi dalam jumlah yang sangat kecil (garam diet lebih disarankan).
• Porsi menu diatas dapat disesuaikan dengan ukuran tubuh Anda.
• Waktu untuk mengkonsumsi menu diatas tidak mengikat, dapat disesuaikan bagi yang latihan di pagi hari. Yang penting usahakan makan 5-6x sehari dalam porsi yang kecil.
• Saat sahur sebaiknya jangan konsumsi makanan/minuman yang manis karena malah akan membuat Anda lapar / haus di siang harinya.
SUPLEMENTASI
Suplemen utama dalam masa puasa adalah protein yang berjenis time release protein; artinya adalah protein yang penyerapannya secara berkala. Contohnya adalah Protein Sensation 81, Isomass Extreme Gainer, Muscle Juice. Dibutuhkan yang penyerapan berkala mengingat pada masa puasa, jarak antara buka dengan sahur cukup panjang sehingga otot membutuhkan asupan yang berkala agar tidak deplete.
Protein Sensation 81 / Isomass Extreme Gainer / Muscle Juice
Merupakan jenis whey protein dan weight gainer yang time release protein. Proteinnya terdiri dari bermacam-macam jenis yang memungkinkan diserap otot dalam kurun waktu yang berbeda. Ada yang penyerapannya cepat, sedang dan lambat; rata-rata waktu penyerapan totalnya sekitar 6-8 jam, sehingga memungkinkan dalam waktu tersebut otot kita masih anabolic. Cukup membantu dalam masa puasa agar otot tidak deplete.
BCAA
Merupakan asam amino yang diproduksi oleh tubuh kita namun paling cepat habis saat latihan. BCAA ini berperan menjaga otot agar tetap anabolic. Otot bisa menjadi katabolic (lawannya anabolic) atau menyusut saat mendapatkan stress berkepanjangan baik dari latihan yang berat atau asupan yang tidak teratur waktunya (masa puasa). Oleh karena itu, asupan BCAA dari luar dibutuhkan untuk membantu tubuh agar tercipta suasana anabolic dan otot tidak menyusut.
Daily Complete Formula
Merupakan suplemen multivitamin & multimineral berbentuk tablet.
Fungsi utamanya adalah memenuhi asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh kita sehari-hari yang pasti tidak tercukupi dari makanan. Asupan protein yang kita konsumsi sehari-hari tidak akan semuanya diserap apabila organ kita tidak optimal, kebutuhan vitamin dan mineral yang tercukupi akan membantu kerja organ tubuh kita lebih optimal. Suplemen ini sering diabaikan namun tubuh sangat membutuhkan terutama dalam program diet dan latihan yang keras. Jadi pertimbangkan untuk menambahkan suplemen ini dalam menu Anda.
POLA LATIHAN

Pola latihan pada masa puasa agak sedikit berbeda dengan program lainnya. Di sini mengutamakan recovery otot yang bagus, dengan demikian diaturkan 3x seminggu latihan agar kondisi otot tidak capek dan deplete. Pola latihannya merupakan gabungan 2 otot besar sekaligus dengan masing-masing 2 alat 2 set; di sini cenderung digabung otot yang latihannya berlawanan, seperti dada – punggung, bisep – trisep dengan harapan agar waktu yang tersedia cukup untuk melatih otot secara optimal.

Inti dari berpuasa adalah pengendalian diri dari segala godaan nafsu termasuk nafsu makan yang berlebihan. Menjaga kebugaran tubuh dengan aktifitas fitnes saat berpuasa akan menjadikan bulan puasa Anda memiliki nilai lebih karena Anda akan menjalani ujian ganda yaitu berlomba untuk mendapatkan pahala dari ibadah puasa itu sendiri dan berlomba untuk tetap menjaga tubuh fit dan bugar. Plus itung-itung menunggu waktu berbuka puasa juga bukan? Jadi, selamat berfitnes dan selamat berpuasa!

Harga Yang Harus Di Bayar Dari Sebungkus Rokok

Sungguh ironis ketika kita melihat anak-anak usia SMP telah memegang rokok ditangan mereka. Yup itulah realita. Sekarang ini setiap anak yang sudah mulai menginjak remaja mereka sangat rentan sekali terhadap godaan merokok. Sering kita menemukan mereka saat bersama teman-temannya yang masih lengkap mengenakan seragam sekolah merokok sambil asyik bercanda tawa.

Tidak dipungkiri godaan tersebut datang bersamaan saat mereka mulai banyak mengenal teman. Pergaulan yang semakin luas dan tentunya terdapat ajakan atau hanya sekedar meniru teman-temannya yang telah merokok. Berawal dari coba-coba dan karakter mereka yang memang masih labil mengantarkan mereka kegerbang “asap kematian”. Lingkungan mempunyai peran yang sangat kuat dalam membentuk karakter seorang anak. Pengawasan orang tua memang sangat diperlukan sekali sebagai kontrol dan pembimbing mereka kearah yang benar. Pada saat pertama kali mereka merokok memang dilakukan secara tersembunyi dan tak ada orang yang tahu kecuali teman sepermainan mereka. Remaja sangat pintar dalam merahasiakan atau memendam apa yang mereka tidak ingin ceritakan kepada orang lain. Termasuk kepada orang tua, apalagi dalam hal merokok. Mereka tahu hal itu sangat dilarang oleh orang tua mereka dan mereka tidak akan “bunuh diri” dengan menceritakan bahwa mereka telah merokok. Kebanyakan orang tua mengetahui anaknya telah merokok karena menemukan rokok didalam tas atau kamar yang disebabkan keteledoran sang anak.

Orang tua merasa kecolongan dan merasa telah dibohongi oleh anak sehingga pada kebanyakan kasus, para orang tua langsung memarahi anak dan menghukumnya. Hal ini memang wajar, namun hendaknya tindak lanjut dari sikap tersebut harus diperhatikan. Orang tua silahkan marah pada saat pertama mengetahui hal terebut, namun setelah emosi telah hilang mari anak kita ajak duduk bersama dan kita berikan pengarahan supaya tidak merokok lagi. Mari kita minta dengan kesungguhan hati agar merekapun dapat merasakan apa yang kita harapkan.

Rokok dinilai mempunyai banyak pengaruh buruk. Selain dari segi kesehatan, merokokpun tidak baik untuk keuangan keluarga (apalagi bagi seorang siswa yang masih sekolah yang belum berpendapatan dan bagi para keluarga ekonomi kelas menengah kebawah), sampai-sampai rokok dianggap sebagai pintu gerbang narkoba. Semua pendapat tersebut sangat cukup untuk menggambarkan bahwa merokok sangat merugikan.

Berikut adalah beberapa penyakit yang disebabkan rokok (tembakau merupakan faktor risiko untuk sekurang-kurangnya 25 jenis penyakit): kanker pundi kencing, kanker perut, kanker usus dan rahim, kanker mulut, kanker esofagus, kanker tekak, kanker pankreas, kanker payudara, kanker paru-paru, penyakit saluran pernafasan kronik, stroke, osteoporosis, penyakit jantung, kemandulan, putus haid awal, melahirkan bayi yang cacat, keguguran bayi, mati pucuk, bronkitis, batuk, penyakit ulser peptic, emfisima, otot lemah, penyakit gusi, kerusakan mata.

Namun tidak hanya perokok saja yang berpotensi terkena beberapa penyakit, bukan perokokpun (perokok pasif) dapat juga terkena dampaknya. Bahkan perokok pasif berdampak dua kali lebih berbahaya terserang penyakit yang diakibatkan rokok. Hal ini dapat terjadi karena perokok pasif sering berdampingan dengan para perokok aktif. Mereka ikut menghirup asap yang dikeluarkan perokok. Berikut adalah kandungan yang terdapat pada asap rokok yang telah dikeluarkan : 2 kali lebih banyak nikotin, 5 kali lebih banyak karbon monoksida, 50 kali lebih banyak kimia, 3 kali lebih banyak tar.

Berbagai jalan telah ditempuh untuk mensosialisasikan bahaya dan efek dari merokok. Mulai dari sekolah, pihak rumah sakit, iklan layanan masyarakat, kemudian untuk beberapa kota telah menerapkan area bebas rokok, sampai-sampai pada beberapa waktu lalu MUI mengeluarkan fatwa bahwa rokok adalah haram hukumnya. Semua hal tersebut dilakukan demi menekan angka ketergantungan terhadap rokok. Hal ini menjadi penting karena survey WHO menyebutkan bahwa di dunia angka kematian yang disebabkan oleh rokok sangat tinggi sekali dan semakin meningkat ditiap tahunnya.

Setelah anda membaca keseluruhan dari artikel diatas, mari :
- Jika anda adalah perokok usia sekolah, maka cermati dalam-dalam semua kemungkinan buruk diatas. Masa depan anda masih sangat panjang. Bayangkan anda mulai kecil telah merasakan rokok dan sudah pasti akan menimbulkan ketagihan karena rokok adalah candu, kemudian apakah anda akan merokok sampai anda dewasa bahkan tua? Berarti anda selama berpuluh-puluh tahun menyimpan potensi kanker.
- Jika anda adalah perokok usia dewasa, maka perhatikan orang-orang yang anda cintai (anak, istri). Mereka tak tahu apa-apa tetapi anda menjadikan mereka berpotensi terkena penyakit bahkan dua kali lebih bahaya dari pada anda. Karena usia anda pada saat ini sudah mencapai usia yang matang, maka silahkan putuskan sendiri mana pilihan anda. Anda dianggap sebagai usia yang telah dapat mempertanggung jawabkan apa yang telah anda pilih.

Saya yakin seorang yang merokokpun tahu akan berbagai risiko yang ada dan dari kebanyakan pengakuan, mereka ingin sekali berhenti karena efek buruk (sesak nafas) telah mereka rasakan. Namun efek dari candu yang selalu membuat ketagihan, menimbulkan rasa tenang, belum dapat mereka kalahkan. Bahkan orang tua yang merokokpun tidak ingin anak mereka merokok seperti orang tuanya.

Bagi anda yang telah dapat berhenti saya ucapkan selamat, bagi yang belum dapat berhenti maka berusahalah demi orang-orang yang kita cintai, dan untuk anda yang tidak merokok maka jangan pernah tergoda.

Menjadi sehat atau sakit adalah suatu pilihan, seperti halnya memutuskan untuk merokok ataupun tidak merokok juga merupakan suatu pilihan.
Kunjungi http://www.youtube.com/watch?v=bsMeFNAHDX8 dan http://www.youtube.com/watch?v=i6tsCdSuFrs&feature=related lalu berikan komentar anda dengan apa yang telah anda lihat.

Rabu, 01 Juni 2011

Grafologi, Ilmu Membaca Kepribadian Melalui Tulisan Tangan

Setiap orang dalam menggoreskan pena pasti akan selalu berbeda antara satu orang dengan orang yang lain. Hasil tulisan tangan yang dihasilkan mempunyai ukuran, ketebalan dan tipe yang berbeda-beda sesuai karakter penulis. Banyak misteri yang terkandung dari goresan tulisan tangan. Ilmu yang mempelajari mengenai makna dari tulisan tangan adalah Grafologi. Ilmu ini sangat unik karena kita dapat melihat karakter/kepribadian seseorang hanya melalui tulisan tangannya. Keunikan ini dapat dimanfaatkan dalam berbagai macam bidang yang memang memerlukan orang yang harus sesuai dengan karakter pekerjaan yang akan diberikan. Tulisan tangan terbentuk dari rangsangan kecil dari otak sehingga sering sekali para ahli grafologis menyebut tulisan tangan adalah “tulisan otak.” Grafologi merupakan sebuah ilmu yang empirik, karena ilmu ini dibuktikan berdasarkan fenomena dalam satu populasi dan ada kuantifikasi hasil atau ada hasil dari uji statistik yang bisa dipertanggung jawabkan.

Mari kita sejenak melihat kebelakang mengenai asal mula Grafologi. Seni membaca kepribadian melalui media tulisan tangan sudah dikenal dan digunakan sejak 6000 tahun yang lalu di peradaban Cina, Yunani dan Romawi. Buku pertama tentang tulisan tangan dibuat oleh seorang Itali, Camillo Baldi pada tahun 1622. Sedangkan penyebutan istilah ‘Grafologi’ diperkenalkan dan dipopulerkan pertama kali oleh Jean Michon, orang asal Prancis, pada abad ke-19. Grafologi sebagai ilmu modern kemudian dikembangkan oleh psikolog Amerika bernama Gordon Allport pada tahun 1930. Tidak diketahui kapan tepatnya ilmu ini masuk ke wilayah Indonesia. Namun diperkirakan ilmu ini masuk seiring masuk dan berkembangnya ilmu psikologi ke Indonesia, yakni di tahun 1950-an.

Grafologi berguna untuk menebak kepribadian seseorang. Informasi tentang kepribadian seseorang tersebut tentunya dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan. Dalam proses rekrut pegawai misalnya, grafologi dapat dijadikan sebagai salah satu perangkat seleksi. Di dunia pendidikan, grafologi bisa digunakan untuk mendeteksi problema yang sedang dialami peserta didik ataupun dalam mengukur kecerdasan si anak, kita dapat mengetahui bakat dan minat seseorang, pelaku kekerasan disekolah, dan dapat pula digunakan untuk konseling atau BK. Grafologi juga digunakan di bidang kriminalitas, forensik, dan konseling. Analisis tulisan tangan sangat penting dalam menentukan apa ada dokumen yang dipalsukan, karena masih tetap bergantung pada fakta bahwa tiap orang menulis dengan cara yang berbeda dan variasi sekecil apapun bisa diketahui. Grafologi juga bisa digunakan para ahli untuk mendiagnosis penyakit mental, dan bisa digunakan oleh polisi untuk mendapatkan gambaran tentang kesehatan mental dari tersangka. Bahkan di ranah praktek terapi psikis, grafologi dapat pula dijadikan sebagai salah satu metode terapi/rehabilitasi.

Dalam kehidupan sehari-hari Grafologi dapat kita terapkan, misalnya kita bisa menggunakannya untuk mendapatkan ide yang keren tentang karakter dan kemampuan diri kita, dan juga untuk mendapatkan pengertian yang lebih mendalam dari teman dan juga keluarga kita. Kalau anda bisa melihat tulisan tangan seorang cowok atau cewek, ini bisa memberi anda petunjuk seperti seberapa bagus dia bila menjadi teman kencan dan apakah anda berdua akan cocok atau mengalami kendala dalam menjalani hubungan. Begitu banyak hal yang dapat kita peroleh melalui Grafologi. Jika kita adalah orang tua yang mempunyai anak-anak pada usia sekolah, kita dapat memperkirakan profesi yang tepat untuk anak kita kelak saat dia dewasa.

Berikut ini terdapat beberapa jenis tulisan tangan dengan beberapa karakteristik yang dimiliki penulisnya (dari www.widyaprasetya.blogspot.com):
1. BESAR KECILNYA TULISAN
Dilihat dari sudut pandang besar kecilnya tulisan terdapat empat kriteria penting yaitu: kecil, sedang, besar, dan sangat besar.
Tulisan yang berukuran kecil menunjukkan sifat pendiam, sering menyendiri tapi punya otak yang cemerlang dan pikirannya selalu ilmiah. Orang dengan tulisan seperti ini nalarnya logis.
Tulisan tangan yang ditulis kecil-kecil tapi jelas mudah untuk dibaca menunjukkan penulisnya pandai, juga punya konsentrasi kuat, walau sayang tipe ini kadang suka sekali menonjolkan keilmuannya. Sedangkan jika tulisan tangan kecil dan susah membacanya berarti sang penulis adalah orang bertipe mandiri dalam hidupnya.
Tulisan tangan sedang, mengandung makna bahwa penulisannya adalah orang yang sangat terpaku kepada tradisi kuno, atau hal-hal yang bersifat formil modern. Tipe ini sangat jitu dalam penggunaan logika untuk dasar referensi keputusan-keputusannya.
Jenis tulisan tangan yang besar menunjukkan besarnya ambisi seseorang namun murah hati dan selalu ingin dihargai oleh orang lain, di samping suka melebihkan omong-omongan yang kurang perlu. Sedangkan untuk jenis tulisan tangan yang sangat besar menunjukkan bahwa penulisnya sangat hati-hati dalam segala hal, gemar membuat perhatian bagi sekelilingnya, banyak over aktingnya dalam mencari perhatian, ingin selalu tampil di depan, karena dia gemar berpetualang kemana-mana, mengikuti panggilan jiwanya.

2. GAYA TULISAN
Dalam spesifikasi Gaya Tulisan ini terbagi ke dalam lima sub. Masing-masing, adalah:
- Gaya sambung biasa
Orang yang punya model tulisan begini biasanya senang memberi respon pada setiap masalah, bisa menerima ide dari orang lain, mudah bergaul dan disenangi teman. Baginya berbakat untuk menjadi seorang pemimpin.
- Gaya sambung berbentuk petak
Mengandung arti penulisnya mudah dipengaruhi, selalu menilai enteng setiap persoalan, hingga tindakannya kadang terkesan sembrono, tanpa pemikiran matang.
- Gaya Sambung Berliku
Tulisan yang banyak luka-likunya, mengandung makna bahwa penulisnya sangat formil, hati-hati dan sering menonjolkan status, namun umumnya sifat mereka pendiam, gemar menyendiri dan biasanya banyak memiliki keahlian atau bakat.
- Gaya Lurus dan Lancip
Tulisan tangan model demikian menunjukkan penulisnya orang agresif, sangat tekun mengerjakan sesuatu, walau kadang enggan berkompromi dengan orang lain. Bila lancipnya pada huruf awal saja maka pertanda dirinya orang yang banyak mengalami konflik psikologis, sehingga kadang bersikap agresif.
- Gaya Campuran
Bentuk tulisan bersambung yang tak karuan menuliskan cepat, dan kadang sukar membacanya hal ini mengandung arti bahwa penulisnya adalah orang yang biasa berpikir cepat, kreatif tapi paling tersinggung kalau dikritik. Bahkan, bila tidak sesuai dengan kehendaknya jangan harap orang bisa mendapatkan bantuannya karena dia paling doyan mengelak dalam memberi pertolongan.

3. KEMIRINGAN TULISAN
Bentuk kemiringan tulisan tangan, apakah itu miring ke kiri atau ke kanan, atau tegak lurus. Mereka yang tulisannya miring ke kiri menunjukkan penulisnya bersikap tertutup (introvet). Segala sesuatu diukur menurut penilainnya sendiri atau menurut ukuran masa lampau. Disamping mempunyai sikap konservatif, orang dengan tipe tulisan ini sangat individualis.
Jenis tulisan miring ke kanan, menandakan orang yang ramah, aktif dan bersikap terbuka (extropet), berani menghadapi tantangan baru. Dalam bekerja kata hatinya merupakan power yang penting, tapi dalam hal yang kurang dikuasai dia lebih banyak untuk menanyakan kepada ahlinya.
Tulisan tangan yang bentuknya tegak, mengandung arti bahwa penulisnya adalah tipe orang yang tak suka banyak diatur. Baginya dia adalah miliknya sendiri, kebebasan menjadi hobinya dalam mengerjakan sesuatu tindakan, namun kontrol diri tidak pernah lepas dalam memilah dan memilih hal yang dianggapnya positif.

4. TEKANAN TULISAN
Bila kita memperhatikan bekas tulisan tangan seseorang akan ditemukan tampak goresan tekanan tulisan seperti tercetak di baliknya. Dengan memperhatikan bekas goresan yang tercetak di balik kertas kita akan dapat mengetahui dan menebak bagaimana kepribadian dan tingkah laku si penulisnya.
Tekanan yang halus berarti pembawaannya tenang, tapi mudah atau tidaknya dibaca itu bukan persoalan. Sedangkan tulisan yang bekas tekanannya tercetak jelas di belakangnya menandakan penulisnya punya sifat kaku dan formal. Karenanya orang ini sulit untuk bisa cepat menyesuaikan diri dalam pergaulan, namun dia menganggap bersikap demikian penting baginya agar dihargai orang lain.

5, BENTUK HURUF AWAL
Diantara orang ada yang gemar memainkan bentuk tulisannya, terutama bentuk awal tulisannya. Beberapa ciri dan kecenderungan karakter si penulis adalah sebagai berikut:
- Bentuk Jangkar
Disebut bentuk jangkar karena memang huruf awal tulisnya dalam bentuk jangkar. Tulisan ini memberi tanda bahwa yang memiliki tulisan cenderung bersikap kurang dewasa dan kurang percaya diri dalam menjalani hidup. Dia banyak bersikap pasif.
- Bentuk Busur
Disebut bentuk busur karena memang bentuk awalnya membentuk busur seperti ditarik. Pemilik tulisan ini biasanya cepat puas dengan hasil yuang dicapai, dan hidupnya sangat berpandangan kuat akan nilai-nilai religius.
- Bentuk Memanjang
Huruf awal memanjang yang dituliskan pelan-pelan, menunjukkan bahwa orangnya terlalu berhati-hati dalam merencanakan masa depan. Panjanganya huruf awal menunjukkan kelambatan kerja dan pemborosan waktu.
- Bentuk memanjang dari bawah
Bentuk memanjang dari bawah bila digoreskan secara kilat menunjukkan penulisannya orang yang agresif dan cepat menyelesaikan pekerjaan, disamping gemar melakukan berbagai eksprimen.

6. BENTUK HURUF AKHIR
Bentuk akhir kata yang dituliskan, menunjukkan sikap sosial dan kualitas penulisnya. Tentang huruf akhir ini ada tiga model. Masing-masing, adalah:
- Bila huruf akhir suatu kata ditulis memanjang, mengandung pengertian bahwa orang itu memiliki kemurahan hati, rasa sosialnya besar.
- Bila huruf akhir memanjang ke atas, berarti penulisnya menyukai kemewahan, disamping idealis dan punya semangat yang tinggi.
- Bila huruf akhir menyilang berarti tidak segan mengritik diri sendiri apabila perbuatannya memang salah atau keliru.

www.psikologizone.com
www.visimediapustaka.com
www.widyaprasetya.blogspot.com

“Wong Djowo” Kaos Khas Kota Kudus

Buat anda semua warga Kudus dan sekitarnya atau anda yang suka jalan-jalan ke kota Kudus, pasti mengenal Kudus melalui Jenangnya dan Soto Kudus yang memang sudah benar-benar melekat dan bahkan telah menjadi icon kota Kretek ini. Kudus memang kota kecil, bahkan kota terkecil di provinsi Jawa Tengah. Namun itu hanya daerahnya saja yang kecil, tetapi diluar itu Kudus kaya akan kebudayaan Jawa yang sampai sekarang masih melekat pada masyarakat. Hal ini karena dipengaruhi oleh penyebaran agama Islam oleh Sunan Muria dan Sunan Kudus yang makamnya selalu ramai dikunjungi para peziarah dari seluruh Indonesia. Selain kaya akan kebudayaan, Kudus juga kaya akan sumber daya. Baik sumber daya alam (wisata alam gunung Muria) dan sumber daya ekonomi yang dapat menunjang sumber daya manusianya. Sebutan Kota Kretek tidak melekat begitu saja, namun diawali proses yang panjang yaitu kota Kudus tercatat sebagai penghasil rokok (pada saat itu adalah rokok kretek) terbesar sejak zaman penjajahan Belanda. Kehebatan sistem produksi dan sistem promosi pada tahun 1930-an dapat anda saksikan di Museum Kretek. Sampai saat ini pendapatan daerah kota Kudus terbesar adalah berasal dari cukai rokok. Karena memang banyak sekali perusahaan rokok berskala nasional yang beroperasi di Kudus seperti PT. Djarum, PR. Sukun, PT. Nojorono, PT. Nikki, dan belum lagi beratur-ratus industri rokok rumahan. Tidak ketinggalan pula beberapa pelayanan jasa transportasi seperti PO. Nusantara dan PO. Harum yang memang asli Kudus dan beberapa pelayanan jasa transportasi lainnya yang mempunyai kantor cabang di Kudus Po. Haryanto, Po. Pahala Kencana.

Seiring berkembangnya zaman dan melihat prospect yang cerah banyak usaha-usaha yang berdiri di Kota Kudus. Mungkin para investor melihat bahwa Kudus adalah suatu kota yang masyarakatnya konsumtif. Kudus menjadi kota kecil surganya berbelanja karena terdapat Matahari, Ramayana, Ada Swalayan, HyperMart, dan ada juga pasar tradisional terbesar yang menyediakan konveksi, tekstil bordir yaitu pasar Kliwon. Bahkan kerajinan kain Bordir menjadi kerajinan unggulan beberapa desa di beberapa kecamatan. Pesatnya perputaran perekonomian di Kota Kudus tidak terlepas dari dukungan instansi pendidikan di kota Kretek. Berbagai program kelas unggulan dan sekolah unggulan telah di bentuk demi mengikuti perkembangan dunia pendidikan. Serta perguruan tinggi Universitas Muria Kudus, STAIN Kudus, STIE Cendekia Utama, Stikes Muhammadiyah, Akbid Pemda ikut pula meramaikan dan mendidik masyarakat kota Kudus dan sekitarnya.

Selain beberapa usaha yang telah berskala nasional, Kudus juga banyak sekali muncul usaha yang dapat dikatakan usaha yang kreatif. Banyak bermunculan Distro dan factory outlet yang menyediakan kebutuhan para remaja Kudus yang doyan bergaya dan melek fashion. Beberapa perbedaan yang menjadi keunggulan Distro jika dibandingkan dengan mall adalah desain nya yang benar-benar orisinil buatan kreasi sendiri sehingga desainnya tidak pasaran. Salah satu tempat berbelanja kaos di Kudus yang ingin saya perkenalkan disini adalah “Wong Djowo”. Wong Djowo ini mendapatkan kesan lain di hati saya karena ini adalah satu-satunya penjual cidera mata khas Kudus dalam bidang industri pakaian. Sebelumnya belum ada tempat khusus yang menyediakan berbagai macam kaos dengan berbagai macam tulisan, kata-kata dan gambar Menara Kudus bahkan semangkuk soto Kudus. Hmmmmmm…….. mendengar kata Menara Kudus menjadikan kita ingat akan kota Kudus. Yup…..itulah kenapa tempat ini disebut sebagai tempat cinderamata khas Kudus. Semua desain kaos-kaos nya selalu bertuliskan KUDUS!!!!!! Ketika kita memakainya benar-benar menciptakan suasana yang kangen banget dengan kota Kudus apalagi buat mahasiswa yang kuliah di luar kota. Ini juga bisa jadi alternatif cinderamata, kalo teman-teman kita datang main ke Kudus gak selamanya oleh-olehnya adalah makanan jenang Kudus atau soto Kudus. Itukan kulinernya, dan sekarang ada tawaran baru yaitu kaos.
Untuk semuanya yang tertarik dan penasaran dengan “Wong Djowo”, anda semua dapat mengunjungi www.wongdjowotoelen.blogspot.com. Disana anda akan dapat membaca secara detail tentang profil “Wong Djowo”. Serta ada beberapa contoh kaos yang dijual, liat aja semuanya buat ngiler…. Ini sedikit kutipan profil yang ada :
Didirikan pada awal 2009 oleh seorang entrepeneur muda ternama, Erlis Junaedi yang telah cukup berpengalaman menggeluti dunia bisnis, khususnya di bidang produk lokal daerah, dengan visi mempromosikan produk lokal Jawa khususnya Kudus, agar dapat berkembang pesat seperti produk lokal Kudus lainnya, seperti Jenang Kudus, Soto Kudus, dll. Menampilkan pernak-pernik dengan konsep minimalis khas Jawa yang berpusat di Jalan Sunan Muria 33 Kudus, Jawa Tengah, tepatnya di samping toko Pusat Jenang Kudus 33. Menghadirkan beberapa pernak-pernik khas Jawa, diantaranya kaos "wong djowo" dan aksesoris khas Jawa lainnya.

Tuh……mantepkan deket sama simpang 7. Lengkapnya silahkan kunjungi www.wongdjowotoelen.blogspot.com, harga yang ditawarkan sesuailah sama kantong………..tu disebutin harga kaos dewasa berkisar Rp 39.000, Rp 55.000 (bahan halus), kaos anak-anak Rp 35.000. Tersedia dalam berbagai warna dan ukuran (S,M,L,XL,XXL). Ongkos kirim tergantung pemesanan. Pesennya bisa online pula, kurang apa coba. Saya saranin ni ya, orang Kudus musti make ni kaos. Apa lagi mahasiswa yang udah pada di luar kota Kudus. Bangga banget ni kita bisa pake sesuatu yang bener-bener cerminan Kudus.

Terlebih dari itu, terdapat sisi edukasinya bagi kita para remaja. Mari kita mencoba untuk peka terhadap lingkungan dan kebutuhan masyarakat sekitar. Dengan sikap seperti itu kita dapat memulai suatu bisnis yang dapat kita geluti dan kita kembangkan. Kita dapat menjadikan Erlis Junaedi sebagai contoh untuk mengembangkan diri.

Rabu, 25 Mei 2011

Avenged Sevenfold "Not Ready To Die"

What’s up bro………..A7X Mei kemaren punya new hits , lets we see…


Gone cast away in time
Evil yours, now evil mine
So I robbed you blind, the voices in my head could jest a less than peaceful side

The endless possibilities controlling every fight

You can't break me, crushed the fears of yesterday
You can't change me, barriers our trust will fade.

I've stood in the dark, been waiting all this time
While we damn the dead I'm trying to survive, I'm not ready to die

Damned, watch the masses fall
Burn it down, control 'em all
Make me crawl, to daddy's little girl to read the writings on the wall

While cast into the nothingness the final curtain call

You can't break me, crushed the fears of yesterday
You can't change me, barriers our trust will fade.
I've stood in the dark, been waiting all this time
While we damn the dead I'm trying to survive, I'm not ready to die

Through the madness we find loyalty is no match for power
Save your body or lie, left to rot in your darkest hour
Friends won't help you now as long as your mine

You can't break me, crushed the fears of yesterday
You can't change me, barriers our trust will fade.

I've stood in the dark, been waiting all this time
While we damn the dead I'm trying to survive

And I'll control the world one person at a time
As I damn the dead I'm trying to survive, I'm not ready to die

Oh!

I'm not ready to die
I'm not ready to die !!
I'm not ready to die !!
I'm not ready to die !!!!

Faktor-Faktor Yang Memperlancar Study

Guru maupun orang tua sering kali mengeluhkan bahwa anak didik atau anak mereka selalu mendapatkan nilai yang rendah. Banyak yang mengeluhkan murid-murid yang diajar mereka selalu malas, tidak mau mengerjakan tugas, daya pemahaman yang lemah. Banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan studi siawa. Drs. Merson U Sanggalang dalam Kartini kartono : 1985) mengatakan bahwa faktor-faktor tersebut dapat digolongkan kedalam 2 macam, faktor yang berasal dari dalam diri murid (faktor internal) dan faktor yang berasal dari luar diri murid (faktor eksternal).

Faktor internal :
1. Kecerdasan.
Kecerdasan merupakan salah satu aspek penting, dan sangat menentukan berhasil tidaknya studi seseorang. Kalau seorang murid mempunyai tingkat kecerdasan dibawah normal, maka sangatlah sukar baginya untuk bersaing dalam pencapaian prestasi tinggi seperti murid-murid yang mempunyai tingkat kecerdasan normal.
2. Bakat.
Bakat adalah potensi atau kemampuan. Setiap murid mempunyai bakat yang berbeda antara satu dengan yang lain. Ada murid yang berbakat dalam ilmu pasti, ada juga murid yang berbakat dalam ilmu sosial.
3. Minat dan perhatian.
Minat dan perhatian dalam belajar mempunyai hubungan yang sangat erat sekali. Seseorang yang menaruh minat pada mata pelajaran tertentu, biasanya cenderung untuk memperhatikan mata pelajaran tersebut. Bila seseorang menaruh perhatian secara kontinyu baik secara sadar ataupun tidak pada objek tetentu, maka dapat membangkitkan minat pada objek tersebut.
4. Motif.
Motif adalah dorongan yang mendasari dan mempengaruhi setiap usaha serta kegiatan seseorang untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dalam belajar hendaknya murid mempunyai motif belajar yang kuat. Hal ini akan memperbesar kegiatan dan usahanya untuk mencapai prestasi yang tinggi. Bila motif tersebut makin berkurang, maka berkurang pulalah usaha dan kegiatan serta kemungkinannya untuk mencapai prestasi yang tinggi.
5. Kesehatan jasmani.
Keadaan tubuh yang sehat merupakan kondisi yang memungkinkan seseorang untuk dapat belajar secara aktif. Seorang murid yang sering sakit biasanya mengalami kesulitan tetntu dalam belajar misalnya cepat lelah, tidak bisa berkonsentrasi, merasa malas dan sebagainya. Dengan demikian sehat dan tidaknya jasmani seorang murid dapat mempengaruhi prestasi belajarnya.
6. Cara belajar.
Ada cara belajar yang efisien dan adapula cara belajar yang tidak efisien. Seorang murid yang mempunyai cara belajar yang efisien memungkinkannya untuk mencapai prestasi lebih tinggi dari pada murid yang mempunyai cara belajar yang tidak efisien. Cara belajar yang efisien antara lain : a) Berkonsestrasi sebelum dan pada saat belajar. b) Segera mempelajari kembali bahan yang telah diterima. c) Membaca denga teliti dan betul bahan yang sedang dipelajari, dan berusaha menguasai dengan sebaik-baiknya. d) Mencoba menyelesaikan soal-soal.


Faktor eksternal :
1. Lingkungan.
Lingkungan ada bermacam-macam, sebab itu perlu dibedakan menjadi:
a) Lingkungan alam: keadaan alam yang tenang dengan udara yang sejuk ikut mempengaruhi kesegaran jiwa murid, sehingga memungkinkan hasil belajarnya akan lebih tinggi dari pada kalau lingkungan itu gaduh dengan udara yang panas dan kotor.
b) Lingkungan keluarga: keluarga mempunyai pengaruh baik terhadap keberhasilan belajar murid, apabila keluarga khususnya orang tua bersifat merangsang, mendorong dan membimbing terhadap aktivitas belajar anaknya. Hal ini akan mempengaruhi anak untuk mencapai prestasi belajar yang tinggi. Sebaliknya jika orang tua acuh tak acuh terhadap terhadap aktivitas anak, biasanya anak kuraang atau tidak memiliki semangat belajar, sehingga sukarlah diharapkan ia dapat mencapai prestasi maksimal. Keadaan ekonomi keluarga dapat juga mempengaruhi hasil belajar anak. Keadaan ekonomi yang serba kurang atau miskin dapat menjadikan anak mengalami kesukaran tertentu dalam belajarnya. Misalnya anak pulang sekolah harus bekerja membantu orang tua mencari nafkah sehingga waktu untuk belajar sedikit sekali atau tidak dapat belajar karena terlalu lelah.
c) Lingkungan masyarakat: cukup banyak pengaruh dari masyarakat yang dapat menimbulkan kesukaran belajar anak, terutama anak sebayanya. Apabila anak-anak yang sebaya disekitarnya merupakan anak-anak yang rajin belajar, maka anak akan terangsang untuk mengikuti jejak mereka. Sebaliknya, jika anak-anak yang sebaya disekitarnya merupakan anak-anak yang nakal maka kemungkinan dia akan dapat terpengaruh nakal apabila tidak ada pengawasan dari orang tua.
2. Sekolah.
Hubungan guru dengan murid yang kurang baik karena sesuatu pengalaman, hubungan murid dengan murid yang tidak menyenangkan, tujuan belajar yang ditetapkan ada di atas kemampuan murid, semuanya dapat mempengaruhi belajar dan hasil belajar murid. Disamping itu guru yang kurang atau tidak menyadari peranannya di dalam membantu proses belajar dan mengajar, dapat mempengaruhi hasil belajar murid-muridnya.
3. Peralatan belajar.
Lengkap dan tidaknya peralatan belajar baik yang dimiliki murid ataupun yang dimiliki sekolah, dapat menimbulkan akibat tertentu terhadap prestasi belajar murid. Kekurangan peralatan belajar dapat membawa akibat yang negatif antara lain: misalnya murid tidak dapat belajar secara baik, sehingga sulit diharapkan untuk mencapai prestasi yang tinggi.

Kartono, Kartini. 1985. Bimbingan Belajar di SMA dan Perguruan Tinggi. Jakarta: CV Rajawali

Senin, 25 April 2011

Cara Fitness Yang Benar


Buat semua orang yang hoby fitness, saya mempunyai info mengenai hoby yang satu ini. Saya mendapatkan alamat web dari Denny Santoso seorang pakar Dunia Fitness ( www.duniafitnes.com ). Setelah saya baca dan saya pelajari, beliau menitipkan pesan untuk menginformasikan good news ini kesemua orang yang cinta dengan fitness.

Berikut ini adalah pesan Denny Santosa dari Dunia Fitnes untuk anda semua !!!
____________
Nama saya Denny Santoso dan saya ingin mengucapkan selamat datang kepada anda di DuniaFitnes.com, website yang memiliki informasi mengenai fitness terlengkap di Indonesia.

Sebagai panduan singkat, saya akan memperkenalkan beberapa fasilitas dari DuniaFitnes.com:
1. Artikel yang berisi artikel-artikel seputar fitness: http://www.duniafitnes.com/category/articles

2. Training program ditujukan apabila anda memiliki goal tertentu dalam mengikuti fitness, misalnya untuk membentuk otot yang lebih ideal, menurunkan berat badan, atau ingin membentuk six pack: http://www.duniafitnes.com/category/training-program

3. Workout Guide ini yang paling dicari-cari oleh setiap orang. Banyak orang membaca program latihan di majalah, di website, atau dimanapun dan masih bingung misalnya: side lateral raise itu seperti apa ya? Maka DuniaFitnes.com menyediakan semuanya itu, beserta foto gerakan dan videonya (coming soon): http://www.duniafitnes.com/category/workout-guide

Masih banyak sekali fasilitas-fasilitas di dalam Dunia Fitnes yang akan Denny Santoso tambahkan dalam beberapa waktu mendatang, termasuk di antaranya adalah bagaimana latihan di rumah, bagaimana memilih dan membeli alat fitness pribadi, termasuk treadmill, etc. Bagaimana memilih Personal Trainer untuk membantu anda mencapai goal.

Semoga website ini berguna bagi anda pecinta fitness :)
___________


*Tuh kan……semuanya lengkap ada disana, mulai hal yang dasar sampai otot-otot mana saja yang menjadi perhatian kita saat fitness. Fitness itu menyenangkan, tapi kita perlu tahu segala aturan-aturan mainnya supaya fitnessnya kagak sia-sia. Udah deh…..buruan di kunjungi mas Denny Santoso diatas, semua lengkap dibahas disana. Ada gambar-gambarnya juga, jadi kita kagak bingung setelah mbaca cara-cara fitness yang benar. Eittt……bukan cuma itu, kalo udah buka webnya coba deh ikutan gabung sama mas Denny. Caranya masukin aja alamat emailmu, nanti kamu akan dapet update-an informasi dari mas Denny Santoso yang pasti akan dapat membantu kamu dalam latihan. Trus yang paling seru lagi…….nanti kamu bisa dapet buku Training Log Book #7 Triceps Training. GRATIS !!!!!!!!!! keren banget dah bukunya. Tunggu apalagi, buruan …..

Senin, 04 April 2011

Forty Five Band Pendatang Baru Penuh Hembusan Cinta

Sebuah Band asal Semarang yang masih berusia belia yang menawarkan alunan musik dengan penuh love story. Band ini telah mengikuti berbagai audisi band di kota Semarang dan berhasil mendapatkan predikat jawara. Forty five telah menelurkan beberapa hasil karyanya yang tak asing lagi ditelingaku. Temukan Forty Five Band di http://fortyfive-band.blogspot.com/ kenali mereka lebih dekat dan download lagunya. Rasakan sensasi cinta yang dialunkan. Aku lama kenal mereka dan mereka adalah teman-teman yang low profile dan penuh semangat. Undang mereka saat kalian punya acara. Cekidot……………………

Kelola Stress Anda

Hidup nyaman tanpa stess dan depresi adalah harapan setiap orang. Namun ketika hidup tak ada naik dan turun bukanlah hidup namanya. Permasalahan yang kita hadapi secara tidak langsung akan membawa pelajaran hidup yang sangat berarti dan bermakna untuk kita. Semua tergantung kita, kita mau mengambil hikmah dari permasalahan tersebut atau hanya meratapi kesedihan yang membuat hati kita pedih setiap waktu.

Belajarlah mengambil hikmah dari setiap permasalahan yang datang. Masalah datang karena kita tidak imbang dalam menjalani hidup ini. Ada asap pasti ada api, cari akar permasalahan dan kemudian refleksi diri kita.

Stres dan depresi dapat dipicu oleh banyak hal, mungkin ekonomi, pekerjaan, hubungan personal, asmara, atau kematian seseoarng yang berarti untuk kita. Dalam sebuah riset di sebuah daerah kabupaten misalnya, sebuah media menemukan betapa individu yang mengalami stres meningkat fantastis hingga 15.075 orang dengan tingkat kecemasan luar biasa akibat tekanan masalah ekonomi. Bahkan 6.433 orang diantaranya sudah dalam tahap mengalami gangguan psikotik atau gila.

Stres merupakan reaksi yang tidak diharapkan yang muncul akibat tingginya tuntutan lingkungan pada seseorang. Di mana harmoni keseimbangan antara kekuatan dan kemampuan terganggu. Jangan mempermasalahkan hal-hal yang sepele. Cobalah untuk memprioritaskan beberapa hal yang benar-benar penting dan biarkan yang lain mengikuti. Jangan membebani diri anda terlalu berlebihan dengan mengeluh mengenai keseluruhan beban kerja anda. Tangani setiap tugas sebagaimana mestinya, atau tangani secara selektif dengan memperhatikan beberapa prioritas.

Stres dipercaya menjadi pemicu utama penampilan yang tidak sempurna. Stres menimbulkan berbagai macam problema fisik yang berujung pada tampilan keceriaan wajah. Hidup yang tenang tanpa dibayang-bayangi stress atau tekanan adalah salah satu kunci utama menuju kesehatan dan kebahagiaan. Sebaliknya, hidup yang selalu dibayang-bayangi kecemasan atau depresi maka gerbang menuju ketentraman dan kesehatan semakin tertutup.

Naila atmaningtyas dalam bukunya “Kiat Hidup Bahagia Tanpa Stress dan Depresi” menyebutkan cara meredakan stress :
1. Ambil jeda
Saat anda menyadari mulai terasa tertekan, hentikan apapun yang tengah anda kerjakan dan katakana dalam hati pada diri anda sendiri “tenang”.
2. Atur tarikan nafas
Tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan dengan perlahan, konsentrasikan pada gerakan diafragma anda. Lakukan 2 atau 3 kali sampai anda merasa tenang.
3. Redakan ketegangan
Jika anda sedang duduk, berdirilah dan lakukan peregangan yang lembut selebar yang yang anda mampu. Gerakkan tangan dan lengan anda bergantian, lalu angkat bahu dan buat tubuh anda merasa rileks.
4. Bergeraklah
Meskipun hanya jalan-jalan diseputar ruangan, hal ini berguna untuk melancarkan aliran darah. Bergerak secara teratur ini dapat membantu membakar efek negatif dari hormon stress.
5. Berteriak dan menjerit
Pergilah ketempat yang pribadi dan menjerit atau berteriak sekeras yang anda bisa. Hal ini akan membantu anda mengeluarkan kepenatan dan emosi yang ada dalam diria anda.
6. Terapi esencial Bunga
Aroma therapy akan membantu anda relaks.
7. Berpikirlah positif
Setiap anda mendapatkan tekanan, jangan langsung anda tanggapi dengan pemikiran negatif. Berpikir negatif akan semakin memperkeruh suasana dan bahkan akan menimbulkan kecemasan yang berlebihan yang sebenarnya tidak terjadi.
8. Santap makanan sehat.
Jalani diet makanan sehat dan jangan tergoda untuk makan berlebihan. Santap makanan kecil yang sehat, seperti buah, biscuit gandum untuk memperbaiki kadar gula anda. Untuk sebagian orang stress mungkin dapat menyebabkan nafsu makan yang turun, atau bahkan stress dapat mengakibatkan meningkatnya nafsu makan.
9. Dengarkan musik
Pilih jenis musik yang anda sukai dan putar selama anda mau. Dengarkan dan rilaks, ketegangan yang anda rasakan akan berkurang seiring anda ikut bernyanyi bersama sang vokalis.
10. Pertegas diri anda
Belajarlah bersikap lebih tegas. Berkata “Tidak”untuk permintaan yang tidak masuk akalakan membantu anda mengurangi tekanan.
11. Terorganisir
Mulai atur kehidupan waktu anda secara efektif. Buat prioritas sehingga anda dapat mengatasi tekanan dalam satu waktu. Anda harus tahu kapan untuk memulai dan kapan saatnya untuk berhenti. Beberapa orang stress dapat membuat susah tidur. Terganggunya waktu istirahat anda akan berpengaruh terhadap daya tahan tubuh anda terhadap penyakit dan stress. Tenangkan pikiran anda dan berusaha untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Penelitian membuktikan meminum susu sebelum tidur dapat membantu menenangkan syaraf. Disarankan minumlah susu yang rendah kalori.
12. Beri pujian kepada orang lain
Buat sebuah poin dengan memberikan pujian secara tulus pada orang lain disekitar anda. Jika anda mampu membuat mereka merasa nyaman dengan diri sendiri menberi efek positif pada anda juga.
13. Tertawa
Tonton komedi, tertawalah bersama teman anda. Tertawa merupakan penawar luar biasa bagi stress.
14. Temukan ketenangan dari dalam
Visualisasi atau mediasi dapat membantu anda menemukan sebuah ketenangan dari dalam pada saat disekeliling anda dipenuhi tekanan dan kegaduhan.
15. Konsumsi vitamin dan suplemen
Mungkin anda butuh grup vitamin B dan antioksidan semacam vitamin C dan E pada saat penuh tekanan. Suplemen probiotik dapat juga membantu anda mengatasi stress. Disarankan lebih baik vitamin yang anda peroleh adalah dari buah-buahan.

Kebahagiaan adalah kunci penangkal stress. Jangan membesar-besarkan hal-hal kecil. Anda harus merasa bahwa hanya Tuhanlah Yang Maha Besar dan hal-hal yang kita pusingkan setiap hari sebenarnya adalah masalah-masalah kecil. Masalah-masalah ini bahkan tidak akan pernah kita ingat lagi satu tahun dari sekarang.

E. A. Priyatno, S. Pd 30-01-2011 (08:57:36AM):
Jalan yang mulus dan lurus tidak akan pernah menghasilkan pengemudi yang hebat… Laut yang tenang tidak akan menghasilkan pelaut yang tangguh … Langit yang cerah tidak akan menghasilkan pilot yang handal … Hidup yang tidak ada masalah tidak akan membuat orang menjadi kuat … Karena itu, jadilah orang yang handal dan tahan uji dalam menerima berbagai cobaan hidup, Tuhan memberikan jalan hidup kita berbolok dan tidak mulus, gelombang-geelombang persoalan yang menyapa! semua itu supaya kita menjadi pribadi yang tangguh, handal dan tahan uji dalam menjalani hidup ini! Yang penting terus belajar dan belajar dari kesalahan dan terus berusaha serta berdoa. Tetap semangat..!

Senin, 28 Maret 2011

Guru yang Hebat Akan Membawa Siswa Kearah Tujuannya . . .


Sebagai seorang siswa terkadang mereka akan menyeleksi mana guru yang tepat untuk saya dan mana guru yang tidak saya sukai. Penilaian tersebut mereka lakukan berdasarkan cara pengajaran guru, jadi mereka selalu menilai metode yang kita pakai dalam mengajar. Guru harus selalu ingat bahwa prestasi yang mereka raih bukan hanya semata-mata kecerdasan yang dimiliki oleh siswa, namun juga dipengaruhi oleh kecerdasan guru.

Kecerdasan guru dilihat bukan hanya dari kemampuan memberikan materi pengajaran. Prof. DR. Oemar Hamalik mengemukakan beberapa kemampuan dasar guru antara lain :
1. Kemampuan menguasai bahan.
2. Kemampuan mengelola program belajar mengajar.
3. Kemampuan mengelola kelas dengan pengalaman belajar.
4. Kemampuan menggunakan media / sumber dengan pengalaman belajar.
5. Kemampuan menguasai landasan-landasan kependidikan dengan pengalaman belajar.
6. Kemampuan mengelola interaksi belajar mengajar dengan pengalaman belajar.
7. Kemampuan menilai prestasi siswa dengan pengalaman belajar.
8. Kemampuan mengenal fungsi dan program pelayanan bimbingan dan penyuluhan dengan pengalaman belajar.
9. Kemampuan mengenal dan menyelenggarakan administrasi sekolah dengan pengalaman belajar.
10. Kemampuan memahami prinsip-prinsip dan menafsirkan hasil-hasil penelitian pendidikan guna keperluan pengajaran.

Usahakan agar siswa mengetahui tujuan pengajaran dari seorang guru. Jika mereka tahu semua usaha yang guru lakukan adalah untuk kemajuan siswa, maka mereka akan sepakat dan membantu kita untuk mewujudkan hal itu. Maka akan tercipta alur yang sistematis antara siswa sebagai pihak yang ingin mencapai kesuksesan dan guru sebagai pembimbing sekaligus motivator. Ketika kita saling mengetahui peran masing-masing maka tidak akan ada yang namanya GURU vs SISWA.

Bagi guru, pengajaran adalah seni. Rangkullah siswa, bukan menekannya. Siswa adalah mitra bagi pendidik. Buat siswa merasa nyaman saat ia belajar dengan guru. Anita Moultrie Turner dalam bukunya “Resep Pengajaran Hebat” mengatakan :
“ … mengajar merupakan panggilan jiwa. Untuk membuat dampak yang luar biasa, saya berpegang bahwa ini menyangkut isi materi pengajaran, tetapi lebih menyangkut sentuhan kehidupan orang lain… “


Calon guru harus sadar bahwa guru bukan hanya sekedar profesi. Guru adalah lebih dari sekedar profesi. Guru adalah pekerjaan yang mulia. Guru harus 100 % berorientasi pada kepentingan pendidikan. Sudah bukan jamannya lagi menjadi guru hanya untuk sebatas mencari Rupiah. GURU SEBAGAI SEORANG PROFESIONAL YANG BERTANGGUNG JAWAB ATAS MUTU PROFESINYA.

Minggu, 13 Maret 2011

Pembelajaran Karya Wisata



Kegiatan belajar mengajar sangat erat kaitannya dengan siswa. Siswa dalam hal ini diposisikan sebagai objek sekaligus subjek belajar. Pembelajaran pada era sekarang sangat berbeda jika dibandingkan dengan pembelajaran pada zaman orangtua atau nenek kita. Pembelajaran pada zaman sekarang lebih bersifat sangat memperhatikan siswa. Setiap guru selalu berlomba-lomba untuk menerapkan metode yang tepat demi keberhasilan belajar siswanya.


Tidak selamanya hubungan antara pembelajaran dan hasil belajar berbentuk hubungan lurus. Banyak hal yang dapat mempengaruhi prestasi siswa. Arikunto 2004:2 menyebutkan bahwa pembelajaran bukanlah satu-satunya penentu keberhasilan dalam mencapai prestasi belajar. Ada hal lain yang juga mempengaruhi prestasi belajar siswa, hal lain ini adalah merupakan faktor eksternal siswa :


a.Keadaan fisik dan psikis siswa, yang ditunjukkan oleh IQ (kecerdasan intelektual), EQ (kecerdasan emosional), kesehatan, motivasi, ketekunan, ketelitian, dan minat.
b.Guru yang mengajar
Seperti latar belakang guru, penguasaan ilmu, kemampuan mengajar, perlakuan guru terhadap siswa.
c.Sarana pendidikan
Meliputi ruang tempat belajar, alat-alat belajar, media yang digunakan guru, dan buku sumber belajar.


Hampir semua perilaku manusia adalah hasil dari proses belajarnya, sehingga dapat dikatakan bahwa proses belajar adalah proses pematangan atau pendewasaan seseorang. Belajar juga didorong oleh kebutuhan atau keinginan yang dimiliki dan dirasakan oleh orang yang bersangkutan.


Sadirman (2004: 95) ”belajar adalah berbuat, berbuat untuk mengubah tingkah laku, jadi melakukan kegiatan.  Tidak ada belajar kalau tidak ada ak-tivitas”.



Gie (1985: 6) “Keberhasilan siswa dalam belajar tergantung pada aktivitas yang dilakukannya selama proses pembelajaran. Aktivitas belajar adalah segenap rangkaian kegiatan atau aktivitas secara sadar yang dilakukan seseorang yang mengakibatkan perubahan dalam dirinya, berupa perubahan pengetahuan atau kemahiran yang sifatnya tergantung pada sedikit banyaknya perubahan.”



Begitu pentingnya aktivitas siswa dalam kegiatan, sehingga banyak sekali metode pengajaran yang diciptakan lebih ditekankan kearah peningkatan aktivitas belajar siswa yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan hasil belajar.


Metode pengajaran yang telah ditemukan sangat banyak sekali. Semua dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan yang telah dirancang oleh guru. Beberapa metode pengajaran yang sudah ada antara lain adalah Metode ceramah (metode ceramah juga dapat dipadukan dengan metode yang lain), Metode diskusi, Metode resitasi, Metode percobaan, Metode latihan keterampilan, Metode mengajar beregu, Metode mengajar sesama teman, Metode pemecahan masalah, Metode perancangan, Metode Bagian, Metode Global, Metode Discovery, Metode Inquiry, dan salah satunya adalah metode Karya wisata.


Metode karya wisata adalah metode mengajar yang dirancang terlebih dahulu oleh pendidik dan diharapkan siswa membuat laporan dan didiskusikan bersama dengan peserta didik yang lain serta didampingi oleh pendidik, yang kemudian dibukukan. Metode ini lebih kita kenal dengan field trip. Siswa diajak untuk berwisata yang didalamnya termuat unsur pembelajaran. Siswa dapat melakukan pengamatan secara langsung dan dapat berinteraksi langsung dengan sumber belajar dilokasi. Metode karya wisata menawarkan pembelajaran yang menyenangkan karena siswa memperoleh pengetahuan baru langsung dari sumbernya, berbeda ketika mereka hanya membaca melalui buku. Siswa dapat melihat dan membayangkan contoh langsung yang ada didepan mata mereka.


Kelebihan metode karyawisata sebagai berikut :
a. Karyawisata menerapkan prinsip pengajaran modern yang memanfaatkan lingkungan nyata dalam pengajaran.
b. Membuat bahan yang dipelajari di sekolah menjadi lebih relevan dengan kenyataan dan kebutuhan yang ada di masyarakat.
c. Pengajaran dapat lebih merangsang kreativitas anak.


Kekurangan metode karyawisata sebagai berikut :
a. Memerlukan persiapan yang melibatkan banyak pihak.
b. Memerlukan perencanaan dengan persiapan yang matang.
c. Dalam karyawisata sering unsur rekreasi menjadi prioritas daripada tujuan utama, sedangkan unsur studinya terabaikan.
d. Memerlukan pengawasan yang lebih ketat terhadap setiap gerak-gerik anak didik di lapangan.
e. Biayanya cukup mahal.
f. Memerlukan tanggung jawab guru dan sekolah atas kelancaran karyawisata dan keselamatan anak didik, terutama karyawisata jangka panjang dan jauh.


Roestiyah (2001:85) , karya wisata bukan sekedar rekreasi, tetapi untuk belajar atau memperdalam pelajarannya dengan melihat kenyataannya. Karena itu dikatakan teknik karya wisata, ialah cara mengajar yang dilaksanakan dengan mengajak siswa ke suatu tempat atau obyek tertentu di luar sekolah untuk mempelajari atau menyelidiki sesuatu seperti meninjau pabrik sepatu, suatu bengkel mobil, toko serba ada, dan sebagainya.



Roestiyah (2001:85) ,teknik karya wisata ini digunakan karena memiliki tujuan sebagai berikut: Dengan melaksanakan karya wisata diharapkan siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dari obyek yang dilihatnya, dapat turut menghayati tugas pekerjaan milik seseorang serta dapat bertanya jawab mungkin dengan jalan demikian mereka mampu memecahkan persoalan yang dihadapinya dalam pelajaran, ataupun pengetahuan umum. Juga mereka bisa melihat, mendengar, meneliti dan mencoba apa yang dihadapinya, agar nantinya dapat mengambil kesimpulan, dan sekaligus dalam waktu yang sama ia bisa mempelajari beberapa mata pelajaran.


Agar penggunaan teknik karya wisata dapat efektif, maka pelaksanaannya perlu memperhatikan langkah-langkah sebagai berikut:
a.Persiapan, dimana guru perlu menetapkan tujuan pembelajaran dengan jelas, mempertimbangkan pemilihan teknik, menghubungi pemimpin obyek yang akan dikunjungi untuk merundingkan segala sesuatunya, penyusunan rencana yang masak, membagi tugas-tugas, mempersiapkan sarana, pembagian siswa dalam kelompok, serta mengirim utusan.
b.Pelaksanaan karya wisata, dimana pemimpin rombongan mengatur segalanya dibantu petugas-petugas lainnya, memenuhi tata tertib yang telah ditentukan bersama, mengawasi petugas-petugas pada setiap seksi, demikian pula tugas-tugas kelompok sesuai dengan tanggungjawabnya, serta memberi petunjuk bila perlu.
c.Akhir karya wisata, pada waktu itu siswa mengadakan diskusi mengenai segala hal hasil karya wisata, menyusun laporan atau paper yang memuat kesimpulan yang diperoleh, menindaklanjuti hasil kegiatan karya wisata seperti membuat grafik, gambar, model-model, diagram, serta alat-alat lain dan sebagainya.



Karya wisata dapat mengatasi kebosanan siswa belajar dalam ruang kelas. Karya wisata juga mampu memberi penguatan memory yang lebih dibandingkan dengan hanya membaca buku. Namun sebagai guru harus ingat bahwa kekurangan yang ada dalam metode karya wisata harus diminimalkan. Selama ini karya wisata lebih condong kearah wisatanya saja, maka guru harus pintar-pintar dalam perencanaan sebelum penerapan metode ini. Diperlukan adanya tujuan yang jelas. Hasil pengamatan atau observasi yang telah dilakukan siswa harus ditagih dan perlu adanya evaluasi dan penilaian dari kegiatan karya wisata. Hal ini akan meminimalisir anggapan bahwa karya wisata lebih condong kearah wisata tanpa belajar.


Setiap metode terdapat keunggulan dan kelemahan. Pemanfaatan metode yang akan digunakan harus sesuai dengan karakteristik materi yang akan diajarkan. Jadi tidak boleh asal dalam menentukan metode mengajar.


Jadilah guru yang kreatif. Selalu tingkatkan minat belajar siswa.

Kamis, 24 Februari 2011

Ide gila

Ide gila muncul ketika saya suka nonton acara uya emang kuya. Menurut saya acara tersebut lebih dari sekedar acara hiburan semata. Buat saya acara tersebut dapat saya anggap sebagai acara motivasi. Ya motivasi !!! Terdengar aneh memang, motivator seharusnya seseorang seperti Mario Teguh dengan acaranya “Golden Ways”. Ya tiap orang mempunyai pandangan yang berbeda dan menarik tentunya. Melalui acara Uya ini mari coba kita lihat nilai yang lebih dalam lagi. Sebuah kejujuran yang sangat layak untuk di junjung tinggi. Terlepas dari polemik asli atau tidaknya acara tersebut bagi saya terdapat pelajaran yang begitu berarti, bagaimana kita harus jujur terhadap orang tua kita, teman, orang yang sangat kita cintai, bahkan jujur terhadap diri kita sendiri. Lakukan yang menurut kata hati kita benar, jangan tergoda dengan bujukan setan yang selalu berbisik di telinga kita agar kita menyakiti dan mengecewakan orang –orang disekeliling kita.

Budaya sopan santun sangat lekat dengan jatidiri bangsa Indonesia. Dari kecil para orang tua selalu mengajarkan anak-anaknya untuk selalu berkata jujur dan jangan pernah berbohong. Namun seiring dengan bertambah dewasa seseorang, ternyata ajaran tersebut kadang terlupakan. Yang saya sebut sebagai ide gila diawal tadi adalah sepertinya seru ya kalau para pejabat kita yang terlibat kasus korupsi ditemuin aja sama si Uya. Cukup dengan perintah “jika anda melihat api maka anda akan tertidur”.Sekali Tanya maka semua akan terbeberkan secara jelas dan gamblang. Sang pejabat yang nakal akan dengan senang hati menceritakan segala kebusukannya yang dilakukan tidak jujur kepada rakyatnya sendiri yang telah mempercayainya dengan sepenuh hati untuk memperjuangkan hak mereka di panggung pemerintahan. Tanpa harus melalui persidangan dan perdebatan yang panjang yang terkadang membuat masyarakat luas semakin bingung dengan alur permasalahan yang sebenarnya.

Ya anda benar, itulah kenapa hal tersebut saya sebut dengan ide gila. Negara kita adalah Negara hukum, tentunya semua perkara akan di adili sesuai dengan hukum yang ada. Hanya saja seperti yang saya katakan semakin dewasa negeri ini, semakin banyak yang harus diingatkan kembali. Hal yang sangat dasar adalah kejujuran dalam diri sendiri. Dengan terkuaknya kasus Gayus Tambunan membuat masyarakat semakin tidak percaya dengan penegak hukum yang ada. Ini menjadi tugas yang sangat berat bagi pemegang pimpinan, karena untuk mengembalikan kepercayaan rakyat sangat sulit. Bukannya tidak mungkin, tetapi kepercayaan yang sudah hilang bagaikan kapas yang tertiup angin. Dia akan dengan cepat terbang dan tidak mudah untuk kembali ketitik semula.

Yang salah bukan hukum, namun oknum yang tidak bertanggung jawab. Lihatlah kerusuhan di Mesir, sesama rakyat saling perang hanya karena mereka terbatasi oleh garis pro dan kontra pemerintahan. Hal yang sama juga pernah terjadi di Negara kita tahun 1998. Saya percaya para penyambung lidah rakyat kita masih ada yang berpihak pada rakyat. Tidak semua pejabat berbuat korup, yang tega menusuk rakyat dari belakang hanyalah segelintir oknum.

Saya hanya ingin mengatakan mari sudahi permainan korupsi ini yang membuat langit Indonesia selalu mendung. Mari para politikus bergandeng tangan tanpa harus melihat dari warna bendera parpol apa dia berasal. Berpikirlah seperti para pemimpin di era Bung Karno, pemikiran mereka hanya satu yaitu mencita-citakan agar Indonesia mendapat tempat di mata Internasional.

Jika anda mempunyai pikiran akan berkata / bertindak tidak jujur maka anda harus berpikir berpuluh-puluh kali sebelum anda benar-benar melakukannya !!!

Gemarlah membaca, Coz . . .

Menulis dan membaca adalah dua hal yang berkaitan. Setiap orang dapat membaca setiap artikel, namun belum tentu dia dapat menulis atau menuangkan tanggapannya kedalam bentuk tulisan yang runtut dan bagus. Suatu ketika saya ngobrol dengan adik saya dan dia mengatakan suka membaca novel. Dia mulai menceritakan satu persatu pengarang yang ia kenal. Dia ingin menjadi pengarang novel rupanya. Yupp… itulah mimpi. “Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia” paling tidak itulah yang dikatakan Giring nidji, atau sebuah iklan yang mengatakan “ ada obsesi, ada jalan”.



Saya ingin mengatakan bahwa membaca adalah hal yang sangat penting. Terutama bagi kita yang masih duduk sebagai seorang akademisi. Membacalah tapi bukan hanya sekedar membaca menghabiskan kata-kata. Pahami setiap apa yang kita baca, berusaha memahami apa yang ingin disampaikan oleh penulisnya. Setiap artikel pasti mempunyai pesan yang ingin disampaikan, cari pesan tersebut!



Setelah anda membaca saya yakin anda menyimpan sebuah komentar di kepala. Coba untuk ungkapkan dalam bentuk tulisan. Untuk orang yang belum terbiasa menulis, memulai menuangkan kata atau kalimat pertama sungguh sulit. Latih dan kembangkan, maka anda akan terbiasa.



Saya cukup senang ketika tahu bahwa adik-adik ku di spema mempunyai Blog. Menurut saya mempunyai Blog bukanlah sesuatu yang dianggap kurang menarik karena mungkin tidak seseru memiliki jejaring sosial yang lain seperti fb, twitter, dll. Tetapi ada satu hal yang ingin saya soroti dari Blog. Ketika kita mempunyai Blog maka otomatis kita akan mengisinya atau posting. Blog bersifat pembagi informasi. Menurut pandangan saya Blog sangat bagus untuk mengasah kemampuan kita dalam menulis. Melalui hal kecil ini kita dapat membuka pengetahuan baru yang kita miliki. Mem-posting mau tidak mau kita harus banyak membaca terlebih dahulu, kita harus memperluas wawasan untuk menyajikan informasi. Atau melalui hal kecil yaitu menulis tanggapan /komentar tentang informasi yang diangkat oleh teman kita di Blog lain. Membuat Blog merupakan salah satu hal kreatif yang bermanfaat. Tuangkan pemikiran kita akan tetapi bukan sebagai suatu jiplakan/plagiat.



Berikut ini saya mempunyai artikel yang di tulis oleh Bapak Marjohan, M. Pd salah satu guru SMA 3 Batusangkar. Artikel ini dituliskan oleh beliau yang kemudian dimuatnya dalam sebuah situs. Dari artikel tersebut kita akan sama-sama belajar pengembangan diri melalui membaca dan menulis. Hal ini akan memperkuat keyakinan kita akan pentingnya membaca. Data statistik menunjukkan minat membaca rakyat Indonesia masih sangat rendah dan jauh jika dibandingkan dengan Negara di kawasan Asia tenggara. Negara-negara tetangga menganggap koran sebagai makanan utama yang harus ada setiap harinya. Indonesia ??????? ya…..tahu sendirilah, mungkin kita juga adalah salah satunya.



Jadilah orang yang produktif, jangan bangga jadi orang pasif. Mari bergerak untuk negri ini. Jangan mau kita dicerca oleh Negara tetangga. Buat Ir. Soekarno tersenyum di alam sana, jangan buat ia menangis karena menitipkan Negara ini kepada generasi yang salah. Mari bergerak mulai dari diri kita sendiri. Inspirasi dapat datang dari mana saja, internet dapat kita jadikan buku yang tak terbatas halamannya. Selamat membaca, semoga dapat mendatangkan inspirasi baru untuk anda. Jika anda seorang guru yang membaca artikel Pak Marjohan, M. Pd, jadilah guru yang kreatif, ajak siswa anda berprestasi sesuai dengan bakat dan minat yang dimilikinya, jadilah motivator untuk mereka, ajarkan mereka untuk membuka pikiran. Jika anda adalah seorang siswa yang membaca artikel ini, temukan bakat dan minatmu, mulailah belajar membudidayakan membaca dalam diri kita. Baca dan rasakan luapan semangat baru yang muncul ……

-----------------

Langkah-Langkah Menjadi Penulis
Dan Manfaatnya Dalam Pengembangan Diri

Oleh: Marjohan M.Pd
Guru SMAN 3 Batusangkar
marjohanusman@yahoo.com

Menulis adalah aktifitas yang sulit bagi sebagian orang. Banyak orang mengatakan bahwa menulis itu sungguh sulit. Ada yang mengatakan tidak punya waktu untuk menulis, kalau menulis mata menjadi berair. Ada pula yang senang berlindung berlindung dibalik alasan dan kata “tapi”. Saya ingin menulis tapi sibuk, saya ingin menulis tapi anak sering mengganggu, saya ingin …”tapi”, dan masih ada belasan alasan dibalik kata “tapi”.

Bagi saya sendiri pada mulanya juga beranggapan bahwa menulis itu juga sulit. Beruntung saya berlangganan majalah Kawanku saat belajar di SMP Negeri 1 Payakumbuh di tahun 1980an. Ada profil Leila Chudori Budiman (yang kemudian sering menulis dalam Koran Kompas) pada majalah tersebut dan bercerita bagaimana ia bisa menjadi penulis. Saat itu saya berfikir “wah enak sekali ya menjadi penulis, bisa menjadi orang ngetop, punya banyak teman dan mendapat bonus”.

Rasa ingin tahu saya tentang bagaimana menjadi penulis terobati saat saya berkenalan dengan berbagai buku biografi para penulis. Ada tetangga saya, Bapak Maran mantap Camat di kota Payakumbuh yang bisa bermain biola dan memiliki koleksi buku-buku. Maka saya sangat suka membaca biografi Ernest Hemingway, Zakiah Daradjat, Buya Hamka dan beberapa biografi penulis novel dan saya menjadi tahu bahwa untuk.

Saat saya remaja, tidak banyak godaan untuk tumbuh dan berkembang. Tidak banyak stasium televisi dan program yang mengganggu kosentrasi belajar, kecuali hanya tayangan televisi. Tidak ada HP kamera untuk diotak atik dan juga tidak ada VCD player untuk home theatre, apalagi computer, laptop dan internet seperti zaman sekarang. Oleh karena itu saya bisa berlatih banyak dan saya mempunyai lusinan buku diari yang penuh dengan coretan-coretan mimpi dan pengalaman.

Pulang sekolah saya terbiasa menulis. Saya merasa sebagai siswa yang paling jago dalam segala hal. Saya jago dalam bidang olah raga, jago matematik dan beberapa mata pelajaran lain, jago dengan bahasa Inggris dan semua teman kagum pada saya. Saya juga jatuh cinta dengan teman sekelas. Mimpi dan ilusi saya sebagai orang yang paling jago saya paparkan dalam buku tulis. Apabila selesai menulis, maka saya serahkan pada teman yang gemar membaca namun tidak bisa menulis. Kadang-kadang saya juga mengundang adik-adik dan anak tetangga untuk mendengar kisah kisha cinta yang saya tulis.

Bertambah umur tentu bertambah pula pengalaman hidup. Saat kuliah di UNP (saat itu IKIP Padang) saya bekerja paruh waktu sebagai pemandu wisata. Ada pengalaman suka duka selama menjadi guide; dibentak oleh bule-bule, karena mereka tidak memakai bahasa Inggris, atau memperoleh uang tip dari perusahaaan. Pengalaman tersebut juga saya tulis pada buku diari.

Membaca banyak buku, artikel dan fikiran-fikiran orang lain tentu bisa membuat tulisan lebih berkualitas. Tahun 1997, saya memutuskan untuk menjadi pembaca yang baik. Saya berlatih, membuat target untuk membaca 100 halaman setiap hari. Banyak membaca tentu akan membuat tulisan lebih menarik, saya bisa memaparkan banyak ilustrasi dan contoh-contoh dalam kehidupan.

Tahun 1990-an, saya menajdi guru di SMAN 1 Lintau. Saya tidak ingin menjadi guru kebanyakan yang aktifitasnya sangat monoton dan tidak bervariasi- pulang ke sekolah, masuk kelas dan mengajar dengan metode konvensional. Saya ingin menjadi guru dengan kepintaran berganda- guru, menguasai bidang studi, menguasai seni berkomunikasi, menguasai bahasa asing yang lain dan trampil dalam menulis. Untuk itu saya membaca banyak buku seputar paedagogy, psikologi, filsafat, biografi dan kisah kisah pencerahan dari orang lain. Akhirnya kemampuan dan energi menulis saya makin meningkat.

Setiap minggu saya mampu menulis satu atau dua artikel per-minggu. Saya memutuskan untuk mempublikasikanya pada Koran-koran di Sumbar. Saat itu ada tiga Koran yaitu Canang, Haluan dan Singgalang. Tahun 1992 tulisan saya pertama terbit di Koran Singgalang engan judul “Melacak pergaulan remaja dan tidak perlu frustasi bila gagal masuk perguruan tinggi”. Saya sangat bahagia dan energi menulis semakin bertambah, saya terus mengirim artikel ke Koran-koran. Bila dipublikasi saya tentu senang dan kalau ditolak saya berusaha untuk tidak kecewa apalagi sampai menjadi frustasi. Frustasi tentu bisa membunuh kreatifitas menulis dan energi untuk melakukan aktifitas lain.

Di awal tahun 1990-an ada beberapa orang asing dari Perancis- Francoise Brouquisse, Anne Bedos dan Louis Deharveng. Mereka bertugas di LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) Jakarta dan melakukan penelitian tentang hutan tradisionil di Lintau. Orang- orang Perancis tersebut kemudian menjadi teman baik saya dan mereka datang ke Sumatra dan berkunjung ke Rumah saya. Mereka membatu saya dalam mempelajari bahas Perancis dan meminta saya menulis untuk dipublikasi dalam. Dengan demikian tulisan saya tentang parawisata juga dipublikasi pada journal mereka, speleologie,di kota Tarbes, Perancis.

Ternyata ada manfaat menulis dalam pengembangan karir saya sebagai guru. Tahun 1998 ada seleksi guru teladan (sekarang guru berprestasi). Porto folio penuh dengan klipping artikel-artikel dan tulisan saya dalam bentuk lain, seperti resensi buku. Kemampuan menguasai dua bahasa asing, Inggris dan Perancis, dan skor ujin tulis membuat saya bisa mewakili kecamatan Lintau Buo dan selanjutnya untuk tingkat Kabupaten Tanah Datar untuk seleksi guru Teladan. Di tingkat Provinsi, saya masuk nominasi dan akhirnya tahun 1998 saya tercatat sebagai guru teladan Sumatera Barat dalam usia tiga puluh tahun.

Tahun 2005, saya mutasi ke kota Batusangkar dan bertugas di sekolah baru pada sekolah “Pelayan Unggul” satu atap SMP-SMA unggul, yang mana kemudian berubah nama menjadi SMP Negeri 5 Batusangkar dan SMA Negeri 3 Batusangkar. Berdomisili di kota batusangkar membuat saya mudah bersentuhan dengan tekhnologi- computer dan internet. Saya terus menulis dan menyalurkan tulisan lewat internet, mengirim artikel ke berbagai Koran lewat e-mail. Kemudian saya juga membuat situs gratisan lewat blogspot. Sebetulnya ada beberapa bentuk blog gratisan lain seperti wordpress dan multiply. Namun saya suka fitur blogspot. . Situs saya bernama http://penulisbatusangkar.blogspot.com/

Tahun 2006, saya memperoleh beasiswa untuk mengikuti program pascasarjana di Universitas Negeri Padang. Kemampuan menulis membuat kuliah lancar dan saya bisa selesai pendidikan pada Pascasarjana. Kemampuan menulis membuat tesis saya bisa selesai lebih cepat, saya wisuda pada pertengahan tahun 2008.

Issue sertifikasi untuk guru professional pun bergulir dan segera menjadi realita. Bagi yang mampu memenuhi angka atau skor porto folio bisa lulus dan memperoleh sertifikasi sebagai guru professional. Saya mengetik ulang semua artikel yang pernah diterbitkan pada Koran-koran. Artikel yang telah diketik ulang saya kirim lagi ke Koran, tentu saja diedit lagi. Semuanya terbit lagi dan saya memperoleh honorarium lagi. Saya juga mempostingkan tulisan tadi dalam blogspot saya dan kumpulan artikel yang pernah dipublikasikan membuat saya bisa lulus sertifikasi lewat portofolio. Betul-betul dana sertifikasi yang telah saya terima membuat saya dan keluarga menjadi lebih sejahtera, bisa membeli laptop dan memperbaiki bangunan rumah.

Saya ingin menjadi penulis buku dan tidak harus menulis buku tebal dari awal sampai akhir sebanyak 250 halaman. Saya menseleksi beberapa tulisan yang sama temanya menjadi satu buku. Temanya tentang pendidikan dan saya beri judul: SCHOOL HEALING MENYEMBUHKAN PROBLEM PENDIDIKAN. Bulan Februari 2009 ini saya punya rencana untuk menyerahkan pada teman untuk diterbitkan di Provinsi Riau, namun lebih dahulu ada telepon dari Jogjakarta- penerbit Pustaka Insan Madani- ingin mencetak dan meberbit naskah buku atau tulisan saya. Saya menyetujui. Insyaallah, menurut pihak penerbit bahwa dalam bulan Agustus 2009 ini buku saya sudah siap cetak dan siap untuk diluncurkan untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Moga-moga bermanfaat oleh masyarakat.

Kemampuan menulis ternyata adalah sebuah keterampilan. Semua orang bisa menjadi penulis asal dia banyak berlatih dan menyenangi aktifitas menulis. Menulis bisa mendatangkan manfaat. Penulis bisa berbagi ide dan opini dengan pembaca, bisa memperoleh honor dan sangat membantu bagi guru untuk memperoleh skor portofolio untuk sertifikasi guru. Penulis artikel bisa mengembangkan diri menjadi penulis buku dan memperoleh royalty pada akhir tahun.